Badai Katrina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Hurikan Katrina
Kategori 5 major badai (SSHWS/NWS)
Hurricane Katrina August 28 2005 NASA.jpg
Hurikan Katrina di dekat pusat hurikan pada 28 Agustus 2005
Terbentuk 23 Agustus 2005
Menghilang 31 Agustus 2005
Kecepatan angin tertinggi 1 menit berturut-turut: 175 mph (280 km/jam)
Tekanan terendah 902 mbar (hPa); 26.64 inHg
Korban jiwa 1,836 total
Kerusakan $81.2 miliar (USD 2005)
(Garis Pantai Hurikan Atlantik dalam sejarah)
Area terdampak Bahamas, Florida Selatan, Kuba, Louisiana (khususnya Greater New Orleans), Mississippi, Alabama, Florida Panhandle, paling timur Ameria Utara
Bagian dari Musim Hurikan Atlantik 2005

Badai Katrina (juga Topan Katrina atau Hurikan Katrina) adalah sebuah siklon tropis besar yang melanda wilayah tenggara Amerika Serikat pada 2431 Agustus 2005 dan menyebabkan kerusakan yang besar. Lebih dari 200.000 km² (seukuran Britania Raya) wilayah tenggara AS terpengaruh badai ini, termasuk Louisiana, Mississippi, Alabama, Florida, dan Georgia.

Kronologi[sunting | sunting sumber]

Awalnya terbentuk pada 24 Agustus 2005, di Bahamas. Badai Katrina melewati Florida pada 25 Agustus 2005 sebagai Kategori 1, tapi besok menurun menjadi badai tropikal. Badai Katrina memperkuat di Teluk Meksiko. Badai Katrina mempunyai tekanan pusat minimum sebesar 918 mb, sehingga merupakan sistem bertekanan tertinggi ketiga dalam sejarah Amerika Serikat. Kerusakan yang diakibatkannya—hingga kini terhitung dapat mencapai US$200 miliar—diperkirakan menjadikannya badai Atlantik termahal dalam sejarah AS. Badai ini menyebabkan mati listrik yang memengaruhi sekitar 1 juta jiwa di Louisiana, Mississippi and Alabama, dan banjir besar di wilayah New Orleans. Hingga 3 September, diperkirakan setidaknya 1289 orang telah meninggal dunia; 1029 orang secara langsung dan 260 lainnya secara tidak langsung. Jumlah ini diyakini akan terus meningkat.

Efek bencana alam[sunting | sunting sumber]

Pemandangan kota New Orleans pada 31 Agustus 2005.

Akibat bencana ini, terjadi penjarahan dan penodongan di berbagai tempat. Sekitar 25.000–60.000 warga New Orleans awalnya dievakuasi ke stadion Superdome. Saat mereka sedang dipindahkan dari Superdome ke Astrodome di Houston, Texas karena keadaan di Superdome yang sudah tidak layak ditinggali lagi, helikopter yang direncanakan membawa para warga untuk evakuasi sempat ditembaki orang-orang tak dikenal. Pemerintah Federal Amerika Serikat akhirnya mengerahkan 25.000 prajurit dan para veteran dari Irak untuk menjaga keamanan di New Orleans dan sekitarnya.

Selain itu, produksi minyak mentah AS di Teluk Meksiko juga hampir terhenti seluruhnya, sehingga harga minyak sempat mencapai rekor tertinggi pada US$70. Secara tidak langsung, mata uang Indonesia, rupiah, yang sedang berada dalam posisi lemah saat itu, juga sempat makin terpuruk akibat naiknya harga minyak ini.

Kerusakan[sunting | sunting sumber]

Badai Katrina juga merusak sebagian Louisiana, Mississippi, Florida, dan lain lain.

Louisiana[sunting | sunting sumber]

Badai Katrina membuat pendaratan di Louisiana pada pukul 06:45 waktu setempat pada tanggal 29 Agustus 2005, sebagai badai Kategori 3 dengan angin sepoi-sepoi 127 mil per jam (204 km / jam), dekat Buras-Triumph, Louisiana dan 22 kaki gelombang badai Mata badai melewati 27 mil sebelah timur pusat kota New Orleans pada pukul 8:30 pagi. Area utama yang terkena dampak adalah Louisiana bagian tenggara, termasuk kota New Orleans, Louisiana, paroki St. Tammany (Slidell), Jefferson (Gretna), Terrebonne (Houma), Plaquemines (Buras), Lafourche (Thibodaux), dan St. Bernard (Chalmette).

Menurut pejabat hampir satu juta orang sementara tanpa listrik di Louisiana selama beberapa minggu. Pada tanggal 1 September 2005, 800.000 rumah tanpa listrik. Banyak jalan raya yang dilanda banjir atau rusak dan banyak evakuasi dilakukan dengan kapal dan helikopter.

Sekitar 46.000 Garda Nasional dikirim ke daerah tersebut sebagai bagian dari upaya penanggulangan bencana. Angkatan Laut Amerika Serikat juga mengumumkan bahwa empat kapal amfibi akan dikirim dari Norfolk, Virginia dalam beberapa hari untuk membantu usaha bantuan. Penjaga Pantai AS menyelamatkan 1.259 orang yang selamat dari atap pada hari Rabu pagi tanggal 31 Agustus, kurang dari dua hari setelah pendaratan, dan lebih dari 1.000 pada hari berikutnya. Dalam waktu kurang dari dua minggu 12.535 korban banjir diselamatkan dengan helikopter. Secara keseluruhan, Coast Guard membuat 33.544 orang menebus dengan helikopter dan kapal

Pada tanggal 1 Juli 2006, ketika perkiraan populasi baru dihitung oleh Biro Sensus A.S., populasi negara bagian Louisiana mengalami penurunan sebesar 219.563, atau 4,87%.

Sama seperti masalah mulai membaik di tahun 2010, tumpahan minyak Horizon Deepwater di Teluk pada bulan April 2010 menyebabkan sejumlah besar minyak turun ke darat di lahan basah dan rawa-rawa di Paroki Plaquemines dan daerah pesisir Louisiana lainnya di dekat New Orleans yang paling banyak rusak parah oleh Katrina, dan tumpahannya kemungkinan akan sampai ke negara-negara lain yang juga terkena dampak badai (badai telah menyebabkan atau memperburuk tumpahan minyak dalam skala yang lebih kecil saat terkena).

Mississippi[sunting | sunting sumber]

Dampak Badai Katrina yang menghancurkan pada negara bagian Mississippi menyebabkan dilakukannya evaluasi ulang lengkap terhadap pusat komando badai, keamanan, dan perjudian lepas pantai. Karena pendaratan di siang hari, banyak orang bertahan dengan berenang ke bangunan dan pepohonan yang lebih tinggi. Setelah itu, semua kabupaten Mississippi dinyatakan sebagai daerah bencana (lihat peta).

Pantai Teluk Mississippi menderita kerusakan besar akibat dampak Badai Katrina pada tanggal 29 Agustus 2005, menyebabkan 238 orang tewas, 67 hilang, dan sekitar $ 125 miliar mengalami kerusakan. [18] Sejak Katrina melakukan pendaratan ketiga dan terakhir di jalur negara bagian Louisiana / Mississippi, kuadran timur laut badai yang dahsyat yang dipukul di Mississippi, dan juga Alabama, menyebabkan kerusakan angin dan banjir yang luas. Menurut MSNBC, gelombang badai setinggi 30 kaki (9.1 m) menghempas 90% bangunan di sepanjang garis pantai Biloxi-Gulfport. Jembatan antara Bay St. Louis dan Pass Christian juga rusak akibat badai.

Tiga kabupaten yang paling terkena dampak badai adalah wilayah pesisir, Hancock County, Harrison County, dan Jackson County. Pusat komando darurat di 3 wilayah pesisir sebagian lumpuh, mendorong dilakukannya evaluasi ulang terhadap rancangan pusat darurat darurat umum nasional: di daerah Hancock, markas komando darurat dibanjiri badai pasang surut 32 kaki (11 m). ke dalam gedung, yang telah dianggap tahan banjir pada ketinggian 30 kaki (9,1 m) di atas permukaan laut.

Petugas Manajemen Darurat Mississippi (MEMA) juga mencatat kematian di wilayah Hinds, Warren, dan Leake. Sekitar 800.000 orang di seluruh negara bagian mengalami pemadaman listrik, yang hampir sepertiga dari jumlah penduduk.

Pejabat Angkatan Laut Amerika Serikat mengumumkan bahwa dua kapal perusak rudal Arleigh Burke yang sedang dibangun di Litton-Ingalls Shipbuilding di Pascagoula telah dirusak oleh badai tersebut, serta kapal uji amfibi USS Makin Island.

Daerah lain[sunting | sunting sumber]

Di Quebec, awan bekas Katrina menghujani Quebec. Akibatnya, satu desa terisolasi

Di Florida, badai menghantam Miami dan sekitarnya

Pranala luar[sunting | sunting sumber]