Sumbangan Pepin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sumbangan Pepin (Promissio Carisiaca) - juga dikenal sebagai Donatio Carisiaca, Donasi Pepin, Pakta Quierzy atau Donasi Quierzy - adalah sebuah akta yang ditandatangani oleh raja Franka Pepin si Pendek pada tahun 754. Dokumen tersebut berisi janji donasi kepada Tahta Apostolik dari serangkaian wilayah yang dulunya milik Kekaisaran Bizantium yang kemudian dikuasai oleh bangsa Lombardia. Kata sifat carisiaca berasal dari nama Latin Carisium. Peristiwa ini menandai dimulainya perlindungan kerajaan Franka atas Takhta Apostolik.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 751 bangsa Lombardia merebut Ravenna. Eksarkat Italia, yang juga mencakup Kadipaten Roma, berada di bawah kekuasaan Jermanik. Raja Lombardia Aistulf (Astolfo) tidak menyerang Roma secara langsung, tetapi tetap tinggal di ibu kotanya, Pavia.

Dua tahun kemudian, kaisar Bizantium Konstantinus Vmemutuskan untuk meminta Aistulf mengembalikan wilayah yang dicaplok. Sejak exarch terakhir Eutychius gugur dalam pertempuran, satu-satunya orang yang mampu menjalankan misi adalah Paus Roma. Paus Stefanus II (752-757) menduduki Tahkta Santo Petrus. Paus didampingi oleh seorang silentiarius[1] istana kekaisaran, Yohanes, yang secara khusus datang dari Konstantinopel untuk tujuan tersebut. Pada Oktober 753 keduanya meninggalkan Roma dan pergi ke Astolfo di Pavia. Kaisar secara resmi meminta paus untuk bernegosiasi dengan raja Lombardia tentang pengembalian kota-kota yang diduduki. Sedangkan Yohanes menyampaikan satu atau beberapa surat dari Konstantinus V kepada Astulf. Misi ini tidak berhasil. Setelah menyelesaikan tugasnya, silentiarius Yohanes kembali ke Roma.

Perjalanan Paus Stefanus II kepada kaum Franka[sunting | sunting sumber]

Paus Stefanus II, sebaliknya, melanjutkan perjalanannya dan pergi ke Francia, ke istana Raja Pepin si Pendek. Dia tiba pada 6 Januari 754 di Ponthion (90 km selatan Reims), salah satu tempat tinggal Pepin. Paus menjelaskan kepada raja Franka bahwa, dengan berakhirnya pengaruh Bizantium di Italia, kota Roma akan berada dalam bahaya besar. Oleh karena itu, demi kepentingan Santo Petrus sang Rasul, raja kaum Frank seharusnya campur tangan. Oleh karena itu, demi kepentingan Santo Petrus Rasul, raja Franka harus turun tangan. Oleh karena itu, ini bukan masalah mempertahankan sebuah kota, meskipun kota penting seperti Roma, tetapi Sancta Dei ecclesia reipublicæ Romanorum, yaitu "kebaikan bersama" yang didirikan oleh Gereja Kudus Allah. Dengan rumusan baru ini, paus bermaksud untuk menghindari tidak adanya mandat langsung dari kaisar untuk berurusan dengan raja Franka [2].

Kesepakatan tersebut sebenarnya adalah untuk menyerahkan tanah yang telah dipulihkan bukan kepada kaisar, tetapi kepada Rasul Petrus. Pepin akan memberikan wilayah-wilayah tersebut kepada Santo Petrus Rasul dan, oleh karenanya, kepada paus yang berkuasa dan para penggantinya untuk selama-lamanya[3]. Sumbangan yang dijanjikan itu mencakup Ravenna dan semua kota lain di Eksarkat dan Pentapolis yang diambil Raja Astolfo sejak naik takhta pada Juli 749. Akta tersebut juga merupakan jaminan, untuk tujuan menjaga bekas kadipaten Roma, yang disediakan oleh kaum Franka[4].

Pepin memanggil para bangsawan Franka. Beberapa bulan kemudian, pada tanggal 14 April, di vila kerajaan Carisium (Quierzy, 90 km sebelah utara Reims), dewan bangsawan meratifikasi Promissio tersebut. Isi perjanjian tersebut adalah sebagai berikut[5]:

• Pepin berkomitmen untuk menghalau bangsa Lombardia dengan senjata dan memaksa raja mereka untuk mengembalikan tanah-tanah yang telah menjadi milik Eksarkat Ravenna (termasuk Pentapolis) dan Kadipaten Romawi;

• Sebagai balasannya, Paus Stephen II dengan dengan khidmat menyucikan dinasti Karoling, yang secara efektif menghapus rasa malu atas perebutan tahta terhadap dinasti Merovingian yang sah, dan juga memberi Pepin gelar bergensi Patricius Romanorum (pelindung Roma dan Kekristenan, yang sampai saat itu diperuntukkan bagi eksark Bizantium). Peristiwa ini sebenarnya terjadi pada tanggal 28 Juli 754: pada hari itu, di biara Santo Denis, Paus Stefanus menganugerahkan pengurapan kerajaan kepada Pepin dan kedua putranya, seraya mengulangi dan menegaskan dengan otoritas kepausan konsekrasi yang tiga tahun sebelumnya telah diberikan kepada Pepin oleh Uskup Agung Bonifasius[6].

Pelaksanaan Perjanjian[sunting | sunting sumber]

Pepin gagal melaksanakan promissio Prasyarat pelaksanaan promissio adalah penghancuran kerajaan Lombard dengan manu militari (kekuatan militer). Selanjutnya raja kaum Franka akan melaksanakan Promissio. Menurut pakta tersebut, kaum Franka akan mencaplok Langobardia Maior, sedangkan bekas wilayah Bizantium Italia akan jatuh ke Tahta Suci. Garis batas antara dua wilayah kekuasaan dimulai dari pantai Laut Tyrrhenian di Luni dan mencapai Monselice, yang berbatasan dengan wilayah Bizantium Venetikà (Venesia).

Pada tahun 755 Pepin mengalahkan Astolfo dengan menguasai benteng-benteng (benteng perbatasan) Lembah Susa/Val di Susa. Raja Lombardia menjanjikan pengembalian Ravenna cum diversis civitatibus[7] (Perdamaian Pertama Pavia, Juni 755), tetapi tidak menepati pakta tersebut[8]. Pada musim semi tahun 756, Pepin kembali turun ke Italia namun, bertolak belakang dengan rencananya, ia tidak berhasil mengalahkan kerajaan Lombardia. Sebuah perdamaian ditandatangani di Pavia (Perdamaian Kedua Pavia, Juni 756). Astolfo menyerah dan harus menerima syarat-syarat yang berat: menyerahkan sepertiga dari harta kekayaan kerajaan Lombardia, pembayaran upeti tahunan kepada Pepin dan penyerahan kota Ravenna dan kota-kota lain yang sebelumnya ditaklukkan. Namun, kerajaan Lombard mempertahankan kemerdekaannya selama dua puluh tahun lagi dengan tiga raja lainnya. Oleh karena itu, kemenangan Frank tidak memungkinkan Pepin untuk melaksanakan promissio secara penuh. Pepin tidak pernah kembali ke Italia dan meninggal pada tahun 768 tanpa pernah menginjakkan kaki di Roma[9].

Karolus Agung mewujudkan promissio

Pada tanggal 5 Juni 774, Karolus Agung (Charlemagne), putra dan penerus Pepin, merebut Pavia, yang menandai berakhirnya kerajaan Lombardia. Karena promissio pendahulunya belum dilaksanakan, dia pergi ke Roma untuk membuat janji sumbangan (donasi) kedua, yang menegaskan janji sebelumnya.

Penulis biografi Paus Adrianus I (772-795) menyusun ringkasan dokumen tersebut.Dokumen ini berisi daftar wilayah yang akan menjadi milik Keuskupan Roma setelah kekalahan terakhir bangsa Lombardia. Berdasarkan perjanjian yang dibuat antara Paus Stefanus II dan Raja Pepin, batas wilayah kekuasaan masing-masing adalah jalur Luni - Monselice. Oleh karena itu, semua kota di dataran Cispadane dari Parma hingga Rimini dengan penambahan Mantua menjadi milik Patrimonium Sancti Petri. Di selatan, garis perbatasan diwakili oleh punggungan pegunungan Apennines tengah dan selatan, termasuk kadipaten Spoleto dan Benevento.

Penyerahan sumbangan tersebut diselesaikan oleh Karolus Agung sesuai dengan prosedur khas Romawi-Jermanik: pada tanggal 6 April 774, para tergugat berkumpul di depan makam rasul Petrus. Di sini akta tersebut dibacakan; setelah pembacaan, raja Franka meletakkan dokumen tersebut di atas makam dan, di atasnya, meletakkan kunci-kunci kota (claves portarum civitatum). Isyarat itu menandakan keberhasilan pengalihan kepemilikan wilayah yang baru saja disebutkan kepada Takhta Santo Petrus[10]. Pada tanggal 7 Juli berikutnya, Raja Franka memasuki Pavia dan pada tanggal 16 Juli ia menyandang tiga gelar Rex Francorum et Langobardorum atque Patricius Romanorum.

Kesimpulan[sunting | sunting sumber]

Wilayah-wilayah yang dituntut pengembaliannya oleh Takhta Suci terdiri dari tiga tipe berbeda[11]:

• Wilayah yang direbut dari Bizantium oleh Raja Astolfo (yang berkuasa pada tahun 749);

• Wilayah Bizantium pada tahun 680, ketika perdamaian disepakati antara Lombardia dan kekaisaran;

• Wilayah yang ditaklukkan oleh Lombardia pada tahun-tahun pertama setelah invasi Italia.

Keseluruhannya sangat bervariasi, terbentang dari Corsica hingga Istria, dari Mantua hingga Kadipaten Tuscia.

Paus Adrian I, dengan kesadaran akan kenyataan yang mendalam, hanya menduduki wilayah-wilayah yang berbatasan dengan Latium (Lazio). Dengan demikian ia memperoleh dari Karolus Agung sebagian wilayah Sabina (781); serangkaian kota dari Soana ke Populonia di utara dan, di selatan, Sora, Arpino, Arce, dan Aquino (787).

Rangkaian wilayah yang diinginkan oleh Takhta Apostolik di bawah kepemimpinan Stefanus II sangat mirip dengan Italia pinggiran kota dalam catatan Romawi. Namun, apa yang sebenarnya diperolehnya, tampaknya menyerupai distrik yudisial Praefectus Urbis, yang membentang di Lazio sejauh seratus mil Roma di utara dan selatan Urbe, yaitu dari Talamone, dekat Monte Argentario, hingga Minturno, di sungai Liri[12].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Silentiarius (bahasa Yunani Kuno: σιλεντιάριος, silentiarios) adalah gelar bagi kelas pejabat istana di Kekaisaran Bizantium, yang bertanggung jawab menjaga ketertiban dan keheningan di Istana Agung Konstantinopel (Latin: Sacrum Palatium, bahasa Yunani: Ιερόν Παλάτιον). Meskipun pada awalnya Silentiarius memang berperan aktif, menjelang pertengahan periode Bizantium (Abad ke-8 hingga ke-11), gelar ini diubah menjadi hanya gelar kehormatan.
  2. ^ Girolamo Arnaldi, Le origini dello Stato della Chiesa, Torino, UTET Libreria, 1987, hlm. 126.
  3. ^ G. Arnaldi, hlm. 119-120.
  4. ^ G. Arnaldi, hlm. 130.
  5. ^ A. Cortonesi, Il Medioevo: profilo di un millennio, Roma: Carocci Editore 2008, hlm. 70-73
  6. ^ Stefano II, dalam Enciclopedia dei Papi, Roma, Istituto dell’Enciclopedia Italiana, 2000.
  7. ^ Daftar tersebut meliputi: Comacchio, Forlì, Forlimpopoli, Cesena, Rimini, Pesaro, Fano, Senigallia, Jesi, San Leo, San Marino, Arcevia, Mons Lucati, Serra, Vobio, Urbino, Cagli, Lucioli, Gubbio, dan juga Narni, yang direbut oleh Astolfo antara tahun 717 dan 718.
  8. ^ E. Ewig, L’appello romano ai Franchi e l’origine dello Stato Pontificio, dalam H. Jedin (editor), Storia della Chiesa, IV, hlm. 32.
  9. ^ Henri Pirenne, Maometto e Carlomagno [1937], Laterza, Roma-Bari 1984, hlm. 217.
  10. ^ G. Arnaldi, hlm. 120.
  11. ^ G. Arnaldi, hlm. 130.
  12. ^ G. Arnaldi, hlm. 139.
  • Girolamo Arnaldi, Le origini dello Stato della Chiesa, Torino, UTET Libreria, 1987, ISBN 88-7750-141-3.