Katedral Frascati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Frascati
Katedral-Basilika Santo Petrus Rasul
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di S. Pietro Apostolo
Katedral Frascati
LokasiFrascati
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Suburbikaris Frascati

Katedral Frascati (bahasa Italia: Basilica Cattedrale di San Pietro Apostolo, Duomo di Frascati) adalah sebuah gereja katedral Katolik dan basilika minor[1] yang terletak di Frascati, Italia. Didedikasikan untuk anto Petrus Rasul, ini adalah kedudukan Keuskupan Suburbikaris Frascati.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Konstruksi bangunan yang sekarang (katedral kelima tahta ini) dimulai pada tahun 1598, dengan desain Ottaviano Nonni (paling dikenal sebagai Mascherino). Setelah dua belas tahun, pada tanggal 29 Juni 1610 Misa pertama dirayakan. Pada tahun 1696 Girolamo Fontana mulai mengerjakan fasad baru, yang selesai pada tahun 1700. Dua menara lonceng di kedua sisinya dibangun kemudian.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Katedral ini dibangun di atas denah lantai salib Yunani, dan terdapat salib kayu abad ke-11 dari Tusculum,[2] sebuah Madonna (Misteri Rosario) dikaitkan dengan Domenichino, sebuah relief oleh Pompeo Ferrucci (1612) melambangkan Yesus menyerahkan kunci kepada Santo Petrus, dan Madonna dan Kanak-kanak Yesus abad ke-14 di Kapel Gonfalone, yang diperbaiki oleh Domenichino.

Di sisi dalam bagian depan barat terdapat "Salib Tahun Suci" perunggu tahun 1750.

Pengeboman tahun 1943[sunting | sunting sumber]

Bagian dalam katedral dihancurkan oleh pengeboman pada tanggal 8 September 1943, sehingga saat ini katedral tersebut tampak kosong, kecuali sebuah kapel kecil di sebelah kanan.

Monumen pemakaman Charles Edward Stuart[sunting | sunting sumber]

Di bagian tengah, di bagian dalam fasad, terdapat monumen pemakaman marmer putih untuk Charles Edward Stuart, si Penipu Muda, dengan tablet peringatan. Ketika dia meninggal pada tahun 1788, saudaranya, Kardinal Duke of York dan uskup Frascati, Henry Benedict Stuart, merayakan pemakamannya di sini. Katedral menerima banyak tanda kepedulian keuskupan Henry, yang sebagian besar masih terlihat sampai sekarang. Ketika jenazah Charles Stuart dipindahkan ke Basilika Santo Petrus pada tahun 1807 setelah kematian Henry, jantungnya dan praecordia ditinggalkan di sini dalam sebuah guci kecil, ditempatkan di bawah lantai di bawah monumen pemakaman.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ sejak 1 Maret 1975
  2. ^ Tusculum adalah tempat asal keuskupan yang sekarang berada di Frascati