Tim nasional sepak bola Vatikan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tim sepak bola nasional Vatikan adalah tim sepak bola yang bermain untuk negara Vatikan. Mereka adalah salah satu dari hanya delapan negara merdeka yang diakui sepenuhnya dimana tim nasionalnya bukan anggota FIFA. Negara-negara yang lain adalah Monako, Tuvalu, Kiribati, Mikronesia, Nauru, Kepulauan Marshall dan Palau.

Sekilas[sunting | sunting sumber]

Negara Vatikan hanya pernah bermain di satu pertandingan internasional, yakni melawan Monako pada tanggal 23 November 2002 di Italia, berakhir dengan kedudukan sama kuat 0-0.[1]

Pada tahun 2006 Vatikan bertanding melawan sebuah tim sepak bola asal Swiss, SV Vollmond, di sebuah lapangan kecil di luar Vatikan, tidak jauh dari perbatasannya. Vatikan menang 5-1.

Tim sepak bola Vatikan terdiri atas anggota-anggota Garda Swiss (pasukan militer sukarela yang diambil dari para pria warganegara Swiss), para anggota berbagai dewan kepausan dan satuan pengamanan museum (yang merupakan warganegara Italia). Semenjak hanya anggota Garda Swiss yang bisa memperoleh kewarganegaraan Vatikan dan mereka tidak boleh dikumpulkan dalam kelompok yang besar dalam waktu yang lama, tim nasional Vatikan hanya bisa bermain dalam beberapa pertandingan internasional yang seringkali menarik perhatian cukup banyak wartawan.

Pada tanggal 18 Desember 2006, Menteri Luar Negeri Vatikan, Kardinal Tarcisio Bertone, mengatakan bahwa ia "tidak menutup kemungkinan bahwa Vatikan, di masa depan, akan bisa membuat satu tim sepak bola yang hebat, yang mampu bermain dalam satu tingkat dengan Juventus, AS Roma, Inter Milan dan Sampdoria".[2] Sementara waktu ini Vatikan telah mengadakan turnamen Clericus Cup.

Tim Nasional[sunting | sunting sumber]

Penjaga Gawang:

Pemain Belakang:

Pemain Tengah:

Pemain Depan:

Tim-tim dalam Liga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]