Unshō Ishizuka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Unshō Ishizuka
Unsho-ishizuka.jpg
Nama asal石塚 運昇
Lahir(1951-05-16)16 Mei 1951[1]
Katsuyama, Fukui, Jepang
Meninggal13 Agustus 2018(2018-08-13) (umur 67)
Jepang
Sebab meninggalKanker esofagus
Pekerjaan
  • Aktor
  • pengisi suara
  • narrator
  • direktur teater
Tahun aktif1984–2018
AgenAoni Production
Tinggi168 cm (5 ft 6 in)[1]

Unshō Ishizuka (石塚 運昇, Ishizuka Unshō, 16 Mei 1951 – 13 Agustus 2018) adalah seorang aktor Jepang, pengisi suara, narrator and direktur teater dari Katsuyama, Fukui.[1] Dia beragensi dengan Aoni Production pada saat kematiannya dan dikenal karena menyediakan suara narator dan Professor Oak pada seri anime Pokémon.

Selain itu, ia secara teratur muncul dalam versi Jepang dan Inggris dari anime Pokémon, menyuarakan Onix, Steelix, dan banyak Pokémon lainnya.

Ishizuka dikenal karena suaranya yang dalam dan kuat dan sering berperan dalam peran karakter pria dewasa yang lebih tua, seperti Jet Black dari Cowboy Bebop, Eugene Gallardo dari Tales of Rebirth dan Kapten Matthews dalam trilogi Xenosaga. Dia juga suara sulih suara Jepang Kapten Gantu di setiap versi Lilo & Stitch hingga saat ini. Dia juga suara Jepang keempat Heihachi Mishima dalam seri video game Tekken, dan suara Jepang kedua untuk Tuan Satan dalam franchise Dragon Ball, mengambil alih kedua peran sejak kematian aktor lama Daisuke Gōri. Dia telah menyuarakan peran Kizaru dalam seri One Piece, Van Hohenheim dalam serial Fullmetal Alchemist: Brotherhood, Zabuza Momochi dalam seri Naruto, dan Joseph Joestar dalam JoJo's Bizarre Adventure: Stardust Crusaders danJoJo's Bizarre Adventure: Diamond Is Unbreakable sebagai serta Bunta Fujiwara di Initial D.

Pada 17 Agustus 2018, dilaporkan bahwa Ishizuka telah meninggal pada 13 Agustus karena kanker esofagus.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "石塚 運昇|日本タレント名鑑" (dalam bahasa Jepang). Nihon Tarento Meikan. Diakses tanggal 17 Agustus 2018. 
  2. ^ "Voice Actor Unshō Ishizuka Passes Away at 67". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 17 August 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]