Virtual Console

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Virtual Console
Wii Virtual console Logo.png
PengembangNintendo
TipeDistribusi perilisan ulang permainan video klasik
Tanggal diluncurkanWii
19 November 2006
Nintendo 3DS
6 Juni 2011
Wii U
23 Januari 2013 (peluncuran lunak)
26 April 2013 (peluncuran resmi)
LandasanWii
Nintendo 3DS
Wii U
Situs webWii
Situs web AS resmi
Situs web Inggris resmi
Situs web Jepang resmi
Nintendo 3DS
Situs web AS resmi
Situs web Inggris resmi
Situs web Jepang resmi
Wii U
Situs web AS resmi
Situs web Inggris resmi
Situs web Jepang resmi


Virtual Console (bahasa Jepang: バーチャルコンソール, Hepburn: Bācharu Konsōru), yang terkadang disingkat menjadi VC, adalah sebuah bagian terspesifikasi dari layanan maya Wii Shop Channel dan Nintendo eShop yang membolehkan para pemain untuk membeli dan mengunduh permainan-permainan untuk konsol-konsol permainan rumah Wii dan Wii U milik Nintendo dan konsol permainan portabel Nintendo 3DS.

Produk-produksi Virtual Console terdiri dari produk-produk yang aslinya dirilis pada konsol-konsol pegangan dan rumahan pada masa lalu. Produk-produk tersebut dijalankan dalam bentuk-bentuk asli mereka melalui emulasi perangkat lunak (kecuali produk-produk GBA pada 3DS), dan dapat dibeli dengan harga antara 500 dan 1200 Wii Points (Wii), US$2.99 dan US$6.99 (3DS) dan US$4.99 dan US$9.99 (Wii U) terganting pada sistem, raritas dan/atau tuntutan.[1][2] Perpustakaan Virtual Console dari permainan-permainan masa lalu saat ini terdiri dari produk-produk yang berasal dari Nintendo Entertainment System, Super NES, Game Boy, Game Boy Color, Nintendo 64, Game Boy Advance, Nintendo DS, dan Wii, serta Master System dan Genesis/Mega Drive dari Sega, TurboGrafx-16 dari NEC, dan Neo Geo AES dari SNK. Layanan untuk Wii tersebut juga meliputi permainan-permainan dari wadah-wadah yang diketahui hanya tersedia di kawasan-kawasan terpilih, seperti Commodore 64 (Eropa dan Amerika Utara) dan MSX (Jepang),[3] serta Virtual Console Arcade, yang membolehkan para pemain untuk mengunduh permainan-permainan arkade video. Produk-produk Virtual Console telah diunduh sebanyak lebih dari sepuluh juta kali.[4] Distribusi permainan-permainan masa lalu melalui Virtual Console adalah salah satu upaya Nintendo untuk menghindari pembajakan perangkat lunak.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Orland, Kyle (2006-09-14). "Nintendo Japan Conference Not so Liveblogging". Joystiq. 
  2. ^ "Fils-Aime Talks American Launch and More". thewiire.com. 2006-09-14. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-11-21. 
  3. ^ "Nintendo Japan Virtual Console overview" (dalam bahasa Japanese). Nintendo. Diakses tanggal 2007-02-25. 
  4. ^ "Q&A: Nintendo's Satoru Iwata". GameSpot. 
  5. ^ "Nintendo Anti-Piracy". Ap.nintendo.com. Diakses tanggal 2014-03-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Nintendo - Situs web Nintendo of America resmi

Templat:Wii Templat:Wii U Templat:Nintendo 3DS Templat:Nintendo Network Templat:Nintendo Switch