Tahanan dalam Vatikan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Seorang tahanan di Vatikan (bahasa Italia: Prigioniero nel Vaticano; bahasa Latin: Captivus Vaticani) atau tahanan Vatikan menggambarkan situasi Paus sehubungan dengan Italia selama periode dari penaklukan Roma oleh angkatan bersenjata Kerajaan Italia pada tanggal 20 September 1870 hingga Perjanjian Lateran tanggal 11 Februari 1929.[1] Sebagai bagian dari proses unifikasi Italia, perebutan kota tersebut mengakhiri berakhirnya pemerintahan sementara yang berusia milenium dari Paus Italia tengah dan mengizinkan Roma ditunjuk sebagai ibu kota negara baru. Meskipun Italia tidak menduduki wilayah Bukit Vatikan yang dibatasi oleh Tembok Leonine dan menawarkan pembentukan negara-kota di daerah tersebut, para paus dari Paus Pius IX hingga Paus Pius XI menolak usulan tersebut dan menggambarkan diri mereka sebagai tawanan negara Italia yang baru.

Awal[sunting | sunting sumber]

Ketika nasionalisme melanda Semenanjung Italia pada abad ke-19, upaya untuk menyatukan Italia sebagian dihalangi oleh Negara Kepausan, yang membentang di tengah-tengah semenanjung dan mencakup ibu kota kuno Roma. Negara Kepausan mampu menangkis upaya untuk menaklukkan mereka sebagian besar melalui pengaruh Paus terhadap para pemimpin negara-negara Eropa yang lebih kuat seperti Prancis dan Austria. Ketika pasukan Italia memasuki Roma, pemerintah Italia dilaporkan bermaksud membiarkan paus mempertahankan bagian Roma di bukit Vatikan di sebelah barat Tiber, yang disebut Kota Leonine karena temboknya dibangun oleh Paus Leo IV, sebuah Negara Kepausan kecil yang tersisa, namun Pius IX menolak.[2] Satu minggu setelah memasuki Roma, pasukan Italia telah menguasai seluruh kota kecuali wilayah Bukit Vatikan;[3] penduduk Roma kemudian memilih untuk bergabung dengan Italia (mereka yang tinggal di Vatikan diizinkan untuk memilih di luar tembok Leonine).[4][5]

Selama 59 tahun berikutnya, para paus menolak meninggalkan Vatikan untuk menghindari kesan menerima otoritas yang dipegang oleh pemerintah Italia atas Roma secara keseluruhan. Selama periode ini, para paus juga menolak untuk hadir di Lapangan Santo Petrus atau di balkon St. Basilika Petrus menghadapnya. Para Paus memberikan pemberkatan Urbi et Orbi dari balkon yang menghadap ke halaman, atau dari dalam basilika, dan penobatan kepausan diadakan di Kapel Sistina.

Hukum Jaminan[sunting | sunting sumber]

Kerajaan Italia pada tahun 1870, menunjukkan Negara Kepausan, sebelum Penangkapan Roma.

Hukum Jaminan Italia tanggal 13 Mei 1871, yang disahkan delapan bulan setelah penaklukan Roma, merupakan upaya untuk menyelesaikan masalah dengan menjadikan paus sebagai subjek Kerajaan Italia, bukan kedaulatan yang independen, sambil menjamin dia kepastian kehormatan yang serupa dengan yang diberikan kepada raja dan hak untuk mengirim dan menerima duta besar.

Para Paus—Pius IX (meninggal tahun 1878) dan penerusnya Leo XIII (memerintah tahun 1878–1903), St Pius X (1903–14), Benediktus XV (1914–22) dan (dari tahun 1922 hingga masalah ini diselesaikan pada tahun 1929) Pius XI—menolak untuk menerima keputusan sepihak ini, yang menurut mereka, dapat dibatalkan dengan cara apa pun. kekuasaan yang sama yang memberikannya, dan tidak menjamin bahwa keputusan-keputusan mereka terlihat jelas bebas dari campur tangan kekuatan politik. Mereka menyatakan bahwa kedaulatan total diperlukan agar pemerintahan sipil tidak pernah berupaya mencampuri urusan pemerintahan Gereja Roma secara universal. Oleh karena itu, bahkan setelah Undang-undang Jaminan, Paus Pius IX dan para penerusnya hingga dan termasuk Pius XI memutuskan untuk tidak meninggalkan Istana Vatikan, agar tidak tunduk pada kekuasaan Negara Italia. Akibat krisis tersebut, Paus Pius IX mengekskomunikasi Raja Italia Victor Emmanuel II.

Khususnya di wilayah pedesaan Italia yang mayoritas penduduknya beragama Katolik Roma, terjadi ketegangan besar antara Gereja dan Negara. Kerajaan Italia yang baru bersatu tidak mengakui keabsahan pernikahan Gereja, sementara Gereja menyatakan bahwa Kerajaan tersebut tidak sah dan pernikahan Gereja sudah cukup di hadapan Tuhan.

Permasalahan Roma[sunting | sunting sumber]

Setelah jatuhnya Roma, sebagian besar negara terus mengakreditasi perwakilan diplomatik ke Tahta Suci, melihatnya sebagai entitas hukum internasional publik yang mereka inginkan untuk menjalin hubungan seperti itu, sementara mereka menarik konsul mereka, yang pekerjaannya malah dihubungkan dengan kekuasaan sementara kepausan, yang kini telah berakhir. Namun, tidak ada hubungan diplomatik antara Tahta Suci dan negara Italia.

Menurut Jasper Ridley,[6] pada Kongres Perdamaian di Jenewa tahun 1867, Giuseppe Garibaldi mengacu pada "institusi wabah penyakit yang disebut Kepausan" dan mengusulkan untuk memberikan "pukulan terakhir terhadap monster itu". Hal ini mencerminkan kepahitan yang ditimbulkan oleh perjuangan melawan Paus Pius IX pada tahun 1849 dan 1860, dan sangat kontras dengan surat yang ditulis Garibaldi kepada Paus dari Montevideo pada tahun 1847, sebelum tahun-tahun tersebut. acara.

Kebuntuan ini berakhir pada tanggal 11 Februari 1929, ketika Pakta Lateran menciptakan negara mikro baru, yaitu Kota Vatikan, dan membuka jalan bagi hubungan diplomatik antara Italia dan Tahta Suci. Tahta Suci pada gilirannya mengakui Kerajaan Italia, dengan Roma sebagai ibu kotanya, sehingga mengakhiri situasi di mana para paus merasa dibatasi untuk tetap berada di dalam Vatikan. Selanjutnya, para paus kembali mengunjungi katedral mereka, Basilika Agung Santo Yohanes Lateran, yang terletak di seberang kota Roma, dan melakukan perjalanan secara teratur ke kediaman musim panas mereka di Castel Gandolfo, 30 kilometer (19 mi) dari Roma.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ David I. Kertzer, Tahanan Vatikan (Houghton Mifflin Harcourt 2006 ISBN 978-0- 54734716-5
  2. ^ Kertzer, hal. 45.
  3. ^ L'Italia senza Roma. Manovre diplomathe e strategie militari (1865-1870). ISBN 978-88-548-8300-0. 
  4. ^ Kertzer, hal. 63.
  5. ^ Raffaele Cadorna, La liberazione di Roma nell'anno 1870, Torino, 3ª ed. 1898
  6. ^ Garibaldi, Viking Press, New York (1976) hal. 576–77