Jessie (Pokémon)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Jessie
Team Rocket2.png
James, Meowth, dan Jessie sebagai
anggota Team Rocket
Nama Jepang Musashi (ムサシ Musashi?),
Pengisi suara (Inggris) Rachael Lillis (4Kids Entertainment)
Michele Knotz (Pokémon USA)
Pengisi suara (Jepang) Megumi Hayashibara
Penampilan pertama
Game Pokémon Red, Blue, and Yellow
Episode anime "Pokémon Emergency!" (Season 1)
Bab Petualangan Pokémon Electric Tale of Pikachu
Informasi lain
Spesialisasi Pokémon Venom-type Pokémon
Pekerjaan Agent for Team Rocket

Jessie (ムサシ Musashi?) adalah nama untuk salah satu karakter fiksi dari serial Pokémon.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Jessie merupakan satu dari dua orang anggota Team Rocket yang selalu muncul dalam setiap episode serial Pokémon dari mulai season pertama hingga saat ini. Tandemnya yang juga merupakan anggota Team Rocket adalah James (Kojiro) dengan dibantu Pokémon kucing yang bisa bicara yang bernama Meowth (Nyasu). Usaha mereka (setiap episode dan season selalu sama) yang utama adalah mencoba mencuri Pikachu milik Ash Ketchum, dan selalu gagal di saat-saat akhir.

Jessie pertama muncul dalam episode Pokémon Emergency! Ibu Jessie, Miyamoto adalah seorang agen yang bekerja untuk Team Rocket. Jessie kecil sebenarnya merupakan seorang anak yang cerdas, sayangnya ia banyak diolok-olok oleh teman sekelasnya dikarenakan ibunya seorang agen untuk Team Rocket. Sejak kecil Jessie selalu berkhayal tentang Pikachu dan kekuasaan.

Beranjak remaja Jessie pindah haluan menjadi seorang suster spesialis Pokémon, hingga akhirnya ia bertemu James. Dan kemudian bergabunglah mereka berdua ke Team Rocket. Sebelum Jessie resmi jadi anggota Team Rocket, ia sempat berpacaran dengan beberapa lelaki, namun sayangnya tidak ada yang serius sama sekali untuk mengajaknya ke pelaminan.

Rival utama Jessie adalah Cassidy yang juga merupakan anggota Team Rocket. Jika Jessie selalu gagal dalam beragam usahanya, lain dengan Cassidy, ia selalu berhasil dan tentu saja hal ini membuat Jessie semakin marah dan geram jika James atau Meowth bicara tentang keberhasilan Cassidy.

Selain Cassidy, rival utama Jessie yang lain adalah May dan Dawn. Berambisi untuk mengikuti jejak dua gadis teman Ash tersebut, ia lantas mengikuti beragam Pokémon Contests, dan lagi-lagi hasilnya sama yaitu selalu gagal menang.

Pokémon spesialisasi Jessie adalah Pokémon jenis racun, seperti Ekans (yang kemudian berevolusi menjadi Arbok), Seviper, dan Pokémon kupu-kupu Dustox. Khusus untuk Dustox, tadinya ia berharap agar Wurmple miliknya bisa berevolusi menjadi seperti milik May, sayangnya yang terjadi adalah Wurmple milik Jessie berubah menjadi Cascoon dan kemudian menjadi Dustox. Pokémon lain yang ia miliki adalah Wobbuffet, di mana Pokémon ini secara tidak sengaja masuk sendiri ke dalam Pokeballs milik Jessie, dan karena Jessie suka padanya yang imut, maka Wobbuffet ini pun akhirnya ia bawa bertualang.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Motto[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah semboyan Team Rocket yang seding diucapkan oleh Jessie bersama rekannya James dan Meowth:

Jessie: "Jika kamu bertanya tentang A-I-U-E-O."
James: "Maka akan kami beri tahu jawabannya."
Jessie: "Demi menjaga perdamaian dunia."
James: "Demi menjaga ketentraman dunia."
Jessie: "Pahlawan yang bergerak karena rasa cinta."
James: "Pahlawan yang bergerak demi perdamaian dan kesetaraan."
Jessie: "Aku Jessie!"
James: "Dan aku James!"
Jessie: "Kami dua orang anggota Team Rocket yang hebat."
James: "Masa depan indah ada dihadapan kita semua."
Meowth: "Begitulah…!!!"
Wobbuffet: "Wobbuffet…!!!"

Beragam variasi kalimat pengantar selalu digunakan oleh Jessie dan James. Tentu saja penggunaan variasi kalimat pengantar tersebut disesuaikan dengan tempat, waktu, dan keadaan. Namun pada dasarnya kalimat selanjutnya selalu sama, terutama untuk bagian akhir.

Semboyan di atas selalu muncul manakala mereka akan berhadapan dengan tim kecil Ash Ketchum dengan maksud akan mencuri Pokémon Pikachu milik Ash, yang pada akhirnya selalu gagal.

Personalitas[sunting | sunting sumber]

Jessie, dengan masa kecil dan remajanya yang penuh warna, dan ketika sekolah ia sering diolok-olok oleh teman sekelasnya, memiliki sifat keras kepala, sombong, dan bermulut besar. Ambisinya setelah berhasil menangkap Pikachu adalah memiliki kantor cabang Team Rocket di mana ia duduk sebagai kepala cabang. Namun sampai sekarang ambisinya tersebut tidak pernah kesampaian.

Pakaian[sunting | sunting sumber]

Pakaian yang ia pakai nyaris sama seperti rekannya James. Jas putih dengan logo Team Rocket, dan sarung tangan panjang warna hitam, dengan rok pendek warna putih.

Sementara dalam penyamarannya untuk merebut Pikachu milik Ash, Jessie (bersama James) sering menampilkan aksi-aksi penyamaran yang menarik, dengan beragam pakaian dan seragam yang mereka pakai.

Asmara[sunting | sunting sumber]

Jessie memang gagal dalam membangu asmara bersama beberapa teman pria yang ia kenal. Namun dalam manga Electric Tale of Pikachu, di bagian akhir diceritakan ia menikah dengan rekannya sendiri, James.

Hal lain[sunting | sunting sumber]

Video game[sunting | sunting sumber]

Jessie bersama James muncul secara khusus dalam seri video game Pokémon: Yellow, yang merupakan bagian dari Pokémon: Red and Blue. Duet Team Rocket ini bisa kita jumpai ketika Anda bermain dan masuk ke Celadon City's Rocket Game Corner, Saffron City, dan Pokémon Tower tempat Mr. Fuji berada.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Dalam serial Pokémon versi bahasa Inggris, pengisi suara Jessie adalah Rachael Lillis (4Kids dub) dan Michele Knotz (Pokémon USA dub). Di versi bahasa Portugal logat Brasil pengisi suaranya adalah Isabel Cristina de Sá, oleh Sandra de Castro (Kanto, Master Quest, Advanced Generation), Teresa Madruga (Kanto, Johto, Movies 1 and 2), Dora Cruz (Johto) dan Raquel Ferreira (Master Quest and Advanced Battle - Battle Frontier) dalam versi bahasa Portugal Eropa, dan Diana Pérez dalam bahasa Spanyol logat Amerika Latin.

Untuk versi orsinil Jepang, pengisi suaranya adalah Megumi Hayashibara (episode EP002-AG084, AG093-present) dan Akiko Hiramatsu (episode AG085-AG092)

Pokémon[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar Pokémon yang dimiliki oleh Jessie:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]