Gereja Katolik di Italia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Katolik di Italia
bahasa Italia: Chiesa cattolica in Italia
JenisKebijakan nasional
PenggolonganGereja Katolik Roma
OrientasiLatin
Kitab suciAlkitab
TeologiTeologi Katolik
Bentuk
pemerintahan
Kebijakan episkopal
Badan
pemerintahan
Konferensi Waligereja Italia
PausPaus Fransiskus
PresidenMatteo Maria Zuppi
PrimatPaus Fransiskus
Nunsius ApostolikEmil Paul Tscherrig
Wilayah Italia
 Kota Vatikan
BahasaItalia, Latin
Kantor pusatBasilika Agung Santo Yohanes Lateran
PendiriPara rasul Santo Petrus dam Santo Paulus
DidirikanAbad ke-1 Masehi
Roma, Kekaisaran Romawi
Umat57.000.000 umat
Situs web resmiEpiscopal Conference of Italy

Gereja Katolik di Italia adalah bagian dari Gereja Katolik seluruh dunia dalam komuni dengan Paus di Roma, di bawah Konferensi Waligereja Italia. Paus juga menjabat sebagai Primat Italia. Selain Italia, dua negara berdaulat lainnya masuk dalam keuskupan berbasis Italia: San Marino dan Vatikan. Terdapat 225 keuskupan di Gereja Katolik di Italia, selengkapnya lihat artikel Daftar keuskupan di Italia. Sekitar 80% penduduk Italia menganut agama Katolik.[1]

Paus bermukim di Vatikan, enklave di Roma. Menjadi pusat utama untuk ziarah Kristen sejak Kekaisaran Romawi, Roma umumnya dianggap sebagai "rumah" bagi Gereja Katolik, sejak Santo Petrus bermukim, melayani, menjabat sebagai uskup dan meninggal di kota tersebut.[2] Relik-reliknya berada di Roma bersama dengan relik-relik Santo Paulus, serta beberapa orang kudus lainnya dari gereja perdana.

Karena Renaisans Italia, seni gereja di Italia menjadi luar biasa, termasuk karya Leonardo da Vinci, Michelangelo, Fra Carnevale, Gian Lorenzo Bernini, Sandro Botticelli, Tintoretto, Titian, Raphael, dan Giotto, dll.

Arsitektur gereja Italia sama spektakulernya dan secara historis penting bagi budaya Barat, khususnya Basilika Santo Petrus di Vatikan, Basilika Santo Markus di Venesia, dan Katedral Firenze, yang meliputi Pintu "Gerbang Surga" di Baptisterium karya Lorenzo Ghiberti.

Status Gereja Katolik sebagai satu-satunya agama resmi di Italia berakhir pada tahun 1985, dengan negosiasi ulang Perjanjian Lateran.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Basilika Santo Petrus dan Negara Vatikan, di Roma

Kekristenan tiba di semenanjung Italia pada abad pertama, mungkin oleh para pelancong, pedagang, atau tentara yang tidak dikenal. Surat kepada Jemaat di Roma dari Rasul Paulus ditujukan dan membuktikan kehadiran orang Kristen Roma di abad pertama. Umat Kristiani di Roma juga berhubungan dengan Santo Petrus dan Rasul Paulus, keduanya pergi ke Roma untuk misi dan akhirnya menjadi martir di sana. Salah satu uskup dan paus Italia pertama adalah Klemens dari Roma yang menulis surat kepada komunitas Kristen di Korintus (1 Klemens) sekitar tahun 96 M.

Selama dua ribu tahun sejarahnya, Gereja Italia berkembang dalam ukuran dan pengaruh yang menghasilkan dan menyimpan (kadang-kadang sebelum kematian syahid) beberapa pemimpin terbesar dan penggerak agama Katolik termasuk Priscilla dan Aquila; Ignatius dari Antiokhia, menjadi martir di Roma; Polikarpus, martir di Roma dan murid Yohanes Penginjil; Agnes, martir Romawi; Laurensius, martir; Yustinus Martir, guru dan martir; Hippolytus, imam dan martir; Cecilia, martir Romawi; Ambrosius dari Milan, uskup dan Pujangga Gereja; Hieronimus, teolog dan Pujangga Gereja; Benediktus dari Nursia, pendiri ordo Benediktin dan monastisisme Barat; Leo Agung, uskup Roma dan Pujangga Gereja; Gregorius Agung, uskup Roma dan Pujangga Gereja; Agustinus dari Canterbury, biarawan Romawi, misionaris Benediktin ke Inggris, kemudian menjadi uskup Inggris; Paus Urbanus II, paus atau Uskup Roma yang menyerukan Perang Salib Pertama; Anselmus dari Canterbury, filsuf kelahiran Italia, Pujangga Gereja dan kemudian uskup Inggris; Fransiskus dari Assisi, ahli mistik dan pendiri Fransiskan; Bonaventura dari Bagnorea, teolog Fransiskan dan Pujangga Gereja; Thomas Aquinas, Dominika teolog, filsuf, dan Pujangga Gereja; Dante, penyair; Katarina dari Siena, ahli mistik, pembaharu, dan Pujangga Gereja; Monteverdi, komposer; Robertus Bellarminus dari Toskana, Yesuit teolog dan Pujangga Gereja; Antonio Vivaldi, pastor dan komposer; Paus Leo XIII, uskup Roma dan pembaharu sosial; Paus Pius XII, uskup Roma; Paus Yohanes XXIII, uskup Roma dan pemrakarsa Konsili Vatikan Kedua, di antara banyak lainnya. Dalam daftar ini dapat ditambahkan para pendiri berbagai gerakan gerejawi awam kontemporer, terutama Luigi Giussani, pendiri Komuni dan Pembebasan, dan Chiara Lubich, pendiri Gerakan Focolare. Juga, Andrea Riccardi, pendiri Komunitas Sant'Egidio, sekarang menjadi salah satu organisasi besar berbasis agama di dunia.

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2021 sekitar 79,2% populasi Italia mengidentifikasi diri sebagai Katolik.[3] Italia memiliki 225 keuskupan dan keuskupan agung, lebih banyak dari negara mana pun di dunia kecuali Brasil. Italia juga memiliki jumlah paroki terbesar (25.694), rohaniwati (biarawati) wanita (102.089) dan rohaniwan pria (23.719), dan imam (pastor) (44.906 termasuk sekuler (yaitu diosesan) dan religius (milik lembaga keagamaan laki-laki)).

Para uskup di Italia membentuk Conferenza Episcopale Italiana sebagai badan kolaboratif untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu yang ditentukan oleh Hukum Kanonik. Tidak seperti kebanyakan konferensi waligereja, presiden konferensi Italia ditunjuk oleh Paus, dalam kapasitasnya sebagai Primat Italia. Sejak Mei 2022, ketua konferensi uskup adalah Kardinal Matteo Maria Zuppi.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Peta 16 wilayah gerejawi Italia

Primat Italia adalah PausUskup Roma, yang juga ex officio Paus Gereja Katolik. Nunsius Apostolik untuk Italia juga merupakan nunsius untuk San Marino; saat ini yang menjabat ialah Uskup Agung Italia Giuseppe Bertello, yang menjabat sejak Januari 2007.

Ada dua gereja partikular Katolik di Italia:

Gereja Latin di Italia terorganisir menjadi:

Organisasi Awam Katolik[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Special Eurobarometer 516". European Union: European Commission. September 2021. Retrieved 24 September 2021 – via European Data Portal (see Volume C: Country/socio-demographics: IT: Question D90.2.).
  2. ^ "CATHOLIC ENCYCLOPEDIA: St. Peter, Prince of the Apostles". newadvent.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-26. Diakses tanggal 27 April 2015. 
  3. ^ "Eurobarometer Khusus 516". Uni Eropa: Komisi Eropa. September 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-29. Diakses tanggal 24 September 2021 – via Portal Data Eropa (lihat Volume C: Negara/sosial-demografi: IT: Pertanyaan D90.2.).