Pokémon: Indigo League

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pokémon: Indigo League
Musim 1
Negara asalJepang
Jml. episode
  • 82 (Japanese version)
  • 80 (International version)
Rilis
Jaringan asliTV Tokyo
Tanggal disiarkan1 April 1997 (1997-04-01) –
21 Januari 1999 (1999-1-21)
Kronologi musim

Pokémon: Indigo League (awalnya ditayangkan hanya sebagai Pokémon) adalah musim pertama dari Pokémon serial televisi animasi dan musim pertama Pokémon: The Original Series, dikenal di Jepang sebagai Pocket Monsters (ポケットモンスター, Poketto Monsutā). Seri ini awalnya ditayangkan di Jepang pada TV Tokyo dari 1 April 1997 hingga 21 Januari 1999. Kemudian ditayangkan di Amerika Serikat di sindikasi tayangan pertama dari 8 September hingga 20 November 1998, dan di Kids' WB/The WB dari 13 Februari hingga 27 November 1999, diakhiri dengan penayangan episode 18 yang belum pernah dirilis sebelumnya pada 24 Juni 2000. Musim pertama tayang perdana di Korea Selatan di Seoul Broadcasting Sistem dari 14 Juli 1999 hingga 14 Juni 2000. Seri ini tayang perdana di India di Cartoon Network pada 12 Mei 2003.[1] Di Indonesia, seri ini ditayangkan oleh SCTV pada tahun 2001.[2]

Musim ini, narator anime Pokémon (disuarakan dalam bahasa Jepang oleh Unshō Ishizuka, dan dalam bahasa Inggris oleh Rodger Parsons) akan mengikuti petualangan awal Ash Ketchum (disuarakan dalam bahasa Jepang oleh Rika Matsumoto, dan dalam bahasa Inggris oleh Veronica Taylor), calon pelatih Pokémon berusia 10 tahun dari Pallet Town yang diberi Pikachu (disuarakan oleh Ikue Ōtani) oleh peneliti Pokémon Profesor Oak untuk memulai perjalanan Pokémonnya. Ash didorong oleh keinginannya untuk memenangkan Liga Pokémon Dataran Tinggi Indigo, sebuah turnamen yang menantang bagi pelatih Pokémon luar biasa yang bersaing satu sama lain dalam pertarungan Pokémon. Agar memenuhi syarat untuk turnamen, Ash harus mengumpulkan jumlah lencana gym yang diperlukan, yang merupakan token yang diperoleh setelah mengalahkan setiap pemimpin gym Pokémon elit wilayah Kanto. Di awal musim, Ash berteman dengan pelatih Pokémon tipe air, Misty, yang berteman dengan Ash dengan harapan Ash dapat menggantikan sepedanya yang hancur, dan Brock, seorang peternak Pokémon yang merupakan pemimpin gym Pewter City.

Episode tersebut disutradarai oleh Masamitsu Hidaka dan diproduksi oleh Oriental Light and Magic dan TV Tokyo.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pokémon in South Asia - Bulbapedia, the community-driven Pokémon encyclopedia". bulbapedia.bulbagarden.net (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  2. ^ SCTV menayangkan serial Pokémon. Liputan 6.