Scala Regia (Vatikan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Scala Regia
Tangga
Indonesia: Tangga Kerajaan
Dasar Scala Regia, dilihat dari Portone di Bronzo. Di sebelah kanan adalah patung ekuestrian Konstantinus Agung; tepat di depan adalah lambang Paus Aleksander VII.
Dasar Scala Regia, dilihat dari Portone di Bronzo. Di sebelah kanan adalah patung ekuestrian Konstantinus Agung; tepat di depan adalah lambang Paus Aleksander VII.
Desain:Gian Lorenzo Bernini
Konstruksi:Abad ke-16
Lokasi: Vatikan
Peta
Klik pada peta untuk tampilan layar penuh
Scala Regia

Scala Regia (Error: {{IPA}}: unrecognized private tag: church, bahasa Italia: [ˈskaːla ˈrɛːdʒa]; Indonesia: Tangga Kerajaan) adalah tangga yang terletak di Kota Vatikan dan merupakan bagian dari pintu masuk resmi ke Vatikan. Ini dirancang oleh Gian Lorenzo Bernini.

Pintu masuk resmi ke Istana Apostolik adalah Portone di Bronzo di sisi utara Lapangan Santo Petrus. Pintu terbuka ke Scala Regia, yang mengarah ke Sala Regia, yang selanjutnya menghubungkan ke Kapel Sistina dan Kapel Paulina. Wisatawan diperbolehkan menaiki tangga untuk memasuki Sala Regia.

Scala Regia dibangun oleh Antonio da Sangallo Muda pada awal abad ke-16[1] dan dipulihkan oleh Gian Lorenzo Bernini dari tahun 1663 hingga 1666.

Lokasi tangga, sebidang tanah yang relatif sempit antara gereja dan istana, berbentuk aneh dengan dinding-dinding yang menyatu tidak beraturan. Bernini menggunakan sejumlah efek teatrikal barok untuk mengagungkan titik masuk ini ke dalam Vatikan. Tangganya berbentuk barrel-vaulted barel tiang yang tentu saja menjadi lebih sempit di ujung pemandangan, sehingga memperbesar jarak. Di atas lengkungan di awal pemandangan ini terdapat lambang Paus Aleksander VII, diapit oleh dua patung malaikat.

Denah Scala Regia

Di dasar tangga, Bernini meletakkan patung berkuda kaisar Romawi Konstantinus Agung. Hal ini dimaksudkan untuk menampilkan peristiwa, sebelum Pertempuran Jembatan Milvian ketika di Saxa Rubra utara Roma sepanjang Sungai Tiber, Konstantinus melihat penglihatan salib dengan tulisan In Hoc Signo Vinces (In tanda ini, kamu akan menaklukkannya). Ungkapan tersebut tampak ditempatkan secara mencolok sebagai semboyan pada pita yang dibentangkan dengan salib penuh gairah di sebelah kirinya, di bawah jendela di atas Scala Regia, bersebelahan dengan patung Konstantinus.[2] Para kaisar dan raja lainnya, setelah memberikan penghormatan kepada Paus, turun ke Scala Regia, dan mengamati cahaya yang bersinar melalui jendela, dengan semboyan, yang mengingatkan pada penglihatan Konstantinus, dan diingatkan untuk mengikuti Salib.

Dalam patung Konstantinus karya Bernini, dia terpesona dan kudanya terangkat, ketika Konstantinus menyadari bahwa dia akan menang hanya dengan kekuatan Kristus. Pesan moral dari cerita ini tidak akan hilang ketika para tamu kerajaan mengunjungi Paus, atau dalam hal ini, para Kardinal yang menemani iring-iringan mendiang Paus, yang dimaksudkan untuk melihat pemimpin gereja sebagai perwujudan kekuatan ilahi yang mengatur. raja-raja dunia. Tema ini sering diulangi dalam karya seni Vatikan seperti lukisan dinding Pertempuran Jembatan Milvian karya Giulio Romano, yang terletak di Sala di Costantino ("Aula Konstantinus") serta relief marmer di Katedral Santo Petrus di Fuga d'Attila karya Algardi.

Paus Klemens IX kemudian memasang patung Charlemagne di ujung serambi Basilika Santo Petrus, sebagai liontin Konstantinus.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Antonio Da Sangallo (1994). Gambar Arsitektur Antonio Da Sangallo the Younger dan Lingkarannya: Gereja, Vila, Pantheon, Makam, dan Prasasti Kuno. Yayasan Sejarah Arsitektur. hlm. 125. ISBN 978-0-262-06155-1. 
  2. ^ Howard Hibbard. Bernini. Penguin Books Limited. hlm. 122. ISBN 978-0-14-193542-3.