Paspor Vatikan dan Takhta Suci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paspor Vatikan dan Takhta Suci
Paspor Vatikan dengan lambang Yang Mulia Bapa Suci Paus Paulus VI
Penerbit Takhta Suci
 Vatikan
Jenis dokumenPaspor
TujuanIdentifikasi
Syarat kepemilikan Takhta Suci
 Vatikan

Paspor Vatikan adalah paspor yang dikeluarkan oleh Takhta Suci atau oleh Negara Kota Vatikan. Negara Vatikan menerbitkan paspor biasa untuk warga negaranya; Takhta Suci (lihat Status hukum Takhta Suci) menerbitkan paspor pribadi, diplomatik dan paspor dinas.

Dari sekitar 800 penduduk Kota Vatikan, lebih dari 450 memiliki kewarganegaraan Vatikan. Ini termasuk sekitar 135 Garda Swiss. Jumlah warga negara yang tinggal di berbagai negara hampir sama, terutama di layanan diplomatik Tahta Suci.[1]

Undang-undang Negara Kota Vatikan mengenai kewarganegaraan, tempat tinggal dan akses, yang diundangkan pada tanggal 22 Februari 2011, mengklasifikasikan warga negara dalam tiga kategori:

  1. Kardinal yang tinggal di Kota Vatikan atau di Roma;
  2. Diplomat Takhta Suci;
  3. Orang yang tinggal di Kota Vatikan karena kantor atau layanannya.[2]

Hanya untuk kategori ketiga diperlukan pemberian kewarganegaraan yang sebenarnya.[3]

Paspor diplomatik Takhta Suci, bukan paspor Negara Vatikan, dipegang oleh mereka yang bertugas di dinas diplomatik Takhta Suci.

Paspor dinas Takhta Suci dapat diterbitkan kepada orang-orang yang bertugas di Takhta Suci meskipun bukan warga negara Kota Vatikan.

Paspor Kota Vatikan dikeluarkan untuk warga negara yang tidak mengabdi pada Takhta Suci.

Paspor yang dikeluarkan oleh Kota Vatikan dalam bahasa Italia, Prancis, dan Inggris,[4] yang dikeluarkan oleh Takhta Suci dalam bahasa Latin, Prancis, dan Inggris.[5]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Negara Bagian Kota Vatikan, Populasi".  Parameter |archive-url= mengalami cacat: path (bantuan)
  2. ^ wp-content/uploads/2015/09/Leggesullacittadinanzalaresidenzaelaccesso.pdf "Legge sulla cittadinanza, la residenza dan l'accesso, seni. 1" Periksa nilai |archive-url= (bantuan) (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 12-12-2021. 
  3. ^ wp-content/uploads/2015/09/Leggesullacittadinanzalaresidenzaelaccesso.pdf "Legge sulla cittadinanza, la residenza dan l'accesso, seni. 2" Periksa nilai |archive-url= (bantuan) (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 14-12-2021. 
  4. ^ "Dokumen: VAT-AO-01003". Dewan Eropa - Daftar Umum Dokumen Perjalanan dan Identitas Asli Online (PRADO). Diarsipkan dari versi asli tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan). 
  5. ^ 286975.html "Dokumen: VAT-AD-01004" Periksa nilai |url= (bantuan). Dewan Eropa - Daftar Umum Dokumen Perjalanan dan Identitas Asli Secara Online (PRADO).