Restorasi lukisan dinding Kapel Sistina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penciptaan Matahari, Bulan, dan Tumbuhan, lukisan dinding langit-langit oleh Michelangelo, pra-restorasi
Bagian langit-langit Kapel Sistina pasca restorasi yang mencakup lukisan dinding yang ditunjukkan di atas

Konservasi-restorasi lukisan dinding Kapel Sistina adalah salah satu upaya konservasi-restorasi paling signifikan pada abad ke-20.

Kapel Sistina dibangun oleh Paus Sistus IV di dalam Vatikan tepat di sebelah utara Basilika Santo Petrus dan selesai dibangun sekitar tahun 1481. Dindingnya dihiasi oleh sejumlah pelukis Renaisans yang merupakan salah satu seniman paling dihormati di Italia akhir abad ke-15, termasuk Ghirlandaio, Perugino, dan Botticelli. Kapel ini semakin ditingkatkan di bawah Paus Yulius II dengan lukisan langit-langit oleh Michelangelo antara tahun 1508 dan 1512 dan oleh lukisan Penghakiman Terakhir, yang ditugaskan oleh Paus Klemens VII dan selesai pada tahun 1541, lagi-lagi oleh Michelangelo.[1] permadani di tingkat paling bawah, yang saat ini paling dikenal dari Kartun Raphael (desain yang dilukis) tahun 1515–16, melengkapi ansambel tersebut.

Bersama-sama, lukisan-lukisan itu membentuk skema gambar terhebat di zaman Renaisans. Secara individual, beberapa lukisan Michelangelo di langit-langit adalah salah satu karya seni Barat paling terkenal yang pernah dibuat. Lukisan dinding Kapel Sistina dan khususnya langit-langit serta lunette yang menyertainya oleh Michelangelo telah mengalami sejumlah restorasi, yang paling baru terjadi antara tahun 1980 dan 1994. Pemugaran yang paling baru ini mempunyai pengaruh yang besar terhadap pecinta seni dan sejarawan, karena warna dan detail yang belum pernah terlihat selama berabad-abad terungkap. Akibatnya, ada yang menyatakan bahwa "Setiap buku tentang Michelangelo harus ditulis ulang".[2] Yang lain, seperti sejarawan seni James Beck dari ArtWatch International, sangat kritis terhadap restorasi, dengan mengatakan bahwa pemulih belum menyadari niat sebenarnya dari artis tersebut. Hal ini menjadi bahan perdebatan yang terus berlanjut.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Massimo Giacometti, editor, The Sistine Chapel, (1986) Harmony Books, ISBN 0-517-56274-X
  2. ^ Cendekiawan seni dari Universitas Victoria, John Osborne, dalam Queen's Quarterly, seperti dikutip dalam: "Kolom Robert Fulford tentang restorasi seni di Italia".