Cacnea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cacnea
Cacnea.png
Nomor Pokédex
Nasional
#331
Sebelumnya Selanjutnya
Flygon (#330) Cacturne (#332)
Regional
Hoenn#119
Penampilan perdana
PermainanPokémon Ruby and Sapphire
AnimePokémon Advanced Generations, episode: "280. A Poached Ego! (ロケット団!みだれひっかきでサヨウナラ!!)".
Info produksi
GenerasiIII (Ketiga) - 2002
PerancangKen Sugimori

Cacnea (ミズゴロウ, Sabonea) adalah salah satu nama karakter fiksi untuk spesies Pokémon jenis tumbuhan.

Profil[sunting | sunting sumber]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Cacnea (#331 di Pokedex Nasional, #119 di Pokedex Hoenn) merupakan sebuah Pokémon unik, dengan rupa sebuah pohon kaktus, yang memiliki sebuah bunga mirip mahkota di bagian kepalanya. Cacnea juga mempunyai dua batang ranting yang sangat mirip dengan lengan di bagian kanan dan kirinya. Diyakini, Cacnea berasal dari penggabungan kaktus dan labu Halloween.

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Selain memiliki kemampuan racun, Cacnea juga memiliki kemampuan seperti Sand Veil. Dalam keadaan badai pasir, Cacnea mampu bertahan dan juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan serangannya. Cacnea bersama bentuk evolusinya, Cacturne merupakan satu-satunya Pokémon yang bisa menggunakan jurus Needle Arm.

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

Cacnea bisa beradaptasi dengan baik dalam keadaan gurun. Mereka bisa menyimpan air untuk jangka waktu satu bulan, yang tentu saja sangat berguna untuk persediaan energinya di gurun. Ketika ia bertarung, Cacnea akan menggunakan duri-duri yang ada di tubuhnya untuk menyerang lawannya.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Pertama kali Cacnea tampil adalah dalam episode A Poached Ego, dalam episode ini, Team Rocket yang dikomandani Jessie (Musashi), James (Kojiro), dan Meowth (Nyasu) menemukan sebuah grup Ekans dan Koffing yang sedang diburu. Setelah bernegoisasi pendek dengan sang pemburu, akhirnya Jessie dan James memutuskan untuk melepas Arbok dan Weezing yang mereka miliki demi melindungi grup Ekans dan Koffing tadi. Sebelumnya, Jessie dan James sempat dikejar-kejar segerombolan Beedrill karena mereka mengusik sarang Beedrill tersebut. Ketika James berteriak minta tolong, datanglah Cacnea, dan kemudian ia menggunakan Pin Missile untuk menghalau gerombolan Beedrill tersebut. Sebagai tanda terima kasih, James kemudian memberikan beberapa potong biskuit kepada Cacnea, tetapi sayangnya kotak tempat biskuit tersebut terkunci. Kemudian setelah Team Rocket dikalahkan oleh pemburu, Cacnea tadi membuka kotak biskuit James, dan James kemudian memberinya biskuit. James lantas bertanya kepada Cacnea tersebut apakah ia mau bergabung dengan Team Rocket, dan ternyata Cacnea tadi setuju, langsung saja Cacnea tersebut melompat ke lengan James, dan memberi James sebuah tanda yang tidak biasa: puluhan duri menancap di lengan James.

Selama James berkelana bersama Jessie di Hoenn, Cacnea selalu menjadi Pokémon utama James dalam menghadang laju Ash Ketchum, May, Brock, dan Max, yang sayangnya selalu gagal dihadang oleh Team Rocket. Setiap kali Cacnea dikeluarkan dari Poke Ball, terlebih dulu ia akan memeluk James, dan memberikannya tanda terima kasih, yaitu puluhan potongan duri.

Di Sinnoh, posisi Cacnea sebagai Pokémon utama James digantikan oleh Carnivine, tetapi Cacnea masih tetap James gunakan sebagai Pokémon alternative bersama Seviper dan Dustox. Kemudian dalam episode Once There Were Greenfield, Gardenia dan James bertarung melawan Ash Ketchum dan Dawn. Sebelumnya, Gardenia meminta James agar Cacnea-nya mengeluarkan jurus Drain Punch, tetapi James kemudian berkata bahwa Cacnea-nya tidak memiliki jurus tersebut, dan lagi-lagi kekalahan bagi James. Setelah bertarung, Gardenia kemudian meminta agar James memberikan Cacnea-nya kepada Gardenia untuk kemudian dilatih. Awalnya ia menolak, tetapi setelah melalui pemikiran panjang, akhirnya James memberikan Poke Ball yang diisi oleh Cacnea kepada Gardenia.

Cacnea tampil kembali dalam flashback di episode DP101, saat itu ditunjukan bahwa ia sedang melawan Empoleon milik Jun, dan disebutkan pula bahwa kini Cacnea milik James tersebut telah memahami jurus Drain Punch.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]