Poin pengalaman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Poin pengalaman (sering disingkat sebagai exp atau XP) adalah standar unit pengukuran yang digunakan di beberapa permainan bermain peran (RPG) dan permainan video bermain peran untuk mengukur pengalaman hidup dan perkembangan karakter pemain melalui permainan itu sendiri. Poin pengalaman umumnya diberikan untuk penyelesaian misi, mengatasi rintangan dan lawan, dan permainan peran yang sukses.[1]

Dalam banyak RPG, karakter biasanya akan dimulai dengan kekuatan yang lemah dan tidak terlatih. Ketika pengalaman yang cukup diperoleh, karakter akan "naik level" untuk mencapai tahap pengembangan karakter berikutnya. Peristiwa semacam itu biasanya meningkatkan statistik karakter, seperti kesehatan maksimum, sihir, dan kekuatan, dan memungkinkan karakter untuk memperoleh kemampuan baru atau meningkatkan kemampuan yang sudah ada. Naik level juga dapat memberi karakter akses ke area atau item yang lebih menantang.

Dalam beberapa permainan peran, terutama yang berasal dari Dungeons & Dragons, poin pengalaman digunakan untuk meningkatkan karakter dalam tingkat pengalaman terpisah; di permainan lain, seperti GURPS dan World of Darkness, poin pengalaman dihabiskan untuk kemampuan atau atribut tertentu yang dipilih oleh pemain.

Di sebagian besar permainan, saat kesulitan tantangan meningkat, pengalaman yang diberikan untuk mengatasinya juga meningkat. Saat pemain mendapatkan lebih banyak poin pengalaman, jumlah pengalaman yang dibutuhkan untuk mendapatkan kemampuan biasanya meningkat. Alternatifnya, beberapa permainan akan mempertahankan jumlah poin pengalaman per level konstan tetapi secara progresif menurunkan pengalaman yang diperoleh untuk tugas yang sama saat level karakter meningkat. Dengan demikian, saat karakter pemain menguat dari pengalaman, mereka didorong untuk menerima tugas baru yang sepadan dengan peningkatan kemampuan mereka untuk maju.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gygax, Gary (1987). Role-Playing Mastery. New York, NY. hlm. 147, 172, 174. ISBN 978-0-399-51293-3. OCLC 15251827. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-01-21. Diakses tanggal 2022-01-18.