Pokémon Mystery Dungeon: Blue Rescue Team dan Red Rescue Team

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pokémon Mystery Dungeon: Blue Rescue Team dan Red Rescue Team
TipePokémon paired versions (en)
Versi pertama
17 November 2005
GenreRoguelike
Bahasa
Daftar
Karakteristik teknis
PlatformNintendo DS dan Game Boy Advance
FormatROM cartridge
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangChunsoft (en)
PenyuntingNintendo
ProdusenKoichi Nakamura (en)
PenerbitNintendo
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864328
PEGI
enllaç=d:Q14915512
CERO
enllaç=d:Q11389850
Musicbrainz: c23662aa-345b-4e1d-b4c5-fd4301be6d4c
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Pokemon Mystery Dungeon: Tim Red Rescue and Pokemon Mystery Dungeon: Biru Rescue Team adalah sepasang game Pokemon untuk masing - masing Game Boy Advance(Red Rescue Team) dan Nintendo DS (Blue Rescue Team) . Pokemon ini versi klasik Misteri Dungeon game yang kompatibel dengan satu sama lain melalui fitur dual-slot Nintendo DS.

Untuk pertama kalinya, pemain berposisi sebagai Pokemon dan tidak Trainer . Permainan ini memiliki cerita yang sederhana namun mengasyikkan, sistem pertarungan semi-turnbased, semua 386 Pokemon, dan banyak ruang bawah tanah, yang telah dihasilkan lantai secara acak setiap kali Anda mengunjungi mereka.

petualangan dimulai dengan Anda, karakter utama, terbangun dari tidur Anda untuk menemukan bahwa Anda telah berubah menjadi Pokemon. Anda mengetahui bahwa Dunia Pokemon terkendala dengan bencana alam, dan sebagainya tim penyelamat dibentuk dengan mitra Pokemon, yang memungkinkan Anda untuk pergi pada berbagai misi untuk menyelamatkan Pokemon dalam kesulitan. Sebagai cerita berkembang, Anda akan menemukan tujuan sejati Anda dan takdir di Dunia Pokemon

Starter dan Partner[sunting | sunting sumber]

Sebelum memulai Permainan kalian akan diberi pertanyaan yang menentukan pokemon apa yang cocok dengan type kalian.Kalian akan ditanya beberapa hal yang jawabannya menentukan type kalian.beberapa pertanyyan akan muncul secara acak[1]

  • A delinquent is hassling a girl on a busy street! What will you do?

Help without hesitation (Brave +3)

Help, even if scared (Brave +2,Hardy +2)

Call the Police (Docile+1,Relax+1,Timid+1)

Do Nothing out of fear (Timid + 3)

  • A foreign person has started up a conversation with you. To be honest, you don't have a clue what this fellow is saying. How do you reply?

Haha! Yes. Very Funny! (Jolly + 3)

Um . . . Could you say that again? (Hardy + 2)

Right . . . Well, I gotta go (Timid + 2)

  • A friend brought over something you'd forgotten. How do you thank your friend?

Say thank you regularly (Docile + 2)

Say thanks with a joke (Lonely + 1; Naive + 1)

Say thanks, but be cool (Sassy + 2)

  • A human hand extends out of a toilet! What would you do?

Scream and run (Timid + 2)

Close the lid without a word (Calm + 2; Hardy + 1)

Shake hands with it (Brave + 2; Impish + 1; Naive + 1)

  • A test is coming up. How do you study for it?

Study hard (Hardy + 2)

At the last second (Relaxed + 2)

Ignore it and play (Impish + 2)

  • Are there many things you would like to do?

Yes (Impish + 2; Hardy + 1)

No (Quirky + 2; Sassy + 1 )

Pertanyaan diatas hanyalah sebagian pertanyaan dari 56 pertanyaan. Tetapi pada saat di permainan hanya ± 10 pertanyaan yang ditampilkan.

Jika sudah menjawab semua pertanyaan yang diajukan maka kalian akan diberitahu Type apa kalian dan pokemon apa yang cocok dengan type kalian.

Berikut Pokémon menurut type dan gendernya[2]

Bulbasaur[sunting | sunting sumber]

Male: Docile

Female: Calm

Charmander[sunting | sunting sumber]

Male: Hardy

Female: Brave

Squirtle[sunting | sunting sumber]

Male: Jolly

Female: Relaxed

Pikachu[sunting | sunting sumber]

Male: Impish

Female: Hardy

Meowth[sunting | sunting sumber]

Male: Quirky

Female: -

Psyduck[sunting | sunting sumber]

Male: Relaxed

Female: Lonely

Machop[sunting | sunting sumber]

Male: Brave

Female: -

Cubone[sunting | sunting sumber]

Male: Lonely

Female: Impish

Eevee[sunting | sunting sumber]

Male: -

Female: Naive

Chikorita[sunting | sunting sumber]

Male: -

Female: Docile

Cyndaquil[sunting | sunting sumber]

Male: Timid

Female: -

Tototdile[sunting | sunting sumber]

Male: Naive

Female: Jolly

Treecko[sunting | sunting sumber]

Male:Sassy

Female: Quirky

Torchic[sunting | sunting sumber]

Male: Hasty

Female: Sassy

Mudkip[sunting | sunting sumber]

Male: Calm

Female: Timid

Skitty[sunting | sunting sumber]

Male: -

Female: Hasty

Partner[sunting | sunting sumber]

Setelah mengetahui apa Pokemon yang cocok dengan type kalian,maka kalian harus memilih satu pertner untuk petualangan nanti.Pokemon yang bersedia menjadi Partner: Bulbasaur, Charmander, Squirtle, Pikachu, Chikorita, Cyndaquil, Totodile, Treecko, Torchic, Mudkip Tetapi kalian tidak bisa memilih Partner yang Type kekuatannya sama dengan kalian. Contoh: Kalian mendapat Cyndaquil,maka kalian tidak bisa memilih Charmander dan Torchic

Plot[3][sunting | sunting sumber]

Pemain bangun suatu hari menemukan bahwa mereka telah berubah menjadi Pokémon, tanpa memori masa lalu mereka. Dalam dunia hancur oleh banyak bencana alam - yang hanya mulai terjadi baru-baru ini pemain dan Partner baru dibuat bergabung dan membentuk tim penyelamat. Tim bertemu tim penyelamat lainnya, termasuk tim penyelamat peringkat atas yang terdiri dari Alakazam, Charizard dan Tyranitar, bernama Tim ACT. Tim membuat musuh tanpa disadari dengan tim penyelamat lain, Tim meanies, yang terdiri dari Gengar, Ekans, dan Medicham, yang mencari dominasi dunia bawah penyamaran tim penyelamat. Tidak jauh ke dalam alur cerita, pemain ini menceritakan tentang sebuah legenda tentang Ninetales mengutuk pada seorang manusia yang sengaja menyentuh ekor Ninetales ini. Ninetales meramalkan bahwa manusia pada akhirnya akan terlahir kembali sebagai Pokémon, dan bahwa keseimbangan alam dunia akan marah. Dalam upaya untuk menemukan memori yang hilang pemain dan tujuan sebagai Pokémon, pencarian tim ke tempat peramal Xatu berada. Xatu cepat menyadari bahwa pemain pernah menjadi manusia, dan mengatakan bahwa pemain transformasi manusia ke Pokemon. Percakapan ini terdengar oleh Tim meanies 'Gengar, yang mengungkapkan rahasia pemain kepada warga kota dan mengatakan bahwa menghilangkan manusia (yang) berubah-Pokémon dalam legenda akan membawa semuanya kembali normal.

Mereka kemudian berhadapan dengan Alakazam, yang mengatakan Pokemon mengadakan pertemuan kota pada apa yang harus mereka lakukan untuk menyelamatkan dunia: mereka harus mencari dan membunuh pemain, dan siapa pun yang sisi dengan mereka. Karena mereka memberikan tim satu malam untuk melarikan diri, pemain dan Partner meninggalkan Pokemon Square sebagai status buronan dan pergi ke bagian paling utara dunia dalam upaya untuk menghindari tim yang kini memburu mereka. Sepanjang jalan, mereka bertemu dengan burung legendaris Moltres dan Articuno yang merasakan dampak dari bencana di daerah masing-masing. Mereka berteman dengan Absol yang berusaha untuk menemukan penyebab sebenarnya dari bencana alam. Trio mencapai puncak Mt. Freeze dan terpojok oleh Tim ACT. Mereka bersiap-siap untuk mengalahkan pemain dan partner, tapi dihentikan oleh Ninetales, yang mengungkapkan bahwa pemain bukanlah manusia dalam legenda, tapi mengungkapkan bahwa dunia berada dalam bahaya yang lebih besar yang disebabkan oleh kebangkitan Groudon. Tim ACT mencoba dan untuk menghentikan Groudon, sementara tim kepala rumah untuk menghapus semua kecurigaan yang tersisa di Pokémon Square dan Gengar disalahkan untuk memulai dan rencana mereka digagalkan lagi. Setelah beberapa hari, pemain dan partner khawatir bahwa Tim ACT belum kembali dari misi mereka untuk memadamkan Groudon. Meminta tim lain untuk menyelamatkan Tim ACT, Lombre menolak untuk membiarkan mereka pergi, mengatakan ada banyak Pokemon lebih keras dari mereka. Shiftry meyakinkan tiga dari Pokemon terbaik, Blastoise, Octillery, dan Golem untuk membentuk tim penyelamat dan tim rescue ACT khusus. Setelah beberapa hari, tim khusus kembali dikalahkan.

Setelah putus asa oleh Gengar, pemain dan pasangan bisa mendapatkan roh semua orang kembali, dan relawan untuk menyelamatkan Tim ACT sendiri. Ketika tim mencapai Magma Cavern, mereka menemukan Charizard dan Tyranitar dikalahkan, dengan Alakazam melawan Groudon saja - tapi dengan cepat dikalahkan. Tim mengambil masalah ke tangan mereka sendiri dan kekalahan Groudon. Mereka kembali ke kota sebagai pahlawan, tapi perayaan mereka berumur pendek karena berita buruk tiba dari Xatu. Sebuah meteor besar, diturunkan menjadi penyebab sebenarnya dari bencana alam, sedang menuju dunia, mengancam untuk menghancurkannya. Satu-satunya cara untuk menghentikannya adalah dengan meminta bantuan dari langit, Rayquaza. Hal ini kurang dari rencana, tapi setelah pertempuran, Rayquaza setuju untuk menggunakan Hyper Beam untuk menghancurkan meteor. Tim kembali ke daratan, dikelilingi oleh pendukung mereka, di mana mereka menemukan bahwa dunia aman sekali lagi. Namun, pemain harus kembali menjadi manusia dan meninggalkan dunia Pokémon belakang. Setelah credit roll, pemain kembali ke basis tim penyelamat dalam bentuk ééPokémon, dan kejutan semua orang.

Dengan berjalannya waktu, lebih banyak rahasia yang terungkap. Sebuah pecahan meteor hancur membuka sebuah gua rahasia di bawah Whiscash kolam, memungkinkan evolusi dan kemudian, mengungkapkan bahwa pecahan lain memukul sayap Latias, dan kemudian tim menyelamatkan dia di Pitfall Lembah

Sequels[sunting | sunting sumber]

Pokémon Mystery Dungeon: Explorers of Time (ポケモン不思議のダンジョン 時の探検隊 Pokémon Fushigi no Danjon Toki no Tankentai?, lit. "Pokémon Mystery Dungeon: Time Exploration Team") dan Pokémon Mystery Dungeon: Explorers of Darkness (ポケモン不思議のダンジョン 闇の探検隊 Pokémon Fushigi no Danjon Yami no Tankenta)"Pokémon Mystery Dungeon: Darkness Exploration Team") adalah sepasang game Pokemon untuk Nintendo DS. Dua game yang dirilis di Jepang pada tanggal 13 September 2007, dan dirilis di Amerika Utara pada tanggal 20 April 2008 Fitur baru termasuk penambahan Generasi IV Pokémon, meningkatkan fitur Wi-Fi, dan lebih banyak pilihan layar sentuh Dengan Versi Penyempurna Pokémon Mystery Dungeon: Explorers of Sky (ポケモン不思議のダンジョン 空の探検隊 Pokémon Fushigi no Danjon Sora no Tankentai, "Pokémon Mystery Dungeon: Sky Exploration Team") yang diliris di jepang pada tanggal 18 April 2009; di America Utara pada tanggal 12 Oktober 2009;di Australia pada tanggal 12 November 2009; dan di Eropa pada tanggal 20 November 2009[4]

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Pokémon Mystery Dungeon: Ginji's Rescue Team adalah Manga yang diadaptasi dari Game Pokemon Mystery dungeons Red/Blue Rescue Team

Pokémon Mystery Dungeons: Go-Getters Rescue Team adalah Anime yang diadaptasi dari Game Pokemon Mystery dungeons Red/Blue Rescue Team

Referensi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pokemon Mystery Dungeon :: The Personality Test". www.psypokes.com. Diakses tanggal 2016-10-29. 
  2. ^ "Pokemon Mystery Dungeon :: Starter and Partner Pokemon". www.psypokes.com. Diakses tanggal 2016-10-29. 
  3. ^ "Pokémon Mystery Dungeon: Blue Rescue Team and Red Rescue Team - Wikipedia". en.m.wikipedia.org. Diakses tanggal 2016-10-29. 
  4. ^ "Pokémon Mystery Dungeon: Explorers of Time and Explorers of Darkness - Wikipedia". en.m.wikipedia.org. Diakses tanggal 2016-10-29.