Hubungan Italia dengan Takhta Suci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hubungan Takhta Suci–Italia adalah hubungan istimewa antara Takhta Suci, yang berdaulat atas Kota Vatikan, dan Republik Italia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Hubungan dengan Kerajaan Italia sulit pada masa kepausan Pius IX dan Leo XIII, yang harus menanggung status tahanan Vatikan setelah penaklukan Roma ,[1] menolak untuk mengakui Hukum Jaminan.[2] Leo XIII melarang umat Kristiani berpartisipasi dalam pemilu dan menuduh negara Italia melakukan hal tersebut. dikendalikan oleh freemason.

Hanya pada masa Pius XI, Perjanjian Lateran ditandatangani, yang membentuk Negara Kota Vatikan, yang memungkinkan otonomi kepausan yang lebih besar.[3]

Republik Italia sekuler baru yang didirikan pada tahun 1946 mengakui kebebasan beragama. Namun, di bawah Pius XII dan Paulus VI, Demokrat Kristen berkembang pesat dan memiliki pengaruh besar dalam politik Italia, untuk menghentikan Partai Komunis Italia dari meraih kekuasaan.[4]

Kedutaan Diplomatik ke Vatikan di Italia[sunting | sunting sumber]

Karena luasnya Negara Bagian Kota Vatikan, kedutaan besar yang terakreditasi Tahta Suci berpusat di Italia. Pejabat kedutaan negara lain juga tinggal di Italia. Perjanjian yang ditandatangani antara Italia dan Negara Kota Vatikan mengizinkan kedutaan semacam itu. Kedutaan Besar Italia untuk Takhta Suci memiliki keunikan di antara kedutaan asing karena merupakan satu-satunya kedutaan yang berbasis di wilayah asalnya.

Takhta Suci memelihara hubungan diplomatik formal dengan 176 negara berdaulat, Uni Eropa, dan Ordo Malta; 69 misi diplomatik yang diakreditasi oleh Takhta Suci berlokasi di Roma, meskipun negara-negara tersebut kemudian memiliki dua kedutaan besar di kota yang sama, karena, berdasarkan perjanjian antara Takhta Suci dan Italia, orang yang sama tidak dapat diakreditasi secara bersamaan untuk keduanya.

Hal ini terlihat jelas dengan pengakuan Italia terhadap Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Kedutaan Besar RRT untuk Italia berada di Roma. Namun, Negara Kota Vatikan mengakui Republik Tiongkok (ROC, yang menguasai Taiwan) dan dengan demikian, Kedutaan Besar ROC untuk Tahta Suci juga di Roma.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Updike, Robin (2005-01-09). ""Tahanan Vatikan": Pendirian terakhir Paus dan lahirnya Italia baru". seattletimes.com. The Seattle Times. Diakses tanggal 2021-11-06. 
  2. ^ "Law of Guarantees". newadvent.org. Diakses tanggal 2021-11-06. 
  3. ^ "Perjanjian Lateran". Vatican.com. 2018-05-17. Diakses tanggal 2021-11-06. 
  4. ^ Caimmi, Michele (25-07-2020). "Ketika Paus Mengekskomunikasikan Komunis". historyofyesterday.com. Diakses tanggal 2021-11-06.