Brock

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Brock
FL Brock.png
Nama Jepang Takeshi (タケシ Takeshi?)
Pengisi suara (Inggris) Eric Stuart (Seasons 1-8)
Bill Rogers (Season 9-present)
Pengisi suara (Jepang) Yūji Ueda
Penampilan pertama
Game Pokémon Red and Blue
Episode anime "Showdown in Pewter City" (Season 1)
Bab Petualangan Pokémon "Onix is On!"
Informasi lain
Spesialisasi Pokémon Rock-type Pokémon
Pekerjaan Games: Pewter City Gym Leader.
Anime: Pewter City Gym Leader (beginning of season 1)
Roaming Pokémon trainer aspiring to become a Pokémon Breeder (remaining part of season 1, seasons 3-10)

Brock (タケシ Takeshi?) adalah nama untuk salah satu karakter fiksi dari serial Pokemon. Ia merupakan mantan pemimpin dari Pewter City Gym, dan juga merupakan teman Ash yang paling setia dalam setiap perjalanan.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Dalam serial animasi Pokemon, Brock berkeinginan untuk menjadi seorang pelatih Pokemon legendaris. Ia menanggalkan jabatannya sebagai pemimpin Gym di kota Pewter setelah Ash Ketchum memenangkan lencana Gym Kanto Pewter darinya. Bersama Ash, Brock kemudian mendidik Pikachu milik Ash agar semakin kuat dan sanggup melawan Pokemon jenis batu yang merupakan spesialisasi dari Brock. Tak lama berselang mereka bertemu dengan Misty, dan mulailah trio ini bertualang di region Kanto dan Johto.

Di Pulau Orange, Brock sempat memutuskan untuk bergabung dengan Professor Felina Ivy, dan memutuskan untuk meninggalkan tim Ash dan Misty. Tetapi ia kembali secara misterius ke kota Pallet saat Ash memenangkan Orange League Championship. Dengan kembalinya Brock, maka Ash dan Misty bereuni seperti dahulu, dan kembali melanjutkan petualangannya di Johto.

Setelah Misty meninggalkan tim Ash saat mereka akan masuk ke region Hoenn, Brock mendapatkan rekan baru yaitu kakak beradik May dan Max. Tim ini kemudian berkeliling di sepanjang region Hoenn dan kemudian kembali ke Kanto saat mereka mengikuti Battle Frontier. Dan di akhir, saat tim Ash akan pergi ke Shinnoh, May dan Max kemudian berpisah dengan tim Ash.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Pakaian[sunting | sunting sumber]

Brock merupakan satu-satunya anggota tim Ash yang berpakaian normal. Ia dalam serial TV selalu digambarkan memakai kaus berkerah lengan pendek warna hijau, rompi parasut warna orange, celana sports warna coklat, dan sepatu basket.

Wanita[sunting | sunting sumber]

Salah satu ciri khas Brock ketika bertemu wanita cantik dalam serial TV (biasanya adalah Suster Joy dan Opsir Jenny) adalah langsung tergila-gila dan sering salah tingkah. Dan setiap kali Brock mendekat Joy atau Jenny, Misty langsung malu dengan tingkah laku Brock yang kekanak - kanakan. Terbukti setiap kali Brock mendekati Suster Joys dan Opsir Jennys, hampir bisa dipastikan diakhir plot telinga Brock akan dijewer oleh Misty. Pengecualian adalah saat Brock bertemu dengan Professor Felina Ivy di pulau Orange, dimana saat itu Brock meninggalkan tim. Dan kemudian Brock dan Misty bertemu kembali saat Ash berhasil memenangkan Orange League Championship.

Tak hanya Misty yang geram melihat tingkah laku Brock yang memalukan. Max, adik May, juga di dalam episode Pokemon Advance Generation, menarik telinga Brock dan menjauhkannya dari Joy atau Jenny atau wanita cantik lainnya. Di dalam serial Diamond and Pearl, giliran Croagunk, salah satu pokemon miliknya yang menusuk Brock dengan jurusnya yaitu Poison Jab, sehingga Brock menjadi beku.

Video game[sunting | sunting sumber]

Brock tampil dalam Pokemon Red, Blue, and Yellow; Pokemon Gold, Silver, and Crystal; serta dalam Pokémon Fire Red and Green Leaf. Posisinya dalam video game adalah sebagai bos dari Pewter City Gym.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara Brock dalam serial Pokemon versi bahasa Inggris adalah Eric Stuart (season 1-8) dan kemudian diambil alih oleh Bill Rogers (season 9 hingga sekarang). Sementara di versi bahasa Jepang, sejak season satu hingga saat ini pengisi suaranya adalah Yuji Ueda.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]