May (Pokémon)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
May
May Anime Artwork.png
May versi asli dalam seri Pokémon Advanced Generation
Nama Jepang Haruka (ハルカ Haruka?)
Pengisi suara (Inggris) Veronica Taylor (4Kids Entertainment)
Michelle Knotz (Pokémon USA)
Pengisi suara (Jepang) KAORI
Penampilan pertama
Game Pokémon Ruby, Sapphire, and Emerald
Episode anime "Get the Show on the Road" (Season 6)
Bab manga "Pokemon: Ash and Pikachu"
Informasi lain
Spesialisasi Pokémon Semua tipe Pokémon
Pekerjaan Koordinator Pokémon

May (ハルカ Haruka?) adalah nama untuk salah satu karakter fiksi dari serial Pokémon. May sendiri aslinya adalah berbasis dari karakter anak perempuan yang bisa kita mainkan dalam video game Pokémon: Ruby, Shappire, dan Emerald. Ia menjadi satu dari tiga karakter yang menjadi karakter utama dalam seri permainan video Pokémon (dua lagi adalah Ash Ketchum dan Dawn).

Profil[sunting | sunting sumber]

Arti nama[sunting | sunting sumber]

Nama May diyakini diambil dari bulan May (bulan Mei dalam bahasa Indonesia), dan kalau lebih jauh lagi bulan Mei masih termasuk dalam musim semi, yang berarti May sama dengan bunga yang sedang tumbuh di musim semi. Dalam versi bahasa Prancis, May sendiri berarti bunga. Sementara dalam bahasa Jepang (dengan nama Haruka) dan bahasa Italia (dengan nama Vera), arti dari May nyaris sama dengan di versi bahasa Inggris: musim semi.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara May dalam versi bahasa Inggris adalah Veronica Taylor (4Kids Entertainment) sebelum akhirnya di ambil alih oleh Michelle Knotz dari Pokémon USA. Sementara di versi bahasa Jepang, pengisi suara Haruka (nama Jepang untuk May) adalah Midori Kawana. Untuk versi bahasa lain, pengisi suara May adalah Mariana Ortiz[1] dalam versi bahasa Spanyol Amerika Latin, Tatiane Keplemaier dalam bahasa Portugal logat Brasil, dan Isabel Ribas dalam versi bahasa Portugal logat Eropa.

Personalitas[sunting | sunting sumber]

May merupakan seorang gadis yang ramah dan hangat. Ia mudah diajak bicara dan mudah bergaul dengan siapapun. Ia pun dikenal sebagai kakak yang sangat memperhatikan dan sekaligus pula menjadi mentor dan pembimbing sang adik, Max, yang lebih muda usianya dari dirinya. Max sendiri memilih untuk memperhatikan sang kakak, karena suatu saat nanti ia ingin menjadi seorang Pokémon trainer seperti kakaknya sendiri. Tetapi, kadang-kadang sifat May pun bisa berubah menjadi garang. Ini terjadi bila ada yang berani menantangnya (biasanya Jessie dari Team Rocket). Selain itu, May juga sedikit penakut. Hal-hal yang ia takuti adalah hantu, kegelapan, dan bencana alam.

Busana[sunting | sunting sumber]

Busana yang May kenakan dalam serial TV versi Pokémon Advanced sama persis dengan penampilan May dalam seri video game Pokémon Ruby dan Sapphire. Ia mengenakan pakaian kemeja blus lengan pendek warna merah yang ketat, dengan celana bersepeda warna biru tua dan rok mini warna putih. Ia juga memakai ikat kepala dan sarung tangan yang hanya dilepas ketika ia makan atau mandi.

Sedangkan dalam video game Pokémon Emerald, penampilannya nyaris sama dengan di versi serial TV Pokémon: Diamond and Pearl, namun kali ini ia memakai kemeja warna orange tanpa lengan, dengan sedikit perubahan pada sarung tangan yang ia pakai.

Hubungan[sunting | sunting sumber]

Sebenarnya dalam serial Pokemon, Ash Ketchum tidak pernah memiliki hubungan romantis dengan siapapun dalam serial Pokemon karena serial ini diperuntukkan bagi anak - anak dan tidak sesuai bila diberi adegan - adegan cinta. Namun, dalam beberapa episode di Advance Generation, memang ada adegan yang memperlihatkan kedekatan antara May dan Ash. Dalam episode perdana Pokémon Advanced, May pernah berujar bahwa ia kagum dengan semangat dan sifat yang dimiliki Ash.

Di luar hal tersebut, beberapa kali juga Ash dan May sering berselisih pendapat, di antaranya adalah ketika mereka berdebat soal jalan pintas terbaik untuk mencapai kota terdekat (yang berujung pada sebuah pertarungan ganda melawan pasangan pengembara, yang kemudian memberikan pelajaran pada Ash dan May tentang semangat kebersamaan dan cinta kasih) dan arogansi May tentang ajaran Ash soal cara bertarung Pokémon yang baik ketika May bertanding di sebuah kontes Pokémon (yang berujung pada kalahnya May dan kemudian ia meminta maaf kepada Ash atas kegagalannya).

Kemudian dalam salah satu kontes Pokémon di Kanto, secara mengejutkan Ash dan May memenangi bersama pita kontes, dan demi keadilan, May sepakat untuk membagi dua pita tersebut. Lantas sesaat sebelum May berpisah dengan Ash di bagian akhir serial Pokémon Advance, dua teman ini kemudian mengadakan pertarungan Pokémon, di mana dengan sportif May kalah dari Ash. May kemudian bertemu lagi dengan Ash di Wallace Cup di Sinnoh, di mana disini Ash sepakat untuk memberikan bagian pita kontes yang ia miliki kepada May untuk disatukan kembali. Melihat hal tersebut, Dawn sebagai teman koordinator Pokémon tim Ash menjuluki pasangan Ash dan May sebagai "Pangeran dan Putri Pokémon", di luar bahwa May dan Ash memang memiliki beberapa kesamaan, antara lain rakus makan dan memiliki Pokémon yang sama, yaitu Squirtle dan Bulbasaur.

Ia juga dijodoh - jodohkan oleh fans dengan Drew, salah satu rivalnya. Mungkin karena May gemas dengan sikap arogansi Drew, banyak fans yang mengira bahwa kebencian May berubah menjadi cinta terhadap Drew. Namun tetap saja, asmara bukanlah fokus dalam cerita Pokemon.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

May dalam video game dan serial TV versi Pokemon Emerald.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Karakter May pertama kali tampil dalam serial Pokémon: Advanced Generation pada episode 277, Get The Show On The Road![2] May yang digambarkan berusia 10 tahun (usianya sama dengan Ash Ketchum saat pertama mereka bertemu) merupakan putri dari pemimpin Petalburg City Gym, Norman. May sendiri mempunyai adik bernama Max. Sementara ibu mereka bernama Caroline.

Pada awalnya, May tidak menyukai Pokémon. Bahkan ia dengan terang-terangan membenci Pokémon. Namun sifatnya tersebut berubah setelah melihat acara kontes Pokemon di TV. Ketika Ash Ketchum dan Brock tiba di Hoenn, lantas Ash dan Brock bertemu dengan May, dan kemudian dengan Professor Birch. Mereka bertiga kemudian menolong Professor Birch untuk menyembuhkan Pikachu milik Professor Birch yang sakit, dan kemudian melawan Team Rocket yang akan mencuri semua Pokémon di Little Root Town. May juga berjasa besar saat memecahkan misteri dari Pokémon jenis Clamperl yang akan berevolusi.

Selanjutnya, sebagai hadiah, Professor Birch memberikan kepada May seekor Pokémon bernama Torchic, sebuah Pokédex, dan beberapa biji Poké Ball.[2] Kemudian May bersama Max memutuskan untuk menjadi anggota tim dari Ash dan Brock. Persisnya, posisi May di tim Ash adalah untuk menggantikan posisi dari Misty yang memutuskan untuk kembali ke Kota Cerulean.

May kemudian mendapatkan beberapa rival besar, yaitu Drew, Harley, dan Jessie dari Team Rocket. Namun dalam beberapa kesempatan, Jessie-lah yang menjadi rival utama May, dikarenakan ia sangat berambisi untuk mencuri semua Pokémon milik teman-teman Ash. Meskipun begitu, May selalu dapat mengatasi kejahatan yang akan dilakukan Jessie, selain karena dibantu beragam kesialan yang didapat Jessie bersama dua rekannya, James dan Meowth yang bisa bicara.

Ketika Ash dan Brock memilih untuk pergi ke Sinnoh, May dan Max memutuskan untuk pergi ke Johto, dan disinilah petualangan antara May bersama tim Ash berakhir. Sebelum pergi, May sempat mengungkapkan perasaan hatinya kepada Ash. Lantas mereka kemudian bertemu kembali di Sinnoh saat berkompetisi di Wallace Cup, dan May pun masuk ke final, sayang ia kalah dari Dawn. Dan setelah itu, May kemudian lebih fokus untuk berkelana di region Johto, dan kemudian Kanto, di mana ia sempat juga bertemu dengan Misty yang juga merupakan teman baik Ash ketika mereka dulu bertualang bersama.

Film[sunting | sunting sumber]

May, bersama Ash dan sang adik Max, merupakan tiga karakter Pokémon yang menjadi bintang utama dalam film Pokémon versi teater. Ia tampil sebagai karakter utama dalam film Pokémon Ranger and the Temple of the Sea[3][4], di mana dalam film tersebut ia tampil sebagai ibu angkat bagi Manaphy yang menetas tepat dihadapan dirinya sendiri. Selain itu ia juga mendapat peran penting dalam film Jirachi Wishmaker[5], di mana dalam film tersebut ia menggunakan salah satu permintaannya agar mengembalikan semua keadaan menjadi seperti semula, setelah terjadinya insiden kebangkitan Groudon.

Video game[sunting | sunting sumber]

May merupakan salah satu karakter yang bisa kita mainkan di Pokémon: Ruby, Sapphire, and Emerald. Dalam seri video game, May berpasangan dengan Brendan, yang juga merupakan karakter yang dapat kita mainkan dalam seri video game tersebut. Khusus untuk game Pokémon Emerald yang dirilis tahun 2005, atau dua tahun setelah Pokémon Ruby and Sapphire, banyak fans Pokemon yang menjuluki video game tersebut sebagai "A special tribute official Pokémon game for May (Haruka)".

Daftar Pokémon[sunting | sunting sumber]

Di bawah ini merupakan daftar Pokémon yang dimiliki oleh May sejak pertama ia bertualang bersama Ash Ketchum sampai akhirnya ia bertualang secara mandiri di region Johto dan Kanto:

No. Nama Pokemon Keterangan
1 Torchic

Combusken

Blaziken
Torchic adalah Pokémon pilihan pertama May yang diberikan oleh Professor Birch. Ketika pertama kali May memilihnya, sebenarnya Torchic dari Prof. Birch tersebut sama sekali belum pernah bertarung dan tidak memiliki pengalaman.[2] Selanjutnya setelah May mengetahui tentang Pokémon Contests dan ia juga mendapatkan Beautifly, Torchic kemudian mulai May didik agar menjadi kuat sehingga ia kemudian berevolusi menjadi Combusken dalam episode A Shroomish Skirmish.[6]

Setelah berevolusi, May kemudian memutuskan untuk lebih memakai Combusken sebagai pilihan utama dalam kontes Pokémon. Sebenarnya karakteristik Combusken adalah agresif, namun berkat kepiawaian May, Combusken bisa menjadi sedikit jinak, dan turut mengantarkan May memenangi beberapa kontes. Berevolusi lagi kemudian menjadi Blaziken dalam pertarungan melawan Sceptile milik Ash Ketchum di episode Once More With Reeling. Setelah berubah menjadi Blaziken, May banyak menggunakannya untuk melawan Pokémon liar, ataupun rival-rivalnya. Dikarenakan kekuatan apinya yang besar, May bisa memenangkan semua kontes dan pertarungan Pokémon melawan rival-rivalnya dengan mudah.

2 Wurmple

Silcoon

Beautifly
May mulai berburu Wurmple, cikal bakal Beautifly, setelah ia mendengar tentang Pokémon Contests dari teman-temannya.[7] Setelah berhasil, ia langsung membangunnya secara cepat dengan cara bertarung dengan Pokémon-Pokémon liar agar Wurmple bisa berubah menjadi Silcoon, dan kemudian Beautifly. Namun berkat Wurmple juga, May harus bisa mengatasi Jessie dari Team Rocket yang mempunyai Pokémon jenis sama. Berubah menjadi Silcoon dalam episode A Corphish Out Of Water!

Setelah Wurmple berevolusi menjadi Silcoon, May tidak banyak memakainya.[8] Ia lebih banyak memanfaatkan tali sutra yang dihasilkan oleh Silcoon. Setelah bertemu dengan Cascoon milik Jessie dan bertarung, akhirnya Silcoon berubah menjadi Beautifly yang cantik dalam episode Seeing is Believeing![9] Setelah itu, May lebih banyak memakai Beautifly untuk mengejar ambisinya memenangi semua Pokémon Contests yang ia ikuti.

3 Manaphy May bertemu dengan Jackie, dan setelah itu ia bergabung bersamanya untuk melindungi telur-telur Manaphy, di mana May bekerja keras untuk itu. Secara tiba-tiba salah satu telur menetas dan menganggap May sebagai ibunya, dan May juga menganggap bahwa wajah Manaphy yang ia jumpai mengingatkan ia pada sang ibu. Dan akhirnya ia mengangkat Manaphy sebagai anak angkatnya dan kemudian mereka saling membantu untuk melawan para pencuri. Dan di akhir, May memutuskan untuk mengembalikan Manaphy tersebut kepada teman-temannya yang ada di laut.[4]
4 Eevee

Glaceon
May menerima sebuah telur dari Breeding Centre, di mana kemudian telur tersebut menetas menjadi Eevee.[10] Meskipun kekuatannya bagus dan termasuk energik, namun dalam sebuah kontes Pokémon, ia tidak berbuat yang seharusnya dan malah menampilkan serangan es. Eevee kemudian berevolusi menjadi Glaceon ketika May mengunjungi Snowpoin City di Sinnoh.[11]

Setelah berevolusi menjadi Glaceon, di mana (untuk kedua kalinya) May berpisah dengan tim Ash, kemudian May mengikuti Wallace Cup di Sinnoh di mana ia kemudian bertarung melawan Dawn (dan kemudian kalah dengan sportif) yang notabene merupakan teman May bersama Ash. Meskipun buta dengan kekuatan Glaceon sebenarnya, May akhirnya lebih banyak memakai serangan seperti Ice Beam dan Iron Tail.

5 Squirtle

Wartortle
Ketika May mengunjungi laboratorium Prof. Oak, ia menemui Squirtle yang masih bayi.[12] Dimana secara alamiah, Squirtle tersebut tidak mau masuk kedalam Pokéball milik Prof. Oak dan kemudian malah ingin bergabung dengan May. Walaupun kekuatan bertarungnya masih nol, May mencoba mengembangkannya. Secara tidak sengaja, Squirtle keluar dari Pokéball ketika May mengikuti kontes Pokémon. Dan kemudian ia berubah menjadi Wartortle ketika May berada di Johto, dengan kekuatan air yang besar tentunya.
6 Bulbasaur

Ivysaur

Venusaur
Setelah diselamatkan olehnya saat akan jatuh ke jurang, May secara cepat menjadi teman dari Bulbasaur, di mana kemudian Bulbasaur menlindungi May dari beberapa Pokémon jenis tanaman yang akan menyerangnya.[13] Kemudian May menggunakannya untuk beberapa kontes Pokémon, sebelum akhirnya dititipkan di lab Prof. Oak. Nyaris seperti sang pemilik yang terlibat asmara dengan Ash Ketchum, di lab Prof. Oak pun Bulbasaur milik May terlibat insiden yang sama dengan…Bulbasaur milik Ash.

Ketika May berada di Johto, ia kemudian memanggil Bulbasaur untuk bergabung dalam timnya lagi, dan kemudian berevolusi menjadi Ivysaur, dan kemudian Venusaur, dengan kekuatan serangan Vine Whip dan Razor Leaf.

7 Skitty Skitty aslinya adalah Pokémon yang secara tidak sengaja masuk kedalam Poké Ball dengan caranya sendiri ketika ia bermain dengan bola tersebut, di mana ia menggangap bahwa bola tersebut adalah mainan.[14] Skitty selalu menampilkan raut ceria dan energik. May kemudian menggunakannya dalam banyak kontes, dan ia bisa menang dalam beberapa kontes. Saat ini Skitty terjaga dengan baik oleh ayah May, Norman di Petalburg Gym.
8 Munchlax Pertama kali May berhadapan dengan Munchlax adalah saat ia menyadari bahwa Pokéblocks-nya telah dimakan oleh Munchlax.[15] Setelah itu May mencoba memancingnya dengan menggunakan Pokéblocks yang ia buat sendiri dan berhasil. Seperti yang lain, May kemudian menggunakannya sebagai rekan dalam beberapa kontes Pokémon.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mariana Ortiz, Anime News Network, diakses 2 Mei 2010 - 00.43 WIB.
  2. ^ a b c "Summary from Pokémon episode 277". Serebii.net. 
  3. ^ "Pokémon Ranger and Prince of the Sea". The Pokemon Company. 2006. 
  4. ^ a b "Pokémon Ranger and Prince of the Sea summary". Serebii.net. Diakses tanggal 3 April 2008. 
  5. ^ "Wishing Star of Seven Nights". The Pokemon Company. 2003. 
  6. ^ "Summary from Pokemon episode 358". Serebii.net. Diakses tanggal 9 Desember 2009. 
  7. ^ "May heard a Pokemon Contest". Serebii.net. Diakses tanggal 08/08/2008. 
  8. ^ "Summary from Pokemon episode 300". Serebii.net. Diakses tanggal 6 Januari 2009. 
  9. ^ "Seeing is Believing". Serebii.net. Diakses tanggal 1 Februari 2008. 
  10. ^ "Summary from Pokemon episode 434". Serebii.net. Diakses tanggal 1 December 2009. 
  11. ^ "Summary from Pokemon episode 544". Serebii.net. Diakses tanggal 09/10/2009. 
  12. ^ "Summary from Pokemon episode 410". Serebii.net. Diakses tanggal 09/10/2009. 
  13. ^ "Summary from Pokemon episode 349". Serebii.net. Diakses tanggal 08/09/2009. 
  14. ^ "Summary from Pokemon episode 323". Serebii.net. Diakses tanggal 08/08/2008. 
  15. ^ "Summary from Pokemon episode 394". Serebii.net. Diakses tanggal 08/08/2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]