Dawn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Dawn
HikariDP.png
Dawn versi serial televisi
Pokémon Diamond and Pearl
Nama Jepang Hikari (ヒカリ Hikari?)
Pengisi suara (Inggris) Emily Jenness
Pengisi suara (Jepang) Megumi Toyoguchi
Penampilan pertama
Game Pokémon Diamond, Pearl, and Platinum
Episode anime "Following a Maiden's Voyage!" (Season 10)
Informasi lain
Pekerjaan Pokémon coordinator

Dawn (ヒカリ Hikari?) adalah salah satu nama untuk karakter fiksi dari serial Pokémon.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Dawn (alias Lucinda dalam versi bahasa Italia) adalah seorang gadis energik berusia 10 tahun yang bertualang bersama Ash Ketchum dan Brock dalam serial Pokémon: Diamond and Pearl. Ia menggantikan May yang memutuskan untuk berkelana sendiri di region Johto.

Dawn pertama kali muncul dalam episode satu Pokémon: Diamond and Pearl berjudul Following a Maiden's Voyage! Berbeda dengan May yang tanpa pengalaman sama sekali ketika bertemu Ash, ia sudah memiliki pengalaman cukup dalam meng-handle beragam jenis Pokémon, itu sebabnya ia sangat ingin menjadi seorang koordinator Pokémon yang tangguh seperti ibunya sendiri, Johanna.

Pokémon pertamanya yang ia peroleh dari Professor Rowan adalah Piplup, dan saat bertemu dengan Ash dan Brock, ia memutuskan untuk menimba ilmu dari mereka berdua. Selanjutnya ia mendapat beberapa rival diantarnya Kenny, Jessie, Zoey, dan May. Saat pertama bertemu dengan May ia menganggap bahwa pasangan Ash dan May itu seperti layaknya pasangan pangeran dan putri dari dua kawasan berbeda yang bertemu lagi di tempat baru (May dari Hoenn, Ash dari Kanto).

Pertarungan resmi Dawn dengan May adalah di Wallace Cup, di mana ia menang sangat tipis dari May di babak final.

Dawn juga mempunyai sebuah sepeda. Persis seperti sepeda May dan Misty, barang berharga milik Dawn tersebut lagi-lagi hancur oleh serangan thunderbolt dari Pikachu. Meskipun begitu, Dawn sama sekali tidak menjelaskan kejadian tersebut kepada Ash sampai lebih dari 30 episode serial berjalan.

Seperti May, ia juga mempunyai lagu tema khusus yang dipakai di akhir serial Pokémon: Diamond and Pearl. Lagu temanya berjudul By Your Side dan dinyanyikan oleh Grin.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Pakaian[sunting | sunting sumber]

Jika Misty identik dengan tank top warna kuning, sementara May dengan kemeja merah dan sarung tangan, maka Dawn tampil berbeda dengan mereka berdua. Pakaian yang paling sering dipakai oleh Dawn adalah gaun panjang warna hitam. Ia juga mengenakan syal warna pink, dan juga sepatu boot yang juga berwarna pink. Dawn juga mengenakan kupluk berwarna putih dengan logo Pokeballs.

Dalam beberapa episode, Dawn sempat memakai pakaian lapis yaitu kaus lengan panjang warna putih yang kemudian ditutupi oleh gaun hitam. Ia juga pernah mengenakan celana panjang jeans yang kemudian ditutupi oleh sepatu boot, dan sesekali kita juga bisa melihat ia memakai stocking dan sepatu formal.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Dengan pengalaman yang ia miliki, jauh sebelum ia bertemu dengan Ash Ketchum, Dawn selalu memperlihatkan rasa percaya diri yang tinggi. Ia juga merupakan sahabat dekat dari Professor Rowan, di mana disanalah ia menimba ilmu, dan menjadikannya sedikit lebih cerdas ketimbang Misty atau May.

Satu hal lain yang membedakan Dawn dengan Misty dan May adalah, Dawn selalu menyimpan sesuatu hal yang ia miliki dan belum akan menunjukannya kepada Ash dan Brock sampai mereka sendiri melihat aksi Dawn dilapangan.


Hal lain[sunting | sunting sumber]

Video game[sunting | sunting sumber]

Dawn tampil dalam video game Pokémon: Diamond and Pearl sebagai karakter utama perempuan di dalamnya.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara Dawn dalam serial Pokémon versi bahasa Inggris adalah Emily Jennes. Sementara di versi orsinil Jepang pengisi suaranya adalah Megumi Toyoguchi. Untuk versi bahasa lain, Fernanda Bulara menjadi voice actor Dawn dalam versi bahasa Portugal logat Brasil, dan Gaby Ugarte dalam versi bahasa Spanyol logat Amerika Latin.

Daftar Pokémon[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar Pokémon yang dimiliki oleh Dawn sejak pertama ia memilih starternya dari Prof. Rowan sampai ia kemudian bertualang bersama Ash Ketchum:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]