Air Mancur Lapangan Santo Petrus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Air Mancur Lapangan Santo Petrus (bahasa Italia: Fontane di Piazza San Pietro) adalah dua air mancur yang ada di Lapangan Santo Petrus di Kota Vatikan, dibuat oleh Carlo Maderno (1612–1614) dan Gian Lorenzo Bernini (1667–1677) untuk menghiasi alun-alun di depan Basilika Santo Petrus. Air mancur yang lebih tua, di dekat Maderno, berada di sisi utara alun-alun.

Air mancur Paus Innosensius VIII[sunting | sunting sumber]

Air mancur Maderno di sisi utara alun-alun terletak di lokasi air mancur sebelumnya, dibangun pada tahun 1490 pada masa Paus Inosensius VIII. Itu terkenal sebagai air mancur terbaik di Roma, dengan dua vasque dan tiga pancaran air keluar dari mulut tiga kepala batu, dan tiga lambang Paus Innosensius VIII, yang diukir oleh Alonso du Capua. Air mancur ini dijelaskan oleh penulis sejarah Romawi Stefano Infessura: "Pada tahun 1490, Yang Mulia membangun di Lapangan Santo Petrus ... sebuah air mancur yang megah, dengan plakat marmer bertuliskan sejarah, dan dua vasque bundar yang satu di atas yang lain, sehingga dapat dilihat; dan siapa pun akan menilai, tidak ada hal serupa yang dapat ditemukan di mana pun di Italia."[1] Air mancur ini dipulihkan oleh Paus Aleksander VI pada tahun 1500 dan sebuah baskom air untuk hewan ditambahkan.[2]

Air mancur Maderno[sunting | sunting sumber]

Air Mancur Lapangan Santo Petrus oleh Carlo Maderno
Air Mancur Lapangan Santo Petrus oleh Carlo Maderno (1612-1614)

Pada tahun 1612, saluran air Romawi kuno Aqua Traiana dibangun kembali oleh Paus Paulus V dan berganti nama menjadi Acqua Paola; saluran air yang dipulihkan menyediakan sumber air yang jauh lebih melimpah bagi air mancur tersebut. Arsitek Carlo Maderno, keponakan arsitek Domenico Fontana, diberi tugas untuk mendesain ulang air mancur. Dia membangun dasar segi delapan baru untuk air mancur, di atasnya dia membangun sebuah baskom besar yang tidak beraturan, dihiasi dengan tangga dan tiang-tiang kecil, untuk menampung air. Dia menyimpan vas batu besar di bagian bawah air mancur tua, dan menghiasi alas di atasnya dengan empat gulungan batu. Dia melepas vasque bagian atas yang lebih kecil, dan menggantinya dengan vasque terbalik atau tutup seperti jamur, ditutupi sisik batu. Ketika air menyembur dari atas, air itu mengalir ke atas vasque atas, alirannya pecah dan berkilauan oleh sisik-sisik batu. Selain itu, ia juga mencopot lambang tiga Paus sebelumnya dan menggantinya dengan plakat untuk menghormati pelindungnya, Paus Paulus V.

Seperti semua air mancur pada masa itu, air mancur di Lapangan Santo Petrus tidak memiliki pompa dan dioperasikan murni berdasarkan gravitasi, dengan sumber air yang lebih tinggi dari air mancur yang menyebabkan air menyembur ke atas. Sumber air untuk air mancur, Aqua Paola, berada di bukit Janiculum, 266 di atas permukaan laut, yang berarti air mancur tersebut dapat menyemburkan air setinggi dua puluh kaki ke udara.[3] Pada tahun 1641, pengacara Flemish Theodor Ameyden mengatakan bahwa pancaran air dari atas air mancur "tampaknya naik ke udara seperti sungai yang sebenarnya." Ia menyebutnya "air mancur terindah yang pernah ada di Eropa".[4]

Air mancur Bernini[sunting | sunting sumber]

Air Mancur Lapangan Santo Petrus oleh Gian Lorenzo Bernini (1667-1677)

Selama setengah abad, alun-alun tersebut dihiasi dengan air mancur Maderno dan obelisk yang didirikan oleh Paus Sixtus V, tetapi bagian selatan alun-alun tetap kosong. Pada tahun 1667, Paus Klemens X menugaskan Gian Lorenzo Bernini untuk membangun air mancur kedua, yang mengikuti desain air mancur Maderno. Air mancur Bernini selesai dibangun pada tahun 1677.

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Air Mancur Lapangan Santo Petrus mempengaruhi air mancur lain di seluruh Eropa. Air mancur Romawi di Peterhof di Rusia (1720) terinspirasi oleh air mancur Maderno, dan mengambil namanya dari sana.[5] Fontaines de la Concorde di Place de la Concorde di Paris (1840), oleh Jacques-Ignace Hittorff, juga sangat dipengaruhi oleh air mancur Maderno dan penataannya air mancur dan obelisk di Lapangan Santo Petrus.[6]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dikutip dalam Mauizia Tazartes, Fontaines de Rome, hal. 24.
  2. ^ Maurizia Tazartes, Fontaines de Rome, hal. 82.
  3. ^ Katherine Wentworth Rinne, ' 'Kejatuhan dan Bangkitnya Perairan Roma, dalam Air Mancur - Percikan dan Tontonan. hal. 31.
  4. ^ Dikutip oleh Tazartes, Fontaines de Rome, hal. 25.
  5. ^ Alexandre Orloff dan Dimitri Chvidkovski, Saint-Petersburg, l'architecture des tsars . Paris, Edisi de Menges, 1995, hal. 324.
  6. ^ "La reference a Rome, tres present au cours du siecle, est ici paten; la situasi des fontaines par rapport a l'obelisque, la vasque superieure formant calotte illustrent clairement l'influence de la tempat Saint-Pierre de Bernin." Beatrice Lamoitier, L'Essor des fontaines monumentales, di Paris et ses fontaines, de la Renaissance a nos jours, Koleksi Paris et son Patrimoine, Paris, 1995.