Wobbuffet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wobbuffet
Tokoh Pokémon
202Wobbuffet.png
Wobbuffett dalam Pokémon Gold dan Silver.
Permainan
perdana
Pokémon Gold dan Silver (1999)
Didesain
oleh
Ken Sugimori
Pengisi suara
Informasi
SpesiesPokémon Psikis
Jenis kelamin♂ Jantan / ♀ Betina
AsalJohto (Generasi II)
KategoriPsikis
Entri PokédexNo. 202

Wobbuffet[a] adalah karakter fiksi dan salah satu spesies dalam waralaba media Pokémon yang dimiliki oleh Nintendo dan Game Freak. Diciptakan oleh Hironobu Yoshida, Wobbuffet pertama kali muncul dalam permainan video Pokémon Gold dan Silver pada tahun 1999 dan dilanjutkan dalam judul-judul permainan video berikutnya. Ia juga muncul dalam berbagai bentuk pernak-pernik, penampilan sampingan, dan adaptasi anime serta manga.

Karakter ini didasarkan pada komedian Jepang Hayashiya Sanpei (1925–1980) yang memiliki gaya khas melakukan salam hormat diiringi dengan kalimat "Sō nansu, okusan!" yang berarti "Begitulah adanya, bu!". Wobbuffet dianggap salah satu spesies Pokémon yang terkenal berkat penampilan tetapnya dalam anime sebagai karakter antagonis yang menjadi anggota Team Rocket mendampingi Jessie, James dan Meowth.

Konsepsi dan penciptaan[sunting | sunting sumber]

Wobbuffet adalah salah satu dari 100 spesies baru Pokémon, yang diperkenalkan dalam seri permainan video Pokémon generasi kedua yang berjudul Pocket Monsters Gold dan Silver.[1] Permainan ini dirilis pada tahun 1999 di Jepang dan tahun 2000 untuk rilis internasionalnya.[2] Desain untuk Wobbuffet disediakan oleh Hironobu Yoshida. Ken Sugimori, ilustrator dan teman pencipta waralaba Pokémon, Satoshi Tajiri, memberikan ilustrasi akhir untuk karakter ini setelah melihat desain karya Yoshida. Wobbuffet didasarkan pada boneka Okiagari-koboshi, sebuah boneka khas Jepang dengan mata juling yang bergerak maju-mundur saat didorong.[3] Nama Jepang-nya, Sonans, didasarkan pada kalimat khas dari komedian Jepang Hayashiya Sanpei (1925–1980) yang selalu mengatakan "Sō nansu, okusan!"[b] diiringi dengan gaya menghormat.[4] Sementara nama internasionalnya berdasar dari kombinasi kata wobble dan buffet yang secara harfiah berarti "samsak".

Wobbuffet adalah Pokémon Psikis yang memiliki tinggi 130 sentimeter (4 ft 3 in) tapi memiliki berat yang ringan yaitu 28,5 kilogram (63 pon). Ia merupakan bentuk evolusi dari Wynaut. Matanya biasanya tampak mengerut, dan memiliki bibir atas yang bergerigi. Wobbuffet betina memiliki tanda merah di mulutnya yang menyerupai lipstik, sedangkan yang jantan tidak. Ia memiliki lengan datar yang lebih lebar ke arah ujung dan empat kaki gemuk di pangkal tubuhnya. Ada dua bintik mata di ekor hitamnya. Bintik matanya terungkap mampu berkedip dan melihat sekeliling menggunakan ekornya dalam seri Pokémon Stadium. Wobbuffet sangat protektif terhadap ekornya.[5] Ia secara tiba-tiba berubah menjadi agresif jika ekornya diserang. Meski demikian, secara garis besar Pokémon ini merupakan salah satu Pokémon yang jinak karena tidak pernah menyerang lebih dulu.[6] Namun, ketika diserang, ia akan menggembungkan tubuhnya menjadi seperti balon dan memulai serangan balik.[7] Ketika sesama Pokémon ini bertemu, mereka akan berusaha untuk bertahan lebih lama dari satu sama lain dalam pertempuran ketahanan.[8] Namun, karena tidak ada yang bisa menyerang, mereka mungkin bersaing untuk melihat mana yang bisa bertahan tanpa makanan. Karena sifatnya yang terlalu protektif terhadap ekornya dan membenci cahaya, Wobbuffet lebih suka tinggal di gua-gua yang gelap.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Wobbuffet pertama kali muncul dalam permainan video Pokémon Gold and Silver yang dilanjutkan dalam judul-judul permainan video selanjutnya yaitu: Pokémon Crystal, Pokémon FireRed dan LeafGreen, Pokémon Emerald, Pokémon Diamond, Pearl, dan Platinum, Pokémon SoulSilver, Pokémon Black and White, Pokémon Black 2 and White 2, Pokémon X dan Y, Pokémon Omega Ruby dan Alpha Sapphire, Pokémon Sun and Moon, Pokémon Ultra Sun dan Ultra Moon, Pokémon Let's Go, Pikachu! dan Let's Go, Eevee! dan Pokémon Sword dan Shield.

Dalam Super Smash Bros. Melee dan sekuelnya, Super Smash Bros. Brawl, Wobbuffet muncul sebagai Pokemon Pokéball. Dalam permainan, Wobbuffet akan menggunakan gerakan Counter untuk menyerang pemain. Ia akan bergoyang ke belakang dan melakukannya lebih keras jika pemain menyerangnya atau melemparkan item ke arahnya. Ketika pemain menyentuh Wobbuffet sebelum menyerangnya, ia akan menyerang balik, meskipun pemain tidak akan menerima kerusakan apa pun. Menariknya, Wobbuffet adalah satu-satunya Pokémon yang tidak termasuk dalam kategori Pokémon Legendaris yang muncul dalam acara Legendary Pokémon di Melee. Beberapa orang berspekulasi terkait hal ini. Salah satu opini yang sering muncul adalah bahwa ini disengaja untuk mengejutkan para pemain yang berharap menemukan Pokemon Legendaris. Pendapat lainnya menyatakan bahwa Wobbuffet dapat terbukti sangat berguna, dan karena itu pihak produser sengaja tidak menjadikannya Pokémon Legendaris meski tetap dianggap sebagai karakter yang ikonik.

Anime[sunting | sunting sumber]

Dalam anime, sesosok Wobbuffet jantan menjadi salah satu anggota Team Rocket dengan menjadi Pokémon yang dimiliki oleh Jessie. Ia juga menjadi salah satu maskot Team Rocket bersama Meowth dengan kemunculannya setelah Jessie, James dan Meowth selesai mengucapkan slogan khas mereka. Meski menjadi karakter antagonis, Wobbuffet menjadi karakter yang beralur komedi lewat kemunculannya saat Jessie, James dan Meowth mengalami kegagalan ketika berupaya mencuri Pikachu milik Ash Ketchum. Meskipun demikian, ia menjadi salah satu Pokémon paling kuat yang dimiliki oleh Team Rocket, mampu bertahan dari serangan Hyper Beam dengan Counter-nya dan menangkis serangan Electro Ball Pikachu menggunakan Mirror Coat.[9] Dalam setiap kemunculannya, ia sering mendadak keluar Poké Ball-nya, mirip dengan Psyduck milik Misty, Oshawott milik Ash, dan Chespin milik Clemont. Jessie jarang menggunakan Wobbuffet dalam pertempuran, tetapi ketika ia melakukannya, hasilnya umumnya baik. Di sisi lain, beberapa upaya Jessie menggunakan Wobbuffet dalam Kontes Pokémon semuanya memiliki hasil negatif.

Selama Pokémon the Series: Black & White, Wobbuffet ditinggalkan di kantor pusat Team Rocket sebelum keberangkatan Jessie, James dan Meowth ke wilayah Unova. Ia kemudian bersatu kembali dengan Jessie ketika ketiganya kembali ke Kanto, dan ia adalah satu-satunya Pokémon Jessie yang menemaninya ke wilayah Kalos dan Alola, serta perjalanannya ke seluruh dunia dalam Pokémon Journeys: The Series.

Dalam episode Wobbu-Palooza!, diperlihatkan sebuah kota yang semua penduduknya memiliki Wobbuffet termasuk Officer Jenny.[10] Sementara dalam A Fork in the Road! A Parting of the Ways!, Wobbuffet betina milik Dr. White menjadi kekasih dari Wobbuffet milik Jessie.[11]

Media lainnya[sunting | sunting sumber]

Wobbuffet tampil dalam seri manga Pokémon Adventures, Pocket Monsters DP, Pokémon Gotta Catch 'Em All, serta dalam dua adaptasi manga dari film yaitu Diancie and the Cocoon of Destruction dan Hoopa and the Clash of Ages.[12][13]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Sejak penampilan debutnya, Wobbuffet telah menerima sambutan yang beragam. GamesRadar menggambarkan Wobbuffet sebagai "salah satu spesies Pokémon yang terkesan diremehkan karena menjadi anggota Team Rocket dalam anime, tetapi sebetulnya ia memiliki potensi karena memiliki sistem pertahanan yang sangat tinggi dan (mungkin) sangat bertenaga yang menyebabkannya sampai dilarang dalam beragam turnamen."[14] Dalam artikel lainnya, Wobbuffet digambarkan sebagai salah satu yang paling "disukai karena warna biru dan kejenakaannya sekaligus ditakuti karena mata dan kepalanya berada di ekornya."[15] Editor IGN "Pokémon of the Day Chick" menyebutnya sebagai "karakter yang memberikan keamanan" karena memiliki sifat bertahan yang bagus tetapi "tidak bisa dipaksakan untuk bertarung."[16] Penulis Mélissa Babineaux, mengutip dari sebuah diskusi di Reddit, menyebutnya sebagai "hantu yang mampu menangkis serangan lawan".[17] Majalah Paste menyebut Wobbuffet sebagai Pokémon yang menambah elemen komedi dalam setiap kegagalan Team Rocket dalam anime.[18]

Di sisi lainnya, Andrew Lin dari DBLTAP menyebut Wobbuffet sebagai "tidak berguna" karena hanya mengandalkan bertahan dan tidak bisa menyerang selama musuh tidak menyerangnya.[19] Maddy Cohen dari Screen Rant menyebutnya sebagai salah satu Pokémon terlemah untuk kategori Pokémon Psikis.[20] Penulis Robert Grosso menganggap desain Wobbuffet aneh dan nampaknya spesies ini, bersama dengan bentuk pra-evolusinya, yaitu Wynaut, sudah ditakdirkan untuk menjadi Pokémon "troll" yang hanya bisa bersabar menghadapi nasib saat diserang lawan.[21]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jepang: ソーナンス Hepburn: Sōnansu?, Sonans diucapkan [soːnãsɯ]
  2. ^ Arti kalimatnya adalah: "that's the way it is, ma'am!" dalam bahasa Inggris dan "begitulah adanya, bu!" dalam bahasa Indonesia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ IGN Staff (15 Oktober 1999). "The Pocket Pikachu Color". IGN. Diakses tanggal 25 Juli 2009. 
  2. ^ IGN Staff (8 Mei 2000). "Pokémon Gold and Silver Release Date". IGN. Diakses tanggal 8 Agustus 2009. 
  3. ^ Solorzano, Sergio (7 Januari 2020). "Gaming Detail: The Pokémon Wobbuffet's Odd Origin". thegamer.com. Diakses tanggal 26 November 2022. 
  4. ^ Rowney, Jo-Anne (27 February 2016). "20 things you didn't know about Pokémon as it turns 20". mirror.co.uk. Daily Mirror. Diakses tanggal 6 January 2020. 
  5. ^ Game Freak (22 April 2007). Pokémon Diamond (Nintendo DS). Nintendo. Pokédex: Ia berusaha mati-matian untuk menyembunyikan ekor hitamnya. Dikatakan sebagai bukti ekor menyembunyikan rahasia. 
  6. ^ Game Freak (14 Maret 2010). Pokémon SoulSilver (Nintendo DS). Nintendo. Pokédex: Untuk menyembunyikan ekornya yang hitam pekat, ia hidup dengan tenang dalam kegelapan. Ia tidak pernah menjadi yang pertama untuk menyerang. 
  7. ^ Game Freak (14 Maret 2010). Pokémon HeartGold (Nintendo DS). Nintendo. Pokédex: Ia membenci cahaya dan kejutan. Jika diserang, ia akan menggembungkan tubuhnya untuk membangun serangan baliknya. 
  8. ^ Gealogo, David (19 Juni 2022). "The best Psychic-type Pokémon of all time, ranked". dotesports.com. Diakses tanggal 26 November 2022. 
  9. ^ Atkins, Kallie (27 April 2022). "Team Rocket's Most Powerful Pokémon, Ranked". Screen Rant. Diakses tanggal 26 November 2022. 
  10. ^ "Episode 175 – Wobbu-Palooza!". serebii.net. Diakses tanggal 26 November 2022. 
  11. ^ "Episode 886 – A Fork in the Road! A Parting of the Ways!". serebii.net. Diakses tanggal 26 November 2022. 
  12. ^ Luster, Joseph (27 January 2015). ""Pokémon The Movie: Diancie and the Cocoon of Destruction" Manga and DVD Arrive in February". crunchyroll.com. Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 September 2022. Diakses tanggal 10 September 2022. 
  13. ^ Whritenour, Jacob (27 February 2016). "Hoopa and the Clash of Ages Coming to DVD, Receiving Manga Adaptation". Hardcore Gamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 September 2022. Diakses tanggal 10 September 2022. 
  14. ^ Padilla, Raymond (29 Juni 2007). "Pokemusings, week four". GamesRadar. Diakses tanggal 26 November 2022. 
  15. ^ Bellingham, Hope (31 Mei 2022). "These anatomically-correct Pokemon sketches are both fascinating and disgusting". GamesRadar. Diakses tanggal 26 November 2022. 
  16. ^ "Pokémon of the Day – Wobbuffet". IGN. IGN Entertainment. 8 Februari 2013. Diakses tanggal 26 November 2022. 
  17. ^ Babineaux, Mélissa (3 Juni 2022). "Voici quelques illustrations anatomiques supplémentaires de Pokémon pour gâcher votre journée". techtribune.net (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 26 November 2022. 
  18. ^ Slackie, Kevin (27 Februari 2017). "The 100 Best Pokémon". Paste. Diakses tanggal 26 November 2022. 
  19. ^ Lin, Andrew (22 April 2020). "Shiny Wobbuffet Pokémon Go: How to Catch". dbltap.com. Minute Media. Diakses tanggal 26 November 2022. 
  20. ^ Cohen, Maddy (5 Mei 2021). "5 Of The Weakest Pokémon Ever (& 5 Of The Most Powerful)". Screen Rant. Diakses tanggal 26 November 2022. 
  21. ^ Grosso, Robert (3 Juni 2018). "The Six Worst Designed Pokemon of Generation 3". techraptor.net. Diakses tanggal 26 November 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]