Makam Kepausan di Basilika Santo Petrus Lama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Di Basilika Santo Petrus Lama, makam kepausan adalah tempat peristirahatan terakhir Paus, yang sebagian besar berasal dari abad ke-5 hingga ke-16. Mayoritas makam ini dihancurkan selama pembongkaran basilika pada abad ke-16 hingga ke-17, kecuali satu makam yang dihancurkan selama Penjarahan Basilika Santo Petrus oleh Muslim Saracen pada tahun 846 M. Sisanya sebagian dipindahkan ke Basilika Santo Petrus, yang berdiri di lokasi basilika aslinya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Seiring dengan terjemahan berulang-ulang dari katakomba Roma kuno dan dua kebakaran abad keempat belas di Basilika Agung Santo Yohanes Lateran, pembangunan kembali Basilika Santo Petrus bertanggung jawab atas kehancuran sekitar setengah dari seluruh makam kepausan. Akibatnya, Donato Bramante, kepala arsitek Basilika Santo Petrus modern, dikenang sebagai "Mastro Ruinante" ("penghancur ulung").

Meskipun pembangunan basilika asli dimulai pada masa pemerintahan kaisar Konstantin I dan selesai pada abad keempat, Paus Leo I (440–461) adalah Paus pertama yang dimakamkan di basilika Konstantianus.[1] Selama berabad-abad, atrium, kapel, dan bagian tengah basilika dipenuhi dengan makam kepausan, yang ditempatkan di antara bagian-bagian gereja yang berbeda saat pembangunan dilakukan di setiap bagian basilika. Yang tersisa dari makam aslinya hanyalah beberapa sarkofagus dan pecahan pahatan.[2] Diduga, Paus Yulius II, paus yang memprakarsai penghancuran basilika Konstantinus, ingin mengosongkan ruang untuk makamnya yang "mengerikan" oleh Michelangelo.[3]

Sangat sedikit yang diketahui tentang penempatan dan tampilan makam aslinya: salah satu catatan paling berharga adalah catatan kanon gereja dan sejarawan Giacomo Grimaldi (seorang senator Genoa dan ayah dari Girolamo Grimaldi-Cavalleroni), yang membuat sketsa makam saat dipindahkan di sekitar basilika menuju kehancuran;[4] Sketsa Grimaldi mencatat bentuk dan kompleksitas makam awal, banyak di antaranya bertingkat tiga.[2] Beberapa makam kepausan yang hancur juga dirinci dalam tulisan Alphonsus Ciacconius.[5]

Tidak semua Paus dimakamkan di Roma. Lihat daftar makam kepausan yang sudah tidak ada

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Reardon, 2004, hal. 40.
  2. ^ a b Reardon, 2004, hal. 272.
  3. ^ Reardon, 2004, hal. 274.
  4. ^ Grimaldi, Giacomo. Ed. R.Niggl. 1972. Deskripsi della Basilica Antica di S. Pietro di Vaticano: Codice Barberini Latino 2733. Kota Vatikan.
  5. ^ Reardon, 2004, hal. 12.