Galeri Peta Vatikan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Galeri Peta Vatikan
bahasa Italia: Galleria delle carte geografiche
Langit-langit galeri
Peta
Didirikan1580; 443 tahun lalu (1580)
Lokasi Vatikan
PendiriPaus Gregorius XIII
PemilikTakhta Suci
Situs webmuseivaticani.va

Galeri Peta[1] (Italia: Galleria delle carte geografiche) adalah sebuah galeri yang terletak di sisi barat Halaman Belvedere di Vatikan yang berisi serangkaian lukisan peta topografi Italia berdasarkan gambar oleh biarawan Katolik dan ahli geografi Ignazio Danti.[1]

Galeri ini ditugaskan pada tahun 1580 oleh Paus Gregorius XIII sebagai bagian dari karya seni lainnya yang ditugaskan oleh Paus untuk menghiasi Vatikan. Danti memerlukan waktu tiga tahun (1580–1583) untuk menyelesaikan 40 panel galeri sepanjang 120 m itu.

Desain[sunting | sunting sumber]

Panel tersebut memetakan keseluruhan semenanjung Italia dalam fresko berskala besar, masing-masing menggambarkan suatu wilayah serta pemandangan perspektif kota yang paling menonjol. Peta-peta ini dikatakan akurat sekitar 80%.

Dengan Apennines sebagai partisi, satu sisi menggambarkan wilayah yang dikelilingi oleh Liguria dan Laut Tyrrhenian dan sisi lainnya menggambarkan wilayah yang dikelilingi oleh Laut Adriatik .

Setelah rangkaian peta regional, ada dua peta geografis umum:

  • Italia Kuno (dengan tulisan “Commendatur Italia locorum salubritate, coeli temperie, soli ubertate”)
  • Italia modern (dengan tulisan “Italia artium studiorumque plena semper esthabita”).

Di awal dan di akhir galeri:

Dekorasi lainnya[sunting | sunting sumber]

Dekorasi di langit-langit berkubah adalah karya sekelompok seniman Manneris termasuk Cesare Nebbia dan Girolamo Muziano.

Galeri ini pernah memajang apa yang disebut Layar Azuchi, yang dihadiahkan oleh shogun Jepang Oda Nobunaga kepada Paus Gregorius XIII pada tahun 1585.[2]

Gallery[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Galeri Peta". 
  2. ^ McKelway, Matthew. "Layar Azuchi dan Gambar Kastil". Layar Lipat dan Imajinasi Politik di Kyoto Akhir Abad Pertengahan. University of Hawaii Press. hlm. 296. ISBN 978-0824861773.