Santo Stefano degli Ungheresi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gereja Santo Stefanus bagi Orang Hungaria (juga San Stefanino dan Santo Stefano degli Unni) adalah sebuah bekas gereja nasional Katolik bagi orang Hongaria yang terletak di Vatikan. Terletak di sebelah Vatikan, gereja tua ini dirobohkan pada tahun 1778,[1] untuk memberi ruang bagi perluasan Basilika Santo Petrus.

Gereja di Kota Vatikan pada tahun 1748
Basilika Santo Petrus
San Pellegrino in Vaticano
Santa Anna
Santo Stefano degli Abissini
Santa Maria della Pietà
Santo Martinus
San Salvatore in Ossibus
Gereja yang dihancurkan
Santo Stefano degli Ungheresi
Santa Marta

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Gereja Santo Stefano didirikan oleh Charlemagne pada abad ke-9. Itu adalah bangunan basilika dengan tiga bagian tengah. Delapan kolom granit yang menopang atap adalah spolia Romawi. Gereja ini diberikan kepada Raja Stephen I pada tahun 1000 oleh Paus Silvester II. Raja Kristen pertama dari Magyar menerima mahkotanya dari Paus pada tahun itu.

Stephen memulihkan dan memperbesar bangunan lama. Ia mendirikan rumah kapitel untuk dua belas kanon dan asrama peziarah untuk pelancong Hongaria (pendahulu Casa di Santo Stefano masa kini). "Lembaga Hongaria", demikian sebutannya, memainkan peranan penting dalam memelihara hubungan diplomatik yang intensif antara Hongaria abad pertengahan dan Tahta Suci. Mereka juga merupakan tempat pembelajaran bagi para ulama dan intelektual Hongaria yang tinggal di Roma.

Di sekitar rumah cabang dan asrama peziarah terdapat bangunan pertanian seperti lumbung, gudang, dan pabrik. Seluruh kompleks dikelilingi oleh tembok.

"Lembaga Hongaria" ditopang oleh pendapatan dari perkebunan besar di sekitar Roma. Perkebunan ini, yang diberikan kepada István I oleh Paus, tetap menjadi milik Kerajaan Hongaria selama ratusan tahun. Yang terakhir di Celsano baru hilang setelah Perang Dunia II.

Raja Stephen I dikanonisasi pada tahun 1083, dan gereja didedikasikan kepadanya dengan nama "Santo Stefano dei Ungheresi". Itu dipulihkan oleh Sigismund dari Luxemburg, Raja Hongaria, pada abad ke-15. Kemudian, biara tersebut dipercayakan kepada Para Bapa Paulus, satu-satunya ordo monastik yang didirikan oleh orang Hongaria.

Pada abad ke-16, Basilika Santo Petrus dibangun kembali dengan gaya Renaisans dan diperluas secara signifikan. Gedung cabang Hongaria dan bangunan pertanian dirobohkan untuk dijadikan basilika baru.

Pembongkaran[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1778, Paus Pius VI membangun sakristi baru untuk Santo Petrus dan mengambil alih gereja lama Santo Stefano. Paus memberikan 7500 scudi untuk Collegium Germanicum et Hungaricum sebagai kompensasi atas kerugian tersebut. Bangsa Hongaria kehilangan gereja nasional mereka di Roma, namun secara tidak resmi Santo Stefano Rotondo di Bukit Caelian - yang gelarnya bukan Raja Santo Stefanus - mengambil alih peran ini. Pius VI membangun kapel baru untuk Santo Stefanus dari Hongaria di sana.[1] Tujuh kolom asli gereja Romawi dilestarikan di sakristi baru Santo Petrus.

Altar pemakaman Titus Flavius Athenaeus ditemukan di Santo Stefano degli Ungheresi dan dipindahkan ke Perguruan Tinggi Jerman-Hongaria; sekarang ada di Uffizi.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Hülsen, Christian (1927), Le chiese di Roma nel Medio Evo (dalam bahasa Italian), Firenze, hlm. 477–478, diakses tanggal 29 April 2011 
  • Jordan, Henri; Hülsen, Christian (1907), "Die Insel. Die Stadttheile am Rechten Tiberufer", Topographie der stadt Rom im alterthum (dalam bahasa German), Berlin: Weidmannsche Buchhandlung, hlm. 622–669, diakses tanggal 6 May 2011 
  • Rendina, Claudio (2007), Le chiese di Roma : storie, leggende e curiosità degli edifici sacri della Città Eterna, dai templi pagani alle grandi basiliche, dai conventi ai monasteri ai luoghi di culto in periferia (dalam bahasa Italian), Roma: Newton Compton, ISBN 978-88-541-0931-5 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]