Monumen Royal Stuarts

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Monumen Royal Stuarts di dalam Basilika Santo Petrus

Monumen Royal Stuarts adalah tugu peringatan di Basilika Santo Petrus di Negara Kota Vatikan. Ini memperingati tiga anggota terakhir Kerajaan Wangsa Stuart: James Francis Edward Stuart (w. 1766), putra sulungnya Charles Edward Stuart (w. 1788), dan adiknya putra, Henry Benedict Stuart (w. 1807). Jacobites mengakui ketiganya sebagai raja Inggris, Skotlandia dan Irlandia.

monumen marmer ini dibuat oleh Antonio Canova (1757–1822), pematung Italia paling terkenal pada zamannya. Itu didirikan pada tahun 1819.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Monumen tersebut berbentuk obelisk terpotong. Di dalamnya terdapat bas relief potret profil tiga pangeran yang diasingkan, dan tulisan berikut:

IACOBO·III
IACOBI·II·MAGNAE·BRIT·REGIS·FILIO
KAROLO·EDVARDO
ET·HENRICO·DECANO·PATRVM·CARDINALIVM
IACOBI· III·FILIIS
REGIAE·STIRPIS·STVARDIAE·POSTREMIS
ANNO·M·DCCC·XIX
("Kepada James III, putra Raja James II dari Britania Raya, kepada Charles Edward dan kepada Henry, Dekan para Ayah Kardinal, putra-putra James III, yang terakhir dari Keluarga Kerajaan Stuart. 1819")

Di bawah prasasti ada dua malaikat menangis, melambangkan hilangnya harapan keluarga Stuart yang diasingkan.

Monumen Royal Stuarts awalnya ditugaskan oleh Monsinyur Angelo Cesarini, pelaksana perkebunan Henry Benedict Stuart. Anehnya, di antara pelanggannya adalah Raja George IV, yang (setelah ancaman Jacobite terhadap takhtanya berakhir dengan kematian Kardinal Stuart pada tahun 1807) adalah pengagum legenda Stuart.

Monumen ini berdiri di bagian belakang basilika di lorong kiri di seberang pintu tempat orang-orang menuruni tangga spiral dari kubah dan pintu keluar atap. Itu sering dihiasi dengan bunga oleh kaum romantis Jacobite.

Penguburan[sunting | sunting sumber]

Makam James Francis Edward Stuart dan kedua putranya di St. Basilika Santo Petrus

Sebenarnya, monumen itu adalah cenotaph, bukan makam. Ketiga Stuart dimakamkan di ruang bawah tanah di bawah basilika. James Francis Edward Stuart dimakamkan di sini pada saat kematiannya pada tahun 1766. Ketika Charles Edward Stuart meninggal pada tahun 1788, ia dimakamkan di Basilika Rasul Santo Petrus di Frascati . Ketika saudara laki-lakinya Henry Benedict Stuart meninggal pada tahun 1807, kedua saudara laki-lakinya dimakamkan di samping ayah mereka di ruang bawah tanah Santo Petrus. Tiga batu nisan terpisah didirikan di situs tersebut.

Hingga tahun 1938 jenazah ketiga Stuart dimakamkan di tempat makam Pius XI sekarang berdiri. Pada tahun itu jenazah dipindahkan sedikit lebih jauh ke timur di sisi kiri ruang bawah tanah, untuk memberi ruang bagi makam Pius. Pada tahun 1939, sebuah sarkofagus didirikan di atas tiga kuburan tersebut. Di atas sarkofagus terdapat bantal perunggu yang di atasnya diletakkan mahkota perunggu. Di bagian depan sarkofagus terdapat tulisan yang sama seperti yang dikutip di atas.

Monumen lainnya[sunting | sunting sumber]

Di seberang monumen Royal Stuarts di Basilika Santo Petrus terdapat monumen Maria Clementina Sobieska, istri James Francis Edward Stuart dan ibu dari Charles Edward Stuart dan Henry Benedict Stuart. Prasastinya berbunyi:

MARIA CLEMENTINA M. BRITANN.
FRANC. DAN HIBERN. REGINA
("Maria Clementina, Ratu Inggris Raya, Prancis, dan Irlandia"[a])

Ratu Christina dari Swedia, satu-satunya raja lain yang memiliki tugu peringatan di gereja, juga dimakamkan di ruang bawah tanah di bawah basilika, bersama Royal Stuarts. Dia turun tahta pada tahun 1654 untuk masuk Katolik.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan