Pokémon (anime)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pokémon
International Pokémon logo.svg
ポケットモンスター
(Poketto Monsutā)
Genre
Anime
Sutradara
Skenario
  • Takeshi Shudo[i]
  • Junki Takegami[j]
  • Atsuhiro Tomioka[k]
  • Aya Matsui[l]
  • Shoji Yonemura[m]
  • Shinzo Fujita
  • Akemi Omode
  • Yukioshi Ohashi
  • Hideki Sonada
  • Masashi Sogo
  • Junichi Fujisaku
Musik
Studio
  • OLM, Inc.
  • Team Ota (1997–2006)
  • Team Iguchi (2006–2009)
  • Team Kato (2010–present)
Pelisensi
Tayang 1 April 1997 – sekarang
Specials
  • 8 TV specials (3 full-length, 5 normal-length)
  • 25 side-story episodes
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Pokémon (bahasa Jepang: ポケモン, Hepburn: Pokémon), disingkat dari judul Jepang Pocket Monsters (ポケットモンスター Poketto Monsutā) dan saat ini dinamai dalam bahasa Inggris sebagai Pokemon the Series (テレビアニメ「ポケットモンスター」シリーズ, Terebi Anime 'Poketto Monsutā' Shirīzu, TV Anime "Pocket Monsters" Series), adalah serial anime televisi Jepang, bagian dari waralaba media milik The Pokémon Company, yang ditayangkan perdana di TV Tokyo di April 1997.

Waralaba anime terdiri dari tujuh seri berurutan di Jepang, masing-masing berdasarkan angsuran utama dari Pokemon seri video game. Dalam siaran internasional, serial ini dibagi menjadi 24 musim televisi, dengan musim ke-24, Master Journeys, streaming di Netflix di Amerika Serikat (dengan episode tambahan yang akan dirilis setiap tiga bulan).[2] Setiap seri mengikuti Ash Ketchum, seorang pelatih muda makhluk fiksi bernama Pokémon. Bergabung dengan rekannya Pokémon Pikachu dan pemeran karakter manusia yang berputar, saat ini Goh, Ash melakukan perjalanan untuk menjadi "Pokémon Master", bepergian melalui berbagai wilayah di dunia Pokémon dan bersaing dalam berbagai pertarungan Pokémon. turnamen yang dikenal sebagai Liga Pokémon.

Serial anime ini disertai dengan pemrograman spin-off; termasuk Pokémon Chronicles, serangkaian cerita sampingan; dan variasi live-action dan acara berita terkait Pokemon; seperti Pocket Monsters Encore, Stasiun Penyiaran Pokémon Mingguan, Pokémon☆Sunday, Pokémon Smash!, Pokémon Get☆TV dan Meet Up at the Rumah Pokemon?

Serial anime "Pokémon" sebagian besar dikreditkan karena memungkinkan anime menjadi lebih populer dan dikenal di seluruh dunia, terutama di Amerika Serikat, di mana dua film anime terlaris adalah film "Pokémon".[3] Hal ini juga dianggap sebagai salah satu serial anime pertama di televisi yang mencapai tingkat kesuksesan mainstream dengan penonton Barat, serta dikreditkan dengan memungkinkan seri game untuk mencapai tingkat popularitas seperti itu. dan sebaliknya. Pokemon dianggap sebagai adaptasi video game paling sukses sepanjang masa,[4] dengan lebih dari 1000 episode disiarkan dan diadaptasi untuk pasar televisi internasional, ditayangkan secara bersamaan di 192 negara di seluruh dunia dan salah satu acara yang paling banyak ditonton di Netflix, mulai 2016.[5][6]

Plot dan karakter[sunting | sunting sumber]

Seri orsinil (1997–2002)[sunting | sunting sumber]

Ash Ketchum berusia 10 tahun dan siap untuk memulai perjalanannya di dunia Pokémon dan bermimpi menjadi master Pokémon, tetapi pada hari dia menerima Pokémon pertamanya, Ash ketiduran dan bangun dengan panik, berlari ke Gary Oak, yang menjadi saingan Ash. Profesor Oak, peneliti Pokémon lokal, telah memberikan tiga Pokémon (Bulbasaur, Charmander, dan Squirtle) yang dia percayakan kepada Pelatih Pokémon baru ketika Ash akhirnya mencapai Lab Oak. Satu-satunya Pokémon yang dia miliki adalah Pikachu, yang dia berikan kepada Ash. Bertekad untuk berhasil dalam perjalanannya, Ash melakukan yang terbaik untuk berteman dengan Pikachu, tetapi menolak untuk mempercayainya dan memilih untuk menjauh dari Poke Ball, bahkan menyerang Ash dengan kekuatan listriknya. Hanya setelah Ash melindungi Pikachu dari sekelompok Spearow yang marah, Pikachu menyadari betapa Ash peduli. Ash Ketchum memiliki Batu Guntur, dan dia ingin Pikachu berevolusi menjadi Raichu, tetapi Pikachu menolak untuk berevolusi.

Sepanjang jalan, Ash membuat banyak teman manusia dan Pokémon saat ia bekerja melalui jajaran banyak Liga Pokémon di dunia. Melalui Wilayah Kanto, Ash berteman dengan pelatih Pokémon Air dan mantan Pemimpin Gym Kota Cerulean Misty, dan Peternak Pokémon dan Pemimpin Gym Kota Pewter Brock. Bersama-sama, ketiga pelatih menggagalkan rencana Jessie, James, dan Meowth, anggota tingkat rendah dari organisasi kriminal Team Rocket yang ingin untuk mencuri Pikachu milik Ash dan Pokémon langka lainnya yang mereka temui. Giovanni, Bos Team Rocket memperkenalkan tiga anggota baru Team Rocket yang berpangkat tinggi; Cassidy, Butch, dan Raticate, yang ingin menculik Pokemon agar bisa menggunakan jurus mereka. Ash memenangkan delapan lencana dari Gym Leaders di wilayah Kanto untuk bersaing di Liga Konferensi Indigo. Gary kalah di ronde keempat, menempatkannya di 32 Besar. Ash berhasil masuk 16 Besar, tapi kalah dari Ritchie di ronde kelima. Juga, Ritchie kalah dari Assunta di ronde keenam, menempatkannya di 8 Besar, dan seorang pelatih yang tidak dikenal menjadi pemenang di Liga Konferensi Indigo karena nama pemenangnya tidak pernah terungkap.

Ketika kelompok tersebut melakukan perjalanan ke Kepulauan Orange, Ash melepaskan Pidgeotnya, dan Brock memutuskan untuk tinggal bersama profesor lokal, Felina Ivy, meninggalkan Ash dan Misty untuk melanjutkan perjalanan bersama. Setelah beberapa saat, mereka bertemu dan mulai bepergian dengan Pokémon Watcher dan artis Tracey Sketchit. Ash mengalahkan empat Gym Leader di Orange Islands, dan menjadi juara Orange League. Begitu mereka mencapai Kota Pallet di Kanto, Tracey memutuskan untuk tinggal bersama Profesor Oak, dan Brock bergabung kembali dengan grup. Ash kalah dari Gary sebelum meninggalkan wilayah Kanto. Ash kemudian melepaskan Lapras. Setelah ini, ketiganya melanjutkan perjalanannya ke wilayah Johto.

Di bagian kedua dari seri, Ash mengeksplorasi petualangan baru di wilayah Johto dengan Misty dan Brock. Ash memberikan GS Ball kepada pembuat Apricorn Poké Ball, Kurt. Misi Ash adalah mengalahkan delapan Gym Leader di wilayah Johto dan berpartisipasi dalam Konferensi Perak. Jessie dari Team Rocket mendapatkan Wobbuffet sebagai partner baru. Ash mengalahkan Gary untuk pertama kalinya di Silver Conference, menempatkannya di Top 16, tetapi Ash kalah dari Harrison di perempatfinal, menempatkannya di Top 8. Juga, Harrison kalah dari Jon Dickson di semifinal, menempatkannya di Top 4. Jon Dickson akhirnya menjadi Pemenang di Konferensi Perak. Akhirnya, Ash kembali ke wilayah Kanto untuk berlayar ke wilayah Hoenn. Misty kembali ke Cerulean City di Kanto untuk menjadi Pemimpin Gym Kota Cerulean penuh waktu dan mendapatkan sepeda yang telah dihancurkan di awal pencarian Ash diperbaiki.

Generasi selanjutnya (2002–2006)[sunting | sunting sumber]

Brock mengikuti Ash ke Hoenn dan Ash mendapatkan dua teman baru, Koordinator Pokémon May dan adik laki-lakinya Max. Bersama-sama, mereka melakukan petualangan lain. May mengumpulkan lima pita untuk berpartisipasi dalam Hoenn Grand Festival, Kanto Grand Festival, dan Johto Grand Festival, tetapi dia kalah dari Drew di Hoenn Grand Festival, menempatkannya di 8 Besar, dan Robert mengambil Hoenn Grand Festival Ribbon Cup . Kemudian, dia kalah dari Solidad di Kanto Grand Festival, menempatkannya di Top 4, dan Solidad mengambil Kanto Grand Festival Ribbon Cup. Misty kembali dan kemudian melepaskan Togepinya, yang telah berevolusi menjadi Togetic. Ash mengalahkan kedelapan pemimpin gym Hoenn dan berpartisipasi dalam Konferensi Ever Grande, tetapi dia kalah dari Tyson, di perempatfinal, menempatkannya di 8 Besar. Tyson menjadi Pemenang di Konferensi Ever Grande.

Dalam Pokémon: Battle Frontier (ポケットモンスター, Poketto Monsutā Batoru Furontia-hen), Ash mendapatkan tujuh simbol perbatasan di Kanto, dan memenangkan Battle Frontier. Namun, Ash menolak gelar Battle Frontier Brain, dan memutuskan untuk melanjutkan perjalanan Pokémonnya. Setelah itu, Ash bertarung dengan saingannya, Gary. Setelah melihat Electivire, Pokémon dari wilayah Sinnoh yang belum pernah dilihatnya, Ash memutuskan untuk pergi ke Sinnoh, dan Brock bergabung dengannya.

Diamond dan Pearl (2006–2010)[sunting | sunting sumber]

Setibanya di Sinnoh, Ash dan Brock bertemu Dawn, Koordinator Pokémon lain, yang bepergian bersama mereka saat mereka melewati wilayah Sinnoh dalam petualangan lain. Dawn mendapatkan lima pita untuk berpartisipasi dalam Sinnoh Grand Festival. Di sana, Dawn kalah dari Zoey, menempati posisi kedua, dan Zoey merebut Piala Pita Festival Besar Sinnoh. Ash mengalahkan delapan pemimpin gym Sinnoh untuk berpartisipasi dalam Konferensi Lily of the Valley, tetapi dia kalah dari Tobias, di semifinal, menempatkannya di Top 4.

Black dan White (2010–2013)[sunting | sunting sumber]

Setelah itu, Ash, ibunya Delia dan Profesor Oak berlibur ke Daerah Unova yang jauh, di mana dia bertemu dan bepergian dengan calon Master Naga Iris dan Pemimpin Gym Kota Striaton, Penikmat Pokémon , dan terkadang detektif Cilan. Setelah memenangkan semua delapan lencana Unova dan menggagalkan Tim Plasma yang jahat, Ash, Iris, dan Cilan melakukan perjalanan ke seluruh sisi timur Unova untuk mempersiapkan Konferensi Vertress, tetapi Ash kalah dari Cameron, di perempat final, menempatkannya di 8 Besar. Tetapi juga, Cameron kalah dari Virgil di semifinal, menempatkannya di Top 4. Setelah itu, Ash, Iris, dan Cilan melakukan perjalanan melalui Kepulauan Decolore sebelum Ash kembali ke Kota Pallet dan bertemu dengan reporter investigasi Alexa, yang berasal dari Daerah Kalos yang jauh. Setelah tiba kembali di Kanto, Iris dan Cilan melakukan perjalanan ke Johto sementara Ash dan Alexa menuju ke Kalos.

X dan Y (2013–2016)[sunting | sunting sumber]

Ash dan Alexa tiba di wilayah Kalos dan Ash ingin sekali mulai mendapatkan lencana Gym-nya. Tetapi setelah Alexa memberi tahu Ash bahwa saudara perempuannya, seorang Pemimpin Gym, saat ini tidak ada, Ash melakukan perjalanan ke Kota Lumiose di mana dia bertemu dengan bocah jenius Clemont dan adik perempuannya Bonnie, tidak menyadari bahwa Clemont sebenarnya adalah Gym Leader Lumiose City; fakta yang dia coba sembunyikan. Ash juga bertemu kembali dengan Serena, seorang gadis dari Kota Vaniville yang pernah ditemui Ash di masa kecilnya. Serena mendapatkan tiga kunci untuk berpartisipasi dalam Pokémon Showcase. Serena kalah dari Aria, menempatkannya sebagai runner-up. Setelah bepergian dengan Serena, Clemont, dan Bonnie untuk mempersiapkan Konferensi Lumiose dengan mengalahkan semua delapan pemimpin gym Kalos, Ash bersaing dan maju sampai ke final, di mana ia kalah dari Alain, menempatkannya sebagai runner-up. Alain adalah anggota sementara Tim Flare jahat karena mereka menyesatkannya. Begitu dia menemukan niat mereka yang sebenarnya, Alain berubah dan bergabung dengan Ash dan teman-temannya untuk menghentikan rencana Tim Flare. Mengucapkan selamat tinggal kepada teman-temannya di Kalos, Ash sekali lagi kembali ke Kota Pallet.

Sun dan Moon (2016–2019)[sunting | sunting sumber]

Dalam Pokemon the Series: Sun & Moon (ポケットモンスター サン&ムーン, Poketto Monsutā San ando Mūn), Ash, Delia, dan Mr. Mime-nya sedang berlibur di wilayah Alola ketika Ash bertemu dengan Tapu Koko, Pokémon penjaga Pulau Melemele, yang memberinya Z-Ring, perangkat yang, ketika dipasangkan dengan kristal khusus, memungkinkan Pokémon untuk melepaskan gerakan yang kuat saat disinkronkan dengan pelatihnya. Ini membawanya untuk tinggal di Alola dan mendaftar di sekolah Pokémon lokal. Ketika dia memutuskan untuk melakukan uji coba yang diperlukan untuk menguasai kekuatan Z-Ring, teman sekelas baru Ash Lana, Mallow, Lillie, Sophocles dan Kiawe memutuskan untuk menemaninya. Ash mengambil bagian dalam tantangan pulau, dan akhirnya meraih kemenangan liga resmi pertamanya di Konferensi Manalo.

Jurnal Pokémon (2019–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Seri yang sedang berlangsung, Pokémon Journeys: The Series (ポケットモンスター, Poketto Monsutā) melakukan perjalanan melalui delapan wilayah, termasuk Galar, latar dari game Pokémon Sword and Shield . Latar belakang Pikachu sebagai seorang Pichu, kisah Ash ketika ia berusia 6 tahun kehilangan perkemahan Profesor Oak, kisah latar Goh ketika ia berusia 6 tahun dan menghadiri perkemahan Profesor Oak dan melihat seekor Mew, semuanya diceritakan. Ini melihat Ash dan Pikachu melakukan perjalanan ke masing-masing daerah, ditemani oleh Goh dan Scorbunny-nya, yang kemudian berevolusi menjadi Raboot dan kemudian menjadi Cinderace. Saat ini, pemeran pendukung termasuk seorang gadis bernama Chloe Cerise, yang dekat dengan Yamper ayahnya. Musim berikutnya, Pokémon Master Journeys: The Series, sedang ditayangkan. Tim Ash terdiri dari Pikachu, Dragonite, Gengar, Lucario, Sirfetch'd dan Dracovish. Chloe bergabung dengan Ash dan Goh dalam petualangan mereka dengan Eevee yang baru ditangkap, yang tidak mampu berevolusi. Salah satu teori ketidakmampuannya, adalah bahwa dia ragu-ragu tentang jalan apa yang harus diambil. Episode yang akan menjadi musim ketiga, Pokémon Ultimate Journeys: The Series, ditayangkan di Jepang dan akan tayang di Amerika Serikat pada tahun 2022.

Episode[sunting | sunting sumber]

Di Jepang, Pocket Monsters saat ini disiarkan sebagai tujuh seri berurutan, masing-masing berdasarkan angsuran dari seri video game utama. Anime ini ditayangkan sepanjang tahun terus menerus, dengan hari libur reguler untuk acara olahraga dan acara televisi spesial. Dalam siaran internasionalnya, episode Pokémon' saat ini telah dibagi menjadi 25 musim, pada tahun 2022, menjalankan sejumlah episode tetap, menggunakan urutan pembukaan tertentu dan menampilkan subtitle yang berbeda untuk setiap episode baru. musim.

Versi ketujuh dan saat ini dari serial anime berjudul Pocket Monsters (ポケットモンスター Poketto Monsutā) di Jepang dan Pokémon Journeys: The Series secara internasional; Pokémon Journeys: The Series, musim pertamanya, pertama kali ditayangkan dari 17 November 2019 hingga 4 Desember 2020 di Jepang, musim berikutnya Pokémon Master Journeys: The Series, pertama kali ditayangkan mulai 11 Desember 2020 hingga 10 Desember 2021 di Jepang. Musim ketiga dan terakhir, "Pokémon Ultimate Journeys: The Series" menayangkan episode pertamanya di Jepang pada tanggal 17 Desember 2021.

MusimJudulEpisodeWaktu tayang
Awal tayangAkhir tayang
1Indigo League8201 April 1997 (1997-04-01)21 Januari 1999 (1999-01-21)
2Adventures in the Orange Islands3628 Januari 1999 (1999-01-28)07 Oktober 1999 (1999-10-07)
3The Johto Journeys4114 Oktober 1999 (1999-10-14)27 Juli 2000 (2000-07-27)
4Johto League Champions5203 Agustus 2000 (2000-08-03)02 Agustus 2001 (2001-08-02)
5Master Quest6509 Agustus 2001 (2001-08-09)14 November 2002 (2002-11-14)
6Advanced4021 November 2002 (2002-11-21)28 Agustus 2003 (2003-08-28)
7Advanced Challenge5204 September 2003 (2003-09-04)02 September 2004 (2004-09-02)
8Advanced Battle5309 September 2004 (2004-09-09)29 September 2005 (2005-09-29)
9Battle Frontier4706 Oktober 2005 (2005-10-06)14 September 2006 (2006-09-14)
10Diamond and Pearl5228 September 2006 (2006-09-28)25 Oktober 2007 (2007-10-25)
11Diamond and Pearl: Battle Dimension5208 November 2007 (2007-11-08)04 Desember 2008 (2008-12-04)
12Diamond and Pearl: Galactic Battles5304 Desember 2008 (2008-12-04)24 Desember 2009 (2009-12-24)
13Diamond and Pearl: Sinnoh League Victors3407 Januari 2010 (2010-01-07)09 September 2010 (2010-09-09)
14Black & White4823 September 2010 (2010-09-23)15 September 2011 (2011-09-15)
15Black & White: Rival Destinies4922 September 2011 (2011-09-22)04 Oktober 2012 (2012-10-04)
16Black & White: Adventures in Unova452511 Oktober 2012 (2012-10-11)18 April 2013 (2013-04-18)
Black & White: Adventures in Unova and Beyond2025 April 2013 (2013-04-25)26 September 2013 (2013-09-26)
17XY4817 Oktober 2013 (2013-10-17)30 Oktober 2014 (2014-10-30)
18XY: Kalos Quest4513 November 2014 (2014-11-13)22 Oktober 2015 (2015-10-22)
19XYZ4729 Oktober 2015 (2015-10-29)27 Oktober 2016 (2016-10-27)
20Sun & Moon4317 November 2016 (2016-11-17)21 September 2017 (2017-09-21)
21Sun & Moon: Ultra Adventures495 Oktober 2017 (2017-10-05)14 Oktober 2018 (2018-10-14)
22Sun & Moon: Ultra Legends5421 Oktober 2018 (2018-10-21)3 November 2019 (2019-11-3)
23Journeys4817 November 2019 (2019-11-17)4 Desember 2020 (2020-12-4)
24Master Journeys4211 Desember 2020 (2020-12-11)10 Desember 2021 (2021-12-10)
25Ultimate Journeys3517 Desember 2021 (2021-12-17)sekarang (sekarang)

Episode spesial[sunting | sunting sumber]

Selain serial utama dan filmnya, serial animenya juga menampilkan berbagai tayangan spesial dan TV short lengkap. Banyak dari spesial ini berpusat di sekitar Pokémon legendaris atau satu atau lebih karakter utama yang terpisah dari pemeran utama selama seri yang sesuai, sedangkan episode cerita sampingan yang dibuat secara sporadis biasanya ditayangkan sebagai episode khusus.

Film[sunting | sunting sumber]

Seri terpisah[sunting | sunting sumber]

Pokémon Chronicles[sunting | sunting sumber]

Pokémon Chronicles, dikenal di Jepang dengan nama Pokémon Side Story (bahasa Jepang: ポケモンサイドストリー, "Pokémon Side Stories" dalam arti bahasa Inggris), adalah sebuah acara TV tentang highlights dari episode-episode yang ditayangkan dalam Advanced Generation. Fokus utamanya adalah tentang beberapa karakter tamu yang tampil dalam setiap episode, dan juga menampilkan beberapa scene yang dipotong dari versi utama Advanced Generation. Selain itu acara ini juga menampilkan jadwal tayang dan synopsis episode Pokémon berikutnya, wawancara eksklusif dengan pengisi suara dan pengarang cerita soal episode yang baru saja ditayangkan, dan beberapa hal menarik lainnya. Sebenarnya acara ini pernah ditayangkan, namun hanya beberapa bagian episode.

Pokémon Mystery Dungeon[sunting | sunting sumber]

Pokémon Origins[sunting | sunting sumber]

Pokémon Origins adalah serial mini televisi anime spin-off berdasarkan waralaba Pokémon Nintendo. Tidak seperti serial televisi yang sedang berlangsung, fitur khusus 90 menit ini menampilkan pengaturan dan karakter dari video game asli Pokémon Red and Blue, dan sebagian besar lebih setia pada mekanik dan desain game.

Acara varietas di Jepang[sunting | sunting sumber]

Pocket Monsters Encore[sunting | sunting sumber]

Pocket Monsters Encore (ポケットモンスター Poketto Monsutā Ankōru) disiarkan di TV Tokyo dari 19 Oktober 1999 hingga 17 September 2002. Acara ini ditayangkan selama bagian kedua dari seri aslinya . Pocket Monsters Encore adalah variety show yang menampilkan tayangan ulang episode lama, termasuk trek audio Jepang dan Inggris, kecuali EP035 dan EP018, yang disiarkan dalam stereo. EP022 dan EP023 disiarkan bersama. EP018 diambil tidak berurutan dan disisipkan di antara Holiday Hi-Jynx dan Snow Way Out!, yang ditayangkan menggantikan EP038 dan EP039. EP052 ditayangkan antara EP047 dan EP048 dan EP053 antara EP057 dan EP058. Lagu penutup adalah versi bahasa Inggris dari Type: Wild yang dibawakan oleh Robbie Danzie, dan diproduksi untuk Pocket Monsters Encore dan ditayangkan.

Pokémon de English (ポケモンdeイングリッシュ Pokémon de Ingurisshu) adalah segmen di akhir Pocket Monsters Encore yang digunakan untuk mengajari anak-anak Jepang kata dan frasa bahasa Inggris sederhana. Semua segmen di mana kemudian dikompilasi menjadi tiga volume dan kemudian dirilis.

Pokémon de English menggunakan campuran video bahasa Jepang dan bahasa Inggris yang belum diedit. Baris bahasa Inggris baru juga direkam untuk rilis ini oleh aktor suara asli dari Jepang dan Amerika Serikat. Pokémon de English kemudian dirilis sebagai VHS dan DVD sewaan masing-masing pada tahun 2002 dan 2007, termasuk audio bahasa Inggris, serta teks tertutup dalam bahasa Inggris dan Jepang.

Pada 17 September 2002, acara ini digantikan oleh Weekly Pokémon Broadcasting Station.

Weekly Pokémon Broadcasting Station[sunting | sunting sumber]

Stasiun Penyiaran Pokémon Mingguan (週刊ポケモン放送局 Shūkan Pokémon Hōsōkyoku) adalah seri spin-off yang terkait erat yang ditayangkan selama bagian akhir dari seri asli, dan berlanjut selama bagian awal "Pokemon: Generasi Lanjutan". Acara tersebut disajikan sebagai acara variety animasi, dan menampilkan acara klip, tayangan ulang episode "Pokémon", penayangan televisi film Pokemon, wawancara pemeran, dan aksi langsung cuplikan, selain episode cerita sampingan "Pokémon" yang disebutkan sebelumnya. Pembawa acaranya adalah Mayumi Iizuka sebagai Kasumi (Misty) dan Yūji Ueda sebagai Takeshi (Brock). Mereka secara teratur bergabung dengan Kaba-chan, Manami Aihara, Bernard Ackah dan Rex Jones sebagai tim komedi "Shio Kosh", Megumi Hayashibara sebagai Musashi (Jessie), Shin- ichiro Miki sebagai Kojirō (James), dan Inuko Inuyama sebagai Nyāsu (Meowth). Acara ini berlangsung dari 15 Oktober 2002 hingga 28 September 2004, ketika digantikan oleh "Pokémon☆Sunday".

Pokémon☆Sunday[sunting | sunting sumber]

Pokémon☆Sunday (ポケモン☆サンデー Pokémon☆Sandē) disiarkan di TV Tokyo dari 3 Oktober 2004, hingga 26 September 2010. Acara ini merupakan penerus ' 'Pocket Monsters Encore dan 'Stasiun Penyiaran Pokémon Mingguan. Itu berjalan dari bagian kedua Pokémon: Generasi Lanjutan ke Pokémon: Diamond & Pearl. Seperti pertunjukan sebelumnya, "Pokémon☆Sunday" adalah variety show yang menampilkan tayangan ulang episode lama serta sejumlah episode 'Penelitian' yang melibatkan elemen aksi langsung. Tamu reguler termasuk Golgo Matsumoto dan Red Yoshida dari TIM; Hiroshi Yamamoto, Ryūji Akiyama, dan Hiroyuki Baba dari Robert; Becky (sampai September 2006), dan Shoko Nakagawa (mulai Oktober 2006).

Pokémon Smash![sunting | sunting sumber]

Pokémon Smash! (ポケモンスマッシュ! Pokémon Sumasshu!) adalah penerus seri Pokémon☆Sunday. Itu ditayangkan dari 3 Oktober 2010, hingga 28 September 2013.[7] Seperti pendahulunya, Pokémon Smash! adalah variety show yang menampilkan segmen live-action dan tayangan ulang dari episode anime lama. Itu berjalan selama "Pokémon: Best Wishes" Musim 1 dan Musim 2. Lagu temanya adalah "Endless Fighters" oleh AAA. Tamu reguler termasuk Golgo Matsumoto dan Red Yoshida dari TIM; Shoko Nakagawa; dan Hiroshi Yamamoto, Ryūji Akiyama, dan Hiroyuki Baba dari Robert.

Pokémon Get☆TV[sunting | sunting sumber]

Pokémon Get☆TV (ポケモンゲット☆TV Pokémon Getto☆Terebi) adalah penerus Pokémon Smash! Ini ditayangkan dari 6 Oktober 2013 hingga 27 September 2015. Shoko Nakagawa tetap sebagai pembawa acara, dan bergabung dengan Yukito Nishii serta tim komedi Taka dan Toshi.[8] Sama seperti pendahulunya, ini adalah variety show yang menampilkan tayangan ulang episode anime sebelumnya dan segmen live-action khusus. Itu berjalan selama Pokemon: XY .

Meet Up at the Pokémon House?[sunting | sunting sumber]

Meet Up at the Pokémon House? (ポケモンの家あつまる? Pokémon no Uchi Atsumaru?), lebih dikenal sebagai Pokénchi (Japanese: ポケんち) or Pokémon House (Japanese: ポケモンの家), is the successor to Pokémon GET☆TV, it aired from October 4, 2015 to March 29, 2022. It is hosted by Shōko Nakagawa, Rinka Ōtani, Hyadain, and Abareru-kun,[9] menjadikannya variety show pertama yang tidak menayangkan ulang episode anime sebelumnya, tidak seperti pendahulunya. Itu berjalan selama Pokémon: XY, Pokémon: Sun & Moon dan Pokémon: The New Series.

Where are we going with Pokémon!?[sunting | sunting sumber]

Where are we going with Pokémon!? (ポケモンとどこいく!?, Pokémon to doko iku!?), lebih dikenal sebagai Poké Doko (ポケどこ, Poké Doko), adalah penerus dari Meet Up at the Pokémon House?, yang tayang perdana pada tanggal 3 April 2022 dalam acara Pokémon: The New Series. Acara ini diselenggarakan oleh Shōko Nakagawa, Ryōgo Matsumaru, Abareru-kun, dan Hikaru Takahashi, dan akan fokus pada perjalanan mereka.

Produksi dan penayangan[sunting | sunting sumber]

Pokémon tayang perdana di Jepang di TV Tokyo pada tanggal 1 April 1997.[10][11] Serial ini disiarkan di keluarga stasiun TX Network pertama pada Kamis malam; itu kemudian disindikasikan di seluruh penyiar utama Jepang lainnya (Jaringan Berita All-Nippon, Sistem Jaringan Fuji, Sistem Jaringan Televisi Nippon) di afiliasi lokal mereka serta di satelit dan jaringan kabel pada berbagai penundaan.[butuh rujukan] Produksi di Jepang ditangani oleh TV Tokyo, MediaNet (sebelumnya TV Tokyo MediaNet dan Softx), dan ShoPro (sebelumnya Shogakukan Productions). Kunihiko Yuyama telah menjabat sebagai direktur utama serial ini sejak serial aslinya. Serial sebelumnya, Pokémon: Sun & Moon, mulai disiarkan di Jepang pada 17 November 2016, dengan Tetsuo Yajima sebagai sutradara dan Atsuhiro Tomioka sebagai kepala penulis skenario. Anime ini telah menghasilkan jutaan dolar di Jepang saat pertama kali ditayangkan.[12] Rata-rata Episode Pokémon berharga sekitar $100.000.[13]

Secara internasional, The Pokémon Company International menangani produksi dan distribusi anime dengan Iyuno Media Group dan Goldcrest Post[14] dan diterbitkan oleh VIZ Media, yang merupakan VIZ LLC, tetapi bergabung dengan Shopro. Anime saat ini ditayangkan di 192 negara.[5] Di Amerika Serikat, anime ini ditayangkan di Kids' WB sebagai kartun Sabtu pagi pada tahun 1999, menjadi anime tahun ini acara televisi anak-anak dengan peringkat teratas dengan lebih dari 5 juta pemirsa per episode.[15]

Mulai tahun 2020, Netflix memperoleh hak eksklusif untuk melakukan streaming episode baru di Amerika Serikat; musim kedua puluh tiga, berjudul Pokémon Journeys: The Series memulai debutnya pada 12 Juni 2020[2] dan berakhir pada 5 Maret 2021 dengan kumpulan episode keempat belas.[16], dan berlanjut dengan musim kedua puluh empat, berjudul Pokémon Master Journeys: The Series, memulai debutnya pada layanan pada 10 September 2021.[17] Serial ini sebelumnya telah ditayangkan secara sindikasi, dengan episode baru yang tayang perdana di Kids' WB,[18] Jaringan Kartun, dan Disney XD. Di AS, episode perpustakaan juga ditayangkan di Cartoon Network pada tahun-tahun WB Anak-anak mulai tahun 2002[19] dan Boomerang di Cartoon Network tahun mulai 2010[20] dan telah ditayangkan dalam bahasa Spanyol pada TeleXitos dan Discovery Familia.[21][22][23]

Pokémon awalnya dilisensikan di Amerika Serikat oleh 4Kids Entertainment, yang memproduksi adaptasi bahasa Inggris yang disindikasikan oleh The Summit Media Group.[24] Versi lokal ditayangkan perdana pada 8 September 1998, dua puluh hari sebelum rilis Amerika Utara dari Pokémon Red and Blue. Pokémon didistribusikan di VHS dan DVD oleh Pioneer Entertainment dan Viz Video, yang terjual 25 juta unit seri pada tahun 2000.[25] Mengikuti musim kedelapan di 2005, produksi dub seri diambil alih oleh The Pokémon Company. Dimulai dengan film kedua belas, Arceus and the Jewel of Life, DuArt Film and Video menjadi studio produksi, yang berlangsung hingga musim kedua puluh dua.

OLM, Inc. menjabat sebagai produser. Sampai episode 259 (episode 262 di Jepang), selama musim kelima, serial ini dianimasikan menggunakan cel animation. Dimulai dengan episode 260 (episode 263 di Jepang), berjudul "Di Sini Melihat Anda Elekid!", semua musim berikutnya dianimasikan secara digital.

Dalam sebuah wawancara tahun 2018, pencipta Detective Pikachu, yang menampilkan Pikachu yang berbicara, mengungkapkan bahwa tujuan awal anime ini adalah untuk membuat Pokemon berbicara, tetapi OLM, Inc. tidak dapat menemukan konsep yang diterima Game Freak.[26]

Tabel berikut mencantumkan pendapatan konten tahunan dari media anime Pokémon di Jepang, seperti yang dilaporkan oleh firma riset pasar Hakuhodo.

Tahun Pendapatan di Jepang Ref
2013 ¥10,6 billion (US$109 million) [27]
2014 ¥8,2 billion (US$77 million) [28]
2015 Tidak diketahui
2016 Tidak diketahui
2017 ¥10,3 billion (US$92 million) [29]
2018 ¥12,4 billion (US$Undefined year "2.018" million) [30]
2019 ¥13,4 billion (US$Undefined year "2.019" million) [31]
2020 ¥17,5 billion (US$Undefined year "2.020" million) [32]
2013 to 2020 ¥72,4 billion+ (US$682 million+)

Streaming dan digital[sunting | sunting sumber]

Pokémon saat ini tersedia untuk streaming di Netflix di 216 wilayah dan negara dengan sulih suara dan subtitle yang berbeda; semua negara memiliki setidaknya audio berbahasa Inggris.[33] Pokémon secara global menjadi salah satu acara yang paling banyak ditonton di Netflix, sejak 2016.[6] Ini juga tersedia di Hulu (di Amerika Serikat dan Jepang), dan Amazon Prime Video (di Amerika Serikat,[34] Inggris Raya, Jepang, Jerman, dan Austria) . Sejak serial ini tayang di Disney XD, sebanyak setiap episode yang beredar tersedia di Watch Disney XD dan kemudian DisneyNOW di Amerika Serikat[35] hingga Februari 2022.[36] Netflix menghapus seri Sun & Moon, I Choose You!, dan The Power of Us pada akhir Maret 2022, hanya menyisakan musim pertama dan musim serta film yang mereka rilis secara eksklusif.[37] Konten juga tersedia di aplikasi dan situs web Pokémon TV.[38][39]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Respon kritis[sunting | sunting sumber]

Dalam ulasan Februari 2008 untuk IGN, Jeffrey Harris memberi seri Indigo League skor 2 dari 10, dengan mengatakan: "Pada akhirnya, cerita acara ini membosankan , berulang, dan formula. Acara ini terus-menerus mengkhotbahkan tentang persahabatan dan membantu orang lain. ... Hampir setiap episode menampilkan Ash, Misty, dan Brock dalam perjalanan. Team Rocket mencoba skema terbaru untuk menangkap Pikachu atau apa pun, dan gagal total." Dia menyimpulkan: "Pada akhirnya, waralaba ini terasa lebih seperti pemasaran kasar then [sic] yang mencoba mengkhotbahkan pentingnya persahabatan dan persahabatan."[40] Dalam ulasan April 2008, Common Sense Media memberikan seri 3 dari 5 bintang, mengatakan: "Selama bertahun-tahun, serial fantasi yang energik, penuh imajinasi, dan terinspirasi dari Jepang telah menembus batas budaya, gender, dan usia untuk memikat penonton global perempuan, laki-laki, dan bahkan orang dewasa", tetapi menambahkan: "Orang-orang mungkin juga menganggap daya tarik komersial waralaba yang besar itu mengganggu, terutama karena acaranya terutama ditujukan untuk anak-anak."[41]

Carl Kimlinger, dalam ulasan Agustus 2008 dari seri Diamond and Pearl untuk Anime News Network, memberi seri yang di-dubbing nilai keseluruhan C. He menulis: "Formula telah ditetapkan di batu ... Abu dan teman-teman berkeliaran, bertemu pelatih pokémon [sic] atau pokémon [sic] baru, bertarung, berteman, dan kemudian menggunakan Kekuatan Persahabatan yang baru mereka temukan untuk mencegah serangan oleh Team Rocket yang jahat", dan menambahkan: "bahkan turnamen itu melegakan, jeda yang diberkati dalam formula pencairan otak saat Ash dan rekan-rekannya berhadapan dengan saingan yang ditakdirkan untuk satu atau dua episode." Namun, dia menyatakan bahwa itu akan dinikmati oleh audiens targetnya, dengan mengatakan: "Ini penuh warna, konyol dan hidup (jika sangat sederhana dan murah)" dan menambahkan: "Orang tua akan menghargai kurangnya konten yang tidak pantas (selain dari promosi animisme) dan pesan PC tanpa cela tentang persahabatan, kerja sama, dan penerimaan". Dia mengkritik soundtrack serial ini sebagai "tin-eared" dan "musik video game yang buruk".[42]

Kevin McFarland, dalam panduan menonton pesta tahun 2016 dari seri Indigo League untuk Wired, menggambarkan serial ini sebagai "program anak-anak yang menekankan nilai kerja keras , pentingnya keluarga dan persahabatan dekat, dan cita-cita cinta, kepercayaan, dan kehormatan. Tapi itu juga merupakan pertunjukan yang sebagian besar konyol dengan komedi slapstick dan urutan pertempuran yang penuh warna, menjadikan tugas Sisyphean Ash untuk menjadi pelatih Pokémon terbaik dunia terus menghibur."[43]

Paste memberi peringkat serial ini di posisi ke-44 dalam daftar "The 50 Best Anime Series of All Time" Oktober 2018 dengan tulisan Sarra Sedghi: "Untuk kegembiraan anak-anak 90-an di mana-mana, Pokémon membantu memperkuat anime (dan, mudah-mudahan, punnery yang bagus) di Barat". Dia menambahkan: "Pokémon mungkin bukan seni yang tinggi (karena, Anda tahu, ini untuk anak-anak), tetapi daya tarik pertunjukan adalah bukti kekuatan nostalgia."[44] IGN memberi peringkat seri ini di posisi ke-70 dalam daftar "100 Seri Animasi Teratas", dengan mengatakan bahwa seri "memiliki tulisan yang cerdas dan formula pemasaran emas yang dirancang untuk menyebarkan videogame Pokémon Nintendo ke wilayah yang baru dan menguntungkan."[45]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Pokémon telah menghapus beberapa episode anime dari rotasi di Jepang atau di seluruh dunia. Episode yang paling terkenal adalah Cyber Soldier Porygon (でんのうせんしポリゴン Dennō Senshi Porygon, biasanya Electric Soldier Porygon ). Episode tersebut menjadi berita utama di seluruh dunia ketika menyebabkan 685 anak-anak mengalami kejang dan gejala mirip kejang yang disebabkan oleh kilatan cahaya yang berulang.[46] Meskipun urutan yang menyinggung disebabkan oleh tindakan Pikachu, Pokémon unggulan episode, Porygon, jarang terlihat di episode mendatang, dengan penampilan terbatas pada satu penampilan cameo singkat di film Pokémon Heroes dan dalam satu adegan-bumper kemudian di musim 1. Evolusinya Porygon2 dan Porygon-Z hanya muncul di bagian singkat dari urutan pembukaan Pokémon the Movie: Kyurem vs. the Sword of Justice. Beberapa episode lainnya telah dihapus dari siaran di Jepang karena bencana kontemporer yang menyerupai peristiwa dalam program; gempa bumi Chūetsu 2004, gempa bumi dan tsunami Tōhoku 2011, dan tenggelamnya MV Sewol tahun 2014 semuanya telah menyebabkan pembatalan atau penundaan yang tidak terbatas atau sementara siaran episode. Di Amerika Serikat, Serangan 11 September pada tahun 2001 serta Badai Katrina pada tahun 2005 menyebabkan penghapusan sementara dua episode dari sindikasi.

Pada tanggal 1 September 2006, China melarang serial tersebut dari siaran prime time (dari pukul 17:00 hingga 20:00), seperti halnya serial animasi Barat seperti The Simpsons, untuk melindungi studio animasinya yang kesulitan.[47] Larangan itu kemudian diperpanjang satu jam.[48]

Pada tanggal 18 Agustus 2016, episode XYZ episode Kalos League Victory! Pertarungan Penentu Terbesar Satoshi (カロスリーグ優勝!サトシ頂上決戦 Karosurīgu yūshō! Satoshi chōjō kessen) (Turun ke Finish yang Berapi-api! dalam bahasa Inggris) menghadapi kritik dari para penggemar ketika Ash kalah di Liga Kalos melawan Alain. Para penggemar secara khusus mengkritik episode tersebut karena nama dan trailer yang menyesatkan yang menunjukkan bahwa Ash akan memenangkan pertempuran dan karena Ash telah kehilangan semua Liga Pokémon di musim lalu.[49][50][51] Fans juga tidak menyukai hasilnya karena mereka percaya Greninja Ash memiliki banyak keuntungan atas Charizard Alain, termasuk fakta bahwa Pokémon tipe Air menahan serangan Pokémon tipe Api,[52] dan bahwa Fenomena Obligasi langka yang dialami oleh Ash's Greninja dikatakan jauh lebih kuat daripada Mega Evolution konvensional. Beberapa animator serial ini juga mengungkapkan kekecewaannya karena Ash telah kalah.[53] Unggahan TV Tokyo YouTube dari teaser episode berikutnya menerima banyak sekali ketidaksukaan sebagai akibat dari hasilnya.[52]

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Serial ini dianggap sebagai salah satu serial anime pertama di televisi yang mencapai tingkat kesuksesan mainstream ini dengan pemirsa Barat.[54][55] Hal ini juga telah dikreditkan dengan memungkinkan seri game untuk mencapai tingkat popularitas yang tinggi, dan sebaliknya.[56]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chief director: First series–Sun & Moon
  2. ^ First series; Advanced Generation (#1–158)
  3. ^ Advanced Generation (#171–192); Diamond and Pearl; Black & White
  4. ^ Diamond & Pearl (#171–193)
  5. ^ XY
  6. ^ Deputy director: XY (#94–123); director: XY (#124, #141–142), Sun & Moon and Journeys (#118–); chief director: Journeys (#1–117)
  7. ^ Deputy director: Sun & Moon (#52–146); director: Journeys (#1–54)
  8. ^ Director: Journeys (#55–117); Deputy Director: Journeys (#118–)
  9. ^ Juga kepala penulis utama dari serial aslinya
  10. ^ Juga kepala penulis dalam Advanced Generation
  11. ^ Juga kepala penulis dalamDiamond and Pearl; Black & White; XY
  12. ^ Juga kepala penulis dalam Sun & Moon
  13. ^ Juga kepala penulis dalam Journeys

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Pokémon Manga & Anime". Viz Media. Diakses tanggal April 29, 2019. 
  2. ^ a b Porter, Rick (April 23, 2020). "Netflix Merenggut Hak untuk Seri Animasi 'Pokémon'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 4 Februari 2022. 
  3. ^ "Genre Kata Kunci: Anime - Box Office Mojo". Box Office Mojo (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02 -18. 
  4. ^ "Mengapa Anime Pokemon adalah Adaptasi Paling Sukses dari Videogame Ever". USgamer . 17 November 2016. 
  5. ^ a b "Business Summary". The Pokémon Company. Maret 2022. Diakses tanggal 10 Juni 2022. 
  6. ^ a b Kharpal, Arjun (21 Juli 2016). "Pokémon sekarang salah satu dari acara yang paling banyak ditonton di Netflix setelah rilis game PokémonGo". CNBC. 
  7. ^ "あにてれ". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-11-02. Diakses tanggal 2010-10-09. 
  8. ^ "お笑いナタリー – タカアンドトシがポケモン番組登場、しょこたんを信頼". Natalie.mu. 2013-09-22. Diakses tanggal 2013-10-03. 
  9. ^ "テレビ東京・あにてれ ポケモンの家あつまる?". www.tv-tokyo.co.jp. Diakses tanggal 2019-04-27. 
  10. ^ アニメ「ポケモン」4月1日で25周年!1時間スペシャルにシトロン&ユリーカ再登場. Natalie (dalam bahasa Jepang). Natasha, Inc. 12 Maret 2022. Diakses tanggal 24 Juli 2022. 
  11. ^ Harding, Daryl (1 April 2022). "Tangkap Semua Kenangan Ash di Video Peringatan 25 Tahun Anime Pokémon". Crunchyroll. Diakses tanggal 24 Juli 2022. 
  12. ^ "Japanese monsters due menyerang layar TV". The Vancouver Sun. 5 Juni 1998. hlm. 41. Diakses tanggal 1 Desember 2021 – via Newspapers.com. 
  13. ^ Rutenberg, Jim (28 Januari 2001). "Violence Menemukan Ceruk dalam Kartun Anak". The New York Times. Diakses tanggal 24 Desember 2021. 
  14. ^ di Ortiz, Lisa (12 Juni 2020). "Enter Pikachu!". Pokémon Journeys. Musim ke-23. Episode ke-1. Netflix. Diakses tanggal 14 Februari 2022. 
  15. ^ Moore, Scott (25 April 2000). "Pokemania". The Washington Post. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  16. ^ Hoffer, Christian (5 Februari 2021). "Episode Terakhir Pokemon Journeys Datang ke Netflix pada bulan Maret". ComicBook. Diakses tanggal 16 Februari 2022. 
  17. ^ "Pokémon Master Journeys: The Series Tersedia Sekarang di Netflix". Pokémon.com. 10 September 2021. Diakses tanggal 16 Februari 2022. 
  18. ^ "Acara TV Pokemon menemukan rumah baru". Jaringan Berita Anime. 27 Januari 1999. Diakses tanggal 28 Agustus 2016. 
  19. ^ Macdonald, Christopher (31 Oktober 2002). "Pokemon dan Yu-Gi-Oh bergabung dengan Cartoon Network". Jaringan Berita Anime. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  20. ^ DeMott, Rick (2 April 2010). "Pokemon Tiba di Boomerang". Animation World Network. Diakses tanggal 23 Februari 2022. 
  21. ^ "Pokemon The Series: Sun & Moon Ultra Legends". TVGuide.com. 
  22. ^ "04/28/20: The Daily Show expands to 45 minutes". Cynopsis Media. April 28, 2020. 
  23. ^ "Discovery Familia (A.S. feed) - Panduan Daftar TV". www.ontvtonight.com. 
  24. ^ "10-K". Yahoo. 31 Maret 1999. hlm. 6. Diakses tanggal 28 Agustus 2016. 
  25. ^ "DVD, VHS Adalah Keuntungan Bagi Perintis". Billboard (dalam bahasa Inggris). Vol. 113 no. 4. Nielsen Business Media. 27 Januari 2001. hlm. 63. 
  26. ^ "5 Fakta Detektif Pikachu Dari Wawancara Pengembang Kami! (Yang Baru, Film, & Asal)". 2018-03-05. Diarsipkan dari ?v=NmsZtdTYTVo versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 2021-12-21. Diakses tanggal 2018-03-05. 
  27. ^ "コンテンツビジネスラボ「リーチ力・支出喚起力ランキング」" [Content Business Lab "Reach Power / Expenditure Stimulation Ranking"] (PDF). Hakuhodo (dalam bahasa Jepang). 2014-08-06. Diakses tanggal 2022-03-17. 
  28. ^ "コンテンツビジネスラボ「2015年リーチ力・支出喚起力ランキング」" [Content Business Lab "2015 Reach Power / Expenditure Stimulation Ranking"]. Hakuhodo (dalam bahasa Jepang). 2015-11-27. Diakses tanggal 2022-03-17. 
  29. ^ "コンテンツビジネスラボ「リーチ力・支出喚起力ランキング」 〜「コンテンツファン消費行動調査2018」より〜" [Content Business Lab "Reach Power / Expenditure Stimulation Ranking" 〜 From "Content Fan Consumption Behavior Survey 2018"]. Hakuhodo (dalam bahasa Jepang). 2018-10-25. Diakses tanggal 2022-03-17. 
  30. ^ "コンテンツビジネスラボ「リーチ力・支出喚起力ランキング」~「コンテンツファン消費行動調査2019」より~" [Content Business Lab "Reach Power / Expenditure Stimulation Ranking" ~ From "Content Fan Consumption Behavior Survey 2019"]. Hakuhodo (dalam bahasa Jepang). 2019-06-27. Diakses tanggal 2022-03-17. 
  31. ^ "コンテンツビジネスラボ 「リーチ力・支出喚起力ランキング」~「コンテンツファン消費行動調査2020」より~" [Content Business Lab "Reach Power / Expenditure Stimulation Ranking" ~ From "Content Fan Consumption Behavior Survey 2020"]. Hakuhodo (dalam bahasa Jepang). 2020-08-18. Diakses tanggal 2022-03-17. 
  32. ^ "コンテンツビジネスラボ「リーチ力・支出喚起力ランキング」~「コンテンツファン消費行動調査2021」より~" [Content Business Lab "Reach Power / Expenditure Stimulation Ranking" ~ From "Content Fan Consumption Behavior Survey 2021"]. Hakuhodo (dalam bahasa Jepang). 2021-09-03. Diakses tanggal 2022-03-17. 
  33. ^ "Netflix Penelusuran Global di uNoGS". unogs.com. 
  34. ^ Peters, Megan (1 Juni 2021). "Pokemon Menjadi Lebih Mudah Ditonton oleh Pengguna Amazon Prime". ComicBook. Diakses tanggal Februari 14, 2022. 
  35. ^ Hoffer, Christian (19 Desember 2017). "Setiap Episode Pokemon Sekarang Tersedia untuk Streaming di Aplikasi Disney Now". ComicBook. Diakses tanggal February 19, 2022. 
  36. ^ Peters, Megan (February 1, 2021). "Pokemon Menghapus Sebagian Besar Musimnya dari Arsip Disney". ComicBook. Diakses tanggal February 14, 2022. 
  37. ^ "Pokémon: Sun & Moon, 2 Film Pokémon Meninggalkan Netflix AS pada 31 Maret". Jaringan Berita Anime. 26 Februari 2022. Diakses tanggal 8 Maret 2022. 
  38. ^ Newsdesk, Laughing Place Disney (April 23, 2020). "23rd Season dari "Pokemon Journeys: The Series" untuk Debut di Netflix, bukan Disney XD". 
  39. ^ Vincent, Brittany (21 Februari 2019). "New 'Pokemon TV ' Pembaruan Menambahkan Episode Lengkap Baru, Unduhan Tidak Terbatas". 
  40. ^ Harris, Jeffrey (February 5, 2008). "Pokémon: Indigo League Season 1, Volume 3 DVD Review". IGN. Diakses tanggal July 4, 2021. 
  41. ^ "Pokémon - TV Review" (dalam bahasa Inggris). 2008-04-22. Diakses tanggal 2021-07-04. 
  42. ^ Kimlinger, Carl (30 Agustus 2008). "Pokemon: Diamond & Pearl Dub.DVD 1-2". Anime Jaringan Berita (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-04. 
  43. ^ McFarland, Kevin (September 14, 2016). "WIRED Binge-Watching Guide: Pokémon: Indigo League". Wired (dalam bahasa Inggris). ISSN 1059-1028. Diakses tanggal 2021-07-10. 
  44. ^ Sedghi, Sarra (4 Oktober 2018). "50 Serial Anime Terbaik Sepanjang Masa". Paste. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Oktober 2018. Diakses tanggal 4 Juli 2021. 
  45. ^ "Top 100 Animated Series – Pokemon". Diakses tanggal 4 Juli 2021. 
  46. ^ Ferlazzo, Edoardo; Zifkin, Benjamin G.; Andermann, Eva; Andermann, Frederick. "REVIEW ARTICLE: Pemicu kortikal pada kejang refleks umum dan epilepsi". Oxford University Press. 
  47. ^ McDonald, Joe (13 Agustus 2006). "China Melarang 'Simpsons' Dari TV Prime-Time". The Washington Post. 
  48. ^ Nan, Wu (2008-02-19). "China Memperpanjang Prime-time Larangan Kartun Asing". China Digital Times (CDT). Diakses tanggal 2013-06-22. 
  49. ^ Ashcraft, Brian (18 Agustus 2016). "Ash From Pokémon Baru Saja Mengalami Pertempuran Hidupnya". Diakses tanggal 19 Agustus 2016. 
  50. ^ Parungo, Nico (19 Agustus, 2016). "Pokemon XYZ: Internet Menjadi Gila Atas Hasil Liga Pokemon Ash". Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Agustus 2016. Diakses tanggal 19 Agustus 2016. 
  51. ^ 【ネタバレ注意】アニメ「ポケモン」、サトシの勝敗のゆくえに視聴者ざわざわ (dalam bahasa Jepang). 19 Agustus 2016. Diakses tanggal Agustus 19, 2016. 
  52. ^ a b Ashcraft, Brian (19 Agustus 2016). "Internet Bereaksi Terhadap Pecundang Terbesar Pokémon". Diakses tanggal Agustus 20, 2016. 
  53. ^ "「騙された感(涙)」『ポケットモンスターXY&Z』第38話のまさかすぎる展開に、世界中のアニポケファン!!" (dalam bahasa Jepang). 3 Januari 2018. Diakses tanggal 21 Agustus 2016. 
  54. ^ "Anime 'Pokemon' Masih Hebat Setelah Bertahun-Tahun". Inverse. Diakses tanggal 2017-05-19. 
  55. ^ Chua-Eoan, Howard; Larimer, Tim (1999-11-14). "Waspadalah terhadap Pokemania". Waktu. ISSN 0040-781X. Diakses tanggal 2017-05-19. 
  56. ^ Bailey, Kat (17 November 2016). "Mengapa Anime Pokemon Paling Sukses Adaptasi Videogame Ever". USgamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-05-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]