Wobbuffet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wobbuffet
202Wobbuffet.png
Nomor Pokédex
Nasional
#202
Sebelumnya Selanjutnya
Unown (#201) Girafarig (#203)
Regional
Johto#108
Hoenn#161
Penampilan perdana
PermainanPokémon Gold and Silver
AnimePokémon, episode: "146. Tricks of the Trade (ソーナンスとポケモンこうかんかい!!)".
Manga
MangaPokémon Adventures
Volume11
Bab"Gold, Sylver & Crystal"
Ronde133. VS. Azumarill (VSマリルリ)
Info produksi
GenerasiII (Kedua) - 1999
PerancangKen Sugimori

Wobbuffet (ソーナンス, Sonans) adalah nama untuk salah satu spesies karakter fiksi dalam serial Pokémon.

Profil[sunting | sunting sumber]

Wobbuffet (alias Sonans, atau Sonansu) adalah seekor Pokémon jenis fisik, yang berwarna biru, mempunyai ciri khas gaya hormat, dan termasuk jenis Pokémon yang lemah dalam menyerang lawan. Kebanyakkan dari mereka adalah Pokémon pendiam dan penurut pada apapun yang dikatakan orang.

Dalam Pokédex region Johto, Wobbuffet berada di urutan 107, sementara di region Hoenn, Wobbuffet berada di urutan 161. Secara nasional, Wobbuffet berada di urutan 202. Pokémon jenis ini dapat dijumpai di region Johto dan Hoenn. Wobbuffet menjadi terkenal karena ia termasuk salah satu Pokémon yang ada dan selalu ikut kemanapun Jessie (Musashi) dari Team Rocket pergi.

Dalam episode 173, digambarkan ada sebuah kota unik, dimana hampir seluruh penduduknya memiliki seekor Wobbuffet. Wobbuffet sendiri merupakan evolusi dari Wynaut pada level 15.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Wobbuffet memiliki tinggi badan sekitar 1.3 meter, dengan berat badan hampir 29 kilogram. Wobbuffet adalah Pokemon penyabar Dia akan menyerang balik lawannya jika ia diserang. Kemampuannya untuk membalikkan serangan lawan tidak diragukan lagi. Kemampuan utamanya adalah counter, mirror coat, safeguard, dan destiny bond. Wobbuffet termasuk sulit untuk diupgrade kemampuannya, baik dengan memakai TM ataupun HM.

Dalam statistiknya, Wobbuffet termasuk dalam urutan ketiga Pokémon yang memiliki health power terbesar (jika mencapai level 100 HP-nya adalah 584) selain Blissey dan Chansey.

Wobbuffet berjalan dengan empat kaki, dan memiliki ekor yang berwarna hitam, dengan dua mata khas di bagian ekornya tersebut. Untuk menyembunyikan kakinya yang gelap agar tidak terinjak, ia biasanya tinggal di gua yang gelap.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Sonans diambil dari perkataan komedian terkenal Jepang, Sanpei Hayashiya, yang sering berkata sō na-n-su, okusan, atau dalam bahasa Inggris berarti: "That's the way it is, ma'am." Sedangkan dalam versi bahasa Inggris, Wobbuffet diambil dari penggabungan dua kata: wobble dan buffet, yang berarti mengulang aksi, yang diyakini aksinya tersebut sudah dipikirkan baik-baik dan kemudian disetujui orang.

Untuk versi bahasa Jerman, digunakan kata Woingenau, yang berarti "Where to, exactly?" Untuk versi bahasa Prancis nama Wobbuffet adalah Qulbutoke, berarti: Bermain dalam Culbuto dan OK! Sementara dalam bahasa Korea, nama Wobbuffet adalah Majayong yang berarti "That's correct/That's right!".

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Wobbuffet pertama muncul dalam episode 146, Tricks of the Trade, dimana secara tidak sengaja, Jessie (alias Musashi) dari Team Rocket menukar Pokémon jenis Lickitung dengan Wobbuffet. Sejak itu, Wobbuffet tidak pernah absen kemanapun Jessie dan Team Rocket pergi. Wobbuffet milik Jessie selalu keluar dengan tiba-tiba disaat Jessie sedang mengalami masalah. Dan seperti biasa yang dikatakannya adalah Sonansu atau Woobuffet, yang berarti setuju. Dalam episode lain, secara mendadak Meowth dan Wobbuffet menggantikan Jessie dan James dalam mengucapkan motto Team Rocket, dan sebagai akibatnya, mereka berdua langsung ditendang oleh Jessie dan James.

Meskipun selalu setia dalam perjalanan bersama Jessie, Wobbuffet jarang dipergunakan oleh Jessie untuk bertarung, disebabkan tindakannya yang bodoh dan lambat.

Dalam episode special A Summer Vacation, Wobbuffet menjadi sopir mobil ketika ia mengantarkan Azumaril, Meowth, dan Pikachu dalam pesta musim panas para Pokémon.

Pengisi suara Wobbuffet dalam versi bahasa Inggris adalah aktor Kayzie Rogers, sementara dalam versi bahasa Jepang pengisi suaranya adalah Yuji Ueda.

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Wobbuffet tampil dalam Pokémon Gold dan Silver, Pokémon Ruby dan Sapphire, Pokémon FireRed dan LeafGreen, serta Pokémon Diamond dan Pearl. Wobuffet juga tampil sebagai NPC di seri-seri game Pokemon Mystery Dungeon. Wobbuffet juga tampil dalam permainan video edisi konsol seperti Pokémon Colosseum, Pokémon XD: Gale of Darkness, dan Pal Park. Ia juga tampil dalam permaian video Super Smash Bros. Melee.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]