Virtual Console

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Virtual Console
Wii Virtual console Logo.png
PengembangNintendo
TipeDistribusi perilisan ulang permainan video klasik
Tanggal diluncurkanWii
19 November 2006
Nintendo 3DS
6 Juni 2011
Wii U
23 Januari 2013 (peluncuran lunak)
26 April 2013 (peluncuran resmi)
PlatformWii
Nintendo 3DS
Wii U
Situs webWii
Situs web AS resmi
Situs web Inggris resmi
Situs web Jepang resmi
Nintendo 3DS
Situs web AS resmi
Situs web Inggris resmi
Situs web Jepang resmi
Wii U
Situs web AS resmi
Situs web Inggris resmi
Situs web Jepang resmi

Virtual Console (Jepang: バーチャルコンソール, Hepburn: Bācharu Konsōru), yang terkadang disingkat menjadi VC, adalah sebuah bagian terspesifikasi dari layanan maya Wii Shop Channel dan Nintendo eShop yang membolehkan para pemain untuk membeli dan mengunduh permainan-permainan untuk konsol-konsol permainan rumah Wii dan Wii U milik Nintendo dan konsol permainan portabel Nintendo 3DS.

Produk-produksi Virtual Console terdiri dari produk-produk yang aslinya dirilis pada konsol-konsol pegangan dan rumahan pada masa lalu. Produk-produk tersebut dijalankan dalam bentuk-bentuk asli mereka melalui emulasi perangkat lunak (kecuali produk-produk GBA pada 3DS), dan dapat dibeli dengan harga antara 500 dan 1200 Wii Points (Wii), US$2.99 dan US$6.99 (3DS) dan US$4.99 dan US$9.99 (Wii U) terganting pada sistem, raritas dan/atau tuntutan.[1][2] Perpustakaan Virtual Console dari permainan-permainan masa lalu saat ini terdiri dari produk-produk yang berasal dari Nintendo Entertainment System, Super NES, Game Boy, Game Boy Color, Nintendo 64, Game Boy Advance, Nintendo DS, dan Wii, serta Master System dan Genesis/Mega Drive dari Sega, TurboGrafx-16 dari NEC, dan Neo Geo AES dari SNK. Layanan untuk Wii tersebut juga meliputi permainan-permainan dari wadah-wadah yang diketahui hanya tersedia di kawasan-kawasan terpilih, seperti Commodore 64 (Eropa dan Amerika Utara) dan MSX (Jepang),[3] serta Virtual Console Arcade, yang membolehkan para pemain untuk mengunduh permainan-permainan arkade video. Produk-produk Virtual Console telah diunduh sebanyak lebih dari sepuluh juta kali.[4] Distribusi permainan-permainan masa lalu melalui Virtual Console adalah salah satu upaya Nintendo untuk menghindari pembajakan perangkat lunak.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Orland, Kyle (2006-09-14). "Nintendo Japan Conference Not so Liveblogging". Joystiq. 
  2. ^ "Fils-Aime Talks American Launch and More". thewiire.com. 2006-09-14. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-11-21. 
  3. ^ "Nintendo Japan Virtual Console overview" (dalam bahasa Japanese). Nintendo. Diakses tanggal 2007-02-25. 
  4. ^ "Q&A: Nintendo's Satoru Iwata". GameSpot. 
  5. ^ "Nintendo Anti-Piracy". Ap.nintendo.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-01-11. Diakses tanggal 2014-03-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Nintendo - Situs web Nintendo of America resmi

Templat:Wii Templat:Wii U Templat:Nintendo 3DS Templat:Nintendo Network Templat:Nintendo Switch