Korps Pemadam Kebakaran Negara Kota Vatikan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Korps Pemadam Kebakaran Negara Kota Vatikan
Corpo dei vigili del fuoco dello Stato della Città del Vaticano
Wilayah operasi
Negara Kota Vatikan
Yurisdiksi Takhta Suci
AlamatCortile del Belvedere
00120 Vatican City
Ikhtisar
Berdiri1941
Personel37
Kepala pemadamDomenico Giani
Kapten pemadamPaolo de Angelis
Facilities and equipment
Stasiun1 (Cortile del Belvedere)
Mobil3
Tangga1
Alat penyelamat1
Truk air2 (mobil derek, jeep)
Situs web
Pemadam Kebakaran Vatikan
Markas besar Korps Pemadam Kebakaran Vatikan di Cortile del Belvedere, Kota Vatikan dengan beberapa peralatan

Korps Pemadam Kebakaran Negara Kota Vatikan (bahasa Italia: Corpo dei vigili del fuoco dello Stato della Città del Vaticano) adalah korps pemadam kebakaran di Kota Vatikan. Korps tersebut dibentuk dalam bentuknya yang sekarang oleh Paus Pius XII pada tahun 1941, meskipun sejarah awalnya lebih tua.

Pelindung dari Korps Pemadam Kebakaran Vatikan adalah Paus Leo IV, yang berdasarkan tradisi memadamkan api secara ajaib di distrik Borgo (peristiwa tersebut dilukiskan oleh Raphael tentang Api di Borgo) dan Santa Barbara, juga pelindung petugas pemadam kebakaran di Italia. Hari jadi perayaan Korps tersebut adalah pada tanggal 4 Desember.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 1820, pemadam kebakaran berada dalam bagian Korps Militer Negara Kepausan, Guardie dei Fuoco, yang seragamnya telah direpresentasikan dalam gambar-gambar pada masa tersebut yang disimpan dalam arsip Vatikan. Meskipun secara resmi menjadi bagian dari Korps Militer, pada awal abad ke-20, dinas pemadam kebakaran hanya terlibat dalam memadamkan kebakaran dan pertahanan sipil.

Pada tahun 1941, Paus Pius XII membentuk kembali dinas tersebut sebagai Korps Pemadam Kebakaran Negara Kota Vatikan. Pada awalnya hanya terdiri dari 10 bagian yang dilatih di sekolah pemadam kebakaran di Roma. Korps dipercayakan dengan perlindungan Santo Antonius dan berpusat di Istana Apostolik.

Pada tahun 2002, setelah reformasi yang dilakukan oleh Paus Yohanes Paulus II, korps tersebut dipindahkan dari dependensi Direktorat Layanan Teknis Kegubernuran ke Direktorat Layanan Perlindungan dan Keamanan Sipil, yang juga mencakup Korps Gendarmeri Kota Vatikan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ AAS, Tambahan 73 (2002), no. 9, hlm. 33-49, art.13 (paragraf 884), 16 Juli 2002