Katakomba Roma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah prosesi di Katakomba Callixtus; painting by Alberto Pisa
Sebuah fresko Ekaristi, Katakomba Callixtus

Katakomba Roma (bahasa Italia: Catacombe di Roma) adalah katakomba kuno, tempat pemakaman bawah tanah di bawah Roma, Italia, yang berjumlah sekitar empat puluh, beberapa baru ditemukan pada dekade-dekade terkini. Meskipun dikenal untuk pemakaman Kristen, baik dalam katakomba terpisah maupun bercampur, orang-orang dari seluruh agama Romawi dimakamkan disana, bermula pada abad ke-2 Masehi[1]

Katakomba Kristen sangat berpengaruh pada sejarah seni rupa gereja perdana, karena berisi sebagian besar contohnya sebelum sekitar 400 Masehi, dalam bentuk fresko dan pahatan, serta medali-medali kaca emas (benda-benda tersebut, seperti sebagian besar jenazah, telah diambil). Katakomba Yahudi memiliki pengaruh yang sama untuk pembelajaran budaya Yahudi pada periode tersebut.

Kadangkala katakomba disalahartikan sebagai tempat pertemuan rahasia para pengikut Kristus dalam masa pengejaran dan penganiayaan agama Kristen oleh Kekaisaran Romawi. Pandangan itu tidak benar dengan argumen bahwa katakomba jelas tidak aman untuk bertemu dan berkumpul secara rahasia mengingat tempatnya yang diketahui khalayak umum. Bila perkumpulan diadakan di katakomba, tentu saja dengan mudah pasukan Romawi akan mengetahuinya dan menangkap jemaat Kristen awal.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Toynbee: 39–40.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]