James (Pokémon)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
James
Team Rocket2.png
James, Meowth, dan Jessie sebagai
anggota Team Rocket
Nama Jepang Kojiro (コジロウ Kojirō?),
Pengisi suara (Inggris) Ted Lewis, Eric Stuart (4Kids Entertainment)
Billy Beach (Pokémon USA)
Pengisi suara (Jepang) Shin'ichiro Miki
Penampilan pertama
Game Pokémon Red, Blue, and Yellow
Episode anime "Pokémon Emergency!" (Season 1)
Bab Petualangan Pokémon Electric Tale of Pikachu
Informasi lain
Spesialisasi Pokémon Grass-type Pokémon
Pekerjaan Agent for Team Rocket

James (コジロウ Kojirō?) adalah nama untuk salah satu karakter fiksi dari serial Pokémon.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

James merupakan satu dari dua orang anggota Team Rocket yang selalu muncul dalam setiap episode serial Pokémon dari mulai season pertama hingga saat ini. Tandemnya yang juga merupakan anggota Team Rocket adalah Jessie (Musashi) dengan dibantu Pokémon kucing yang bisa bicara yang bernama Meowth (Nyasu). Usaha mereka (setiap episode dan season selalu sama) yang utama adalah mencoba mencuri Pikachu milik Ash Ketchum, dan selalu gagal di saat-saat akhir. James memulai debutnya dalam serial Pokémon episode Pokémon Emergency!

James terlahir dari keluarga kaya raya (miliuner). Sewaktu masih muda, kedua orang tuanya berniat akan menikahkannya dengan seorang wanita bernama Jessiebelle. Namun James kurang setuju akan paksaan kedua orang tuanya tersebut, akhirnya ia memutuskan untuk lari kabur dari rumah dan tidak akan kembali lagi kepada keluarganya. Ia lantas masuk ke sekolah teknik Pokémon, namun sayangnya ia bersama temannya, Jessie dikeluarkan dari sekolah itu. Mereka berdua akhirnya bergabung dengan Team Rocket.

James sempat kembali ke rumah, ketika mendengar kedua orang tuanya meninggal dunia. Ia pun sempat bertemu dengan Jessiebelle, namun akhirnya ia memutuskan untuk tidak melaksanakan perintah dari orang tuanya dulu yaitu menikahi Jessiebelle. Ia kemudian kembali ke Team Rocket bersama Jessie dan Meowth.

James menyukai beragam jenis Pokémon tipe rumput atau pohon. Yang ia miliki antara lain Weepinbell (berevolusi menjadi Victreebell) dan Carnivine. Ia sebenarnya tidak pernah sekalipun menangkap satu Pokémon liar. Namun ketika ia berada di Hoenn, akhirnya ia memutuskan untuk menangkap satu jenis Pokémon tipe pohon yaitu Cacnea. Baik Victreebell dan Cacnea terlebih dulu selalu mencium atau mengulum James begitu James mengeluarkan mereka untuk bertarung. Kalau sudah terjadi yang seperti itu, kata-kata James yang paling sering dilontarkan adalah: "Dasar bodoh, itu lawanmu ada di depan, dan bukan aku!"

Salah satu kegemaran James adalah meminum air soda. Berbeda dengan karakter Pokémon lain yang doyan makan, James merupakan satu-satunya karakter Pokémon yang doyan akan minuman, namun tentu saja ia lebih suka minuman non alkohol.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Motto[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah semboyan Team Rocket yang seding diucapkan oleh James bersama rekannya Jessie dan Meowth:

Jessie: "Jika kamu bertanya tentang A-I-U-E-O."
James: "Maka akan kami beri tahu jawabannya."
Jessie: "Demi menjaga perdamaian dunia."
James: "Demi menjaga ketentraman dunia."
Jessie: "Pahlawan yang bergerak karena rasa cinta."
James: "Pahlawan yang bergerak demi perdamaian dan kesetaraan."
Jessie: "Aku Jessie!"
James: "Dan aku James!"
Jessie: "Kami dua orang anggota Team Rocket yang hebat."
James: "Masa depan indah ada dihadapan kita semua."
Meowth: "Begitulah…!!!"
Wobbuffet: "Wobbuffet…!!!"

Beragam variasi kalimat pengantar selalu digunakan oleh Jessie dan James. Tentu saja penggunaan variasi kalimat pengantar tersebut disesuaikan dengan tempat, waktu, dan keadaan. Namun pada dasarnya kalimat selanjutnya selalu sama, terutama untuk bagian akhir.

Semboyan di atas selalu muncul manakala mereka akan berhadapan dengan tim kecil Ash Ketchum dengan maksud akan mencuri Pokémon Pikachu milik Ash, yang pada akhirnya selalu gagal.

Personalitas[sunting | sunting sumber]

Sebenarnya, di luar Team Rocket, James adalah seorang pemuda baik hati. Entah memang karena tekanan orang tua yang memaksanya untuk menikah atau ada hal lain, James akhirnya berubah sikap menjadi egois dan kasar. Selain itu sesekali ia juga menampilkan sifat sabar, terlebih jika Jessie sedang membual atau berkhayal yang bukan-bukan akan impiannya sebagai kepala cabang kantor Team Rocket yang hingga saat ini tidak atau belum pernah terwujud.

Pakaian[sunting | sunting sumber]

Pakaian yang ia pakai nyaris sama seperti rekannya Jessie. Jas putih dengan logo Team Rocket, dan sarung tangan panjang warna hitam, dengan celana panjang warna putih

Sementara dalam penyamarannya untuk merebut Pikachu milik Ash, James (bersama Jessie) sering menampilkan aksi-aksi penyamaran yang menarik, dengan beragam pakaian dan seragam yang mereka pakai.

Asmara[sunting | sunting sumber]

Sewaktu masih muda, dan kedua orang tuanya masih ada, James seharusnya menikah dengan wanita bernama Jessiebelle. Namun James menolak dan menganggap bahwa kedua orang tuanya memaksakan kehendak sampai akhirnya ia kemudian kabur dari rumah. Ketika ia bertemu dengan Jessie, pertemanan mereka jalin dengan baik. Hingga akhirnya dalam manga Electric Tale of Pikachu, di bagian akhir diceritakan James menikah dengan rekannya sendiri, Jessie.

Hal lain[sunting | sunting sumber]

Video game[sunting | sunting sumber]

Jessie bersama James muncul secara khusus dalam seri video game Pokémon: Yellow, yang merupakan bagian dari Pokémon: Red and Blue. Duet Team Rocket ini bisa kita jumpai ketika Anda bermain dan masuk ke Celadon City's Rocket Game Corner, Saffron City, dan Pokémon Tower tempat Mr. Fuji berada.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara James dalam serial TV versi bahasa Inggris adalah Ted Lewis (4Kids dub, EP002-EP009), Eric Stuart (4Kids dub, EP010-AG145) dan Billy Beach (PUSA dub, AG146-present). Untuk versi bahasa Jepang, pengisi suaranya adalah Shin'ichiro Miki yang masih terus bertahan dari season satu hingga sekarang.

Di versi bahasa lain, pengisi suara James adalah Márcio Araújo dalam bahasa Portugal logat Brasil. Peter Michael (Kanto and Orange Islands, Movies 1, 2, 3 and 4) dan Rui Quintas (from Johto to Present) untuk versi bahasa Portugal Eropa, dan José Antionio Macías dalam bahasa Spanyol logat Amerika Latin.

Daftar Pokémon[sunting | sunting sumber]

Berikut ini merupakan daftar Pokémon yang dimiliki oleh James:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]