Tim nasional sepak bola Irlandia Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bendera Irlandia Utara Irlandia Utara
Lencana kaos/Lambang Asosiasi
JulukanGreen & White Army
Norn Iron
AsosiasiAsosiasi Sepak Bola Irlandia Utara
KonfederasiUEFA (Eropa)
PelatihBendera Inggris Ian Baraclough
KaptenSteven Davis
Penampilan terbanyakSteven Davis (130)
Pencetak gol terbanyakDavid Healy (36)
Stadion kandangWindsor Park
Peringkat FIFA
Terkini 54 Steady (23 Desember 2021)[1]
Tertinggi27 (Agustus 2007)
Terendah124 (Maret 2004)
Peringkat Elo
Terkini 58 Penurunan 8 (10 September 2021)[2]
Warna pertama
Warna kedua
Pertandingan internasional pertama
Bendera Irlandia Utara Irlandia Utara 0 - 13 Inggris Bendera Inggris
(Belfast, Irlandia Utara; 18 Februari 1882)
Kemenangan terbesar
Bendera Irlandia Utara Irlandia Utara 7 - 0 Wales Bendera Wales
(Belfast, Irlandia Utara; 1 Februari 1930)
Kekalahan terbesar
Bendera Irlandia Utara Irlandia Utara 0 - 13 Inggris Bendera Inggris
(Belfast, Irlandia Utara; 18 Februari 1882)
Piala Dunia
Penampilan3 (Pertama kali pada 1958)
Hasil terbaikPerempat final, 1958, 1982
Kejuaraan Eropa
Penampilan1 (Pertama kali pada 2016)
Hasil terbaikBabak 16 besar (2016)

Tim nasional sepak bola Irlandia Utara merupakan sebuah tim nasional sepak bola yang prestasi terbaiknya adalah mencapai babak perempat final pada putaran Piala Dunia FIFA 1958. Tim ini belum pernah lolos ke babak putaran final Piala Eropa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 18 Februari 1882 atau 15 bulan setelah berdirinya FA Irlandia, Irlandia melakukan debut internasional pertama mereka melawan Inggris dan kalah telak 13–0 dalam pertandingan persahabatan yang dimainkan di Bloomfield di Belfast. Ini adalah rekor kekalahan tim, dan juga margin kemenangan terbesar Inggris. Pada tanggal 25 Februari 1882, Irlandia memainkan pertandingan internasional kedua mereka, dan kala itu melawan Wales di Racecourse Ground, Wrexham, dan gol penyama kedudukan dari Johnston menjadi gol pertama Irlandia.

Tim nasional sepak bola Irlandia Utara - 2021

Pada tahun 1884, Irlandia berkompetisi di British Home Championship perdana dan kalah dalam tiga pertandingan. Irlandia tidak memenangkan pertandingan pertama mereka sampai 19 Februari 1887 saat menang 4-1 atas Wales di Belfast. Antara debut mereka dan pertandingan ini, mereka mencatatkan 14 kekalahan dan 1 hasil imbang, rekor tanpa kemenangan terlama di tahun 1800-an. Meskipun akhir perjalanan ini, kekalahan berat terus berlanjut. Pada 3 Maret 1888, mereka kalah 11–0 dari Wales dan tiga minggu kemudian, pada 24 Maret, kalah 10–2 dari Skotlandia. Kekalahan berat lebih lanjut terjadi pada 15 Maret 1890 ketika mereka kalah 9-1 dari Inggris, pada 18 Februari 1899 ketika mereka kalah 13-2 dari Inggris dan pada 2 Februari 1901 ketika mereka kalah 11-0 dari Skotlandia.

Pada tahun 1899, FA Irlandia juga mengubah aturannya yang mengatur pemilihan pemain non-residen. Sebelum itu tim Irlandia memilih pemainnya secara eksklusif dari Liga Irlandia, khususnya tiga klub yang berbasis di Belfast yaitu Linfield, Cliftonville dan Distillery. Pada tanggal 4 Maret 1899, untuk pertandingan melawan Wales, McAteer memasukkan empat pemain Irlandia yang berbasis di Inggris. Perubahan kebijakan menghasilkan dividen sebagai Irlandia menang 1-0. Tiga minggu kemudian, pada tanggal 25 Maret, salah satu dari empat pemain ini, Archie Goodall yang berusia 34 tahun dan 279 hari, menjadi pemain tertua yang mencetak gol di sepak bola internasional selama abad ke-19 ketika ia mencetak gol Irlandia dalam 9– 1 kekalahan dari Skotlandia.

Pada tahun 1920, Irlandia telah dipartisi ​​menjadi Irlandia Utara dan Irlandia Selatan. Pada tahun 1922, Irlandia Selatan memperoleh kemerdekaan sebagai Negara Bebas Irlandia yang kemudian menjadi republik dengan nama Republik Irlandia. Di tengah pergolakan politik ini, sebuah asosiasi sepak bola saingan, Asosiasi Sepak Bola Irlandia, muncul di Dublin pada tahun 1921 dan mengorganisir liga dan tim internasional yang terpisah. Pada tahun 1923, pada saat negara asal telah menarik diri dari FIFA, FAI diakui oleh FIFA sebagai badan pengatur Negara Bebas Irlandia dengan syarat bahwa ia mengubah namanya menjadi Asosiasi Sepak Bola Irlandia Bebas Negara. FA Irlandia terus mengorganisir tim nasionalnya dengan basis all-Irlandia.

Antara tahun 1928 dan 1946, IFA tidak berafiliasi dengan FIFA dan kedua tim Irlandia hidup berdampingan, tidak pernah berkompetisi dalam kompetisi yang sama. Namun, pada tanggal 8 Maret 1950, dalam hasil imbang 0-0 dengan Wales di Arena Pacuan Kuda dalam Piala Dunia FIFA kualifikasi, IFA menurunkan tim yang terdiri dari empat pemain yang lahir di Negara Bebas Irlandia. Keempat pemain sebelumnya bermain untuk FAI di kualifikasi mereka dan sebagai hasilnya telah bermain untuk dua asosiasi berbeda di turnamen Piala Dunia FIFA yang sama.

Setelah keluhan dari FAI, FIFA mengintervensi dan membatasi kelayakan pemain berdasarkan batas politik. Pada tahun 1953 FIFA memutuskan tim tidak dapat disebut sebagai Irlandia, memutuskan bahwa tim FAI secara resmi ditunjuk sebagai Republik Irlandia, sedangkan tim IFA menjadi Irlandia Utara.

Pertunjukan sebelumnya[sunting | sunting sumber]

British Home Championship[sunting | sunting sumber]

Sampai tahun 1950-an, kompetisi utama untuk Irlandia Utara/Irlandia adalah British Home Championship. Tim memenangkan kompetisi delapan kali, mengambil gelar langsung pada tiga kesempatan. Mereka adalah pemenang terakhir dari kompetisi yang sekarang sudah tidak ada lagi yang diadakan di 1984, dan karenanya masih menjadi juara Inggris, dan trofi tetap menjadi milik FA Irlandia.

FIFA World Cup[sunting | sunting sumber]

Danny Blanchflower (kiri) menjadi kapten Irlandia Utara di Piala Dunia FIFA 1958, sementara George Best (kanan), pemenang Ballon d'Or tahun 1968 dan tidak pernah mencapai turnamen internasional besar dengan tim

Penampilan terbaik Irlandia Utara di Piala Dunia adalah pada penampilan pertama mereka di putaran final Piala Dunia 1958, di mana mereka mencapai babak perempat final setelah mengalahkan Cekoslovakia 2– 1 di babak penyisihan, kemudian mereka tersingkir oleh Prancis dan kalah 4–0. Dalam kompetisi tahun 1958, Irlandia Utara menjadi negara berpenduduk paling sedikit yang lolos ke Piala Dunia, rekor yang bertahan hingga Trinidad dan Tobago lolos ke Piala Dunia 2006. Bagaimanapun Irlandia Utara tetap menjadi negara berpenduduk paling sedikit yang memenuhi syarat untuk ikut dalam lebih dari satu turnamen final Piala Dunia, untuk memenangkan pertandingan final Piala Dunia, dan telah maju dari putaran pertama putaran final Piala Dunia.

Kapten tim nasional pada Piala Dunia 1958 adalah Danny Blanchflower yang juga menjadi kapten Tottenham Hotspur di liga Inggris dan dua kali didaulat menjadi footballer of the year di Inggris. Adik laki-lakinya Jackie juga merupakan pemain kunci dari tim nasional, dan memenangkan dua gelar liga di Inggris bersama Manchester United hingga karirnya berakhir dengan cedera yang diderita di Munich Februari 1958.

Terlepas dari kehadiran penyerang kelas dunia George Best, pemain Manchester United lainnya, untuk tahun 1960-an dan 1970-an, Irlandia Utara gagal lolos ke turnamen besar mana pun.

Irlandia Utara juga lolos ke Piala Dunia 1982. Pertandingan pembuka mereka melawan Yugoslavia di stadion La Romareda di Zaragoza. Itu adalah debut internasional bagi pemain berusia 17 tahun Norman Whiteside, yang menjadi pemain termuda yang pernah ada di putaran final Piala Dunia, rekor yang masih bertahan. Pertandingan berakhir tanpa gol. Lima hari kemudian, mereka bermain imbang 1-1 dengan Honduras, yang mengecewakan, dan banyak yang percaya telah menghancurkan peluang Irlandia Utara untuk maju dalam kompetisi.[4] Mereka membutuhkan kemenangan saat melawan tuan rumah Spanyol di pertandingan grup ketiga dan terakhir di Mestalla Stadium di Valencia. Mereka menghadapi atmosfer partisan dengan sebagian besar penonton Spanyol dan wasit yang berbicara dengan bahasa Spanyol yaitu Héctor Ortiz yang tidak mau menghukum permainan kotor dari para pemain Spanyol.[5] Sebuah kesalahan dari penjaga gawang Spanyol Luis Arconada, bagaimanapun Gerry Armstrong memberikan satu-satunya gol dalam pertandingan ini, dan meskipun Mal Donaghy diusir keluar lapangan pada menit 60, Irlandia Utara tetap melanjutkan untuk mencatat kemenangan 1-0 bersejarah dan puncak grup tahap pertama.

Hasil imbang 2–2 dengan Austria di Vicente Calderón Stadium berarti bahwa kemenangan melawan Prancis akan membawa mereka ke semi-final, namun tim Prancis terinspirasi oleh Michel Platini dan menang 4-1 dan menyingkirkan Irlandia Utara dari kompetisi.

Di Piala Dunia 1986, mereka mencapai babak pertama. Billy Bingham yang masuk kedalam anggota skuad 1958, adalah manajer untuk kedua turnamen ini. Mereka belum lolos ke Piala Dunia lainnya sejak itu.

Sejarah saat ini[sunting | sunting sumber]

Lawrie Sanchez ditunjuk sebagai pelatih pada Januari 2004 setelah menjalankan sepuluh pertandingan tanpa gol di bawah manajer sebelumnya Sammy McIlroy, yang merupakan rekor terburuk di Eropa untuk tim internasional mana pun hingga San Marino melewati 20 pertandingan tanpa mencetak gol antara Oktober 2008 dan Agustus 2012. Rekor buruk itu berakhir setelah pertandingan pertamanya sebagai pelatih, kekalahan 1-4 dari Norwegia dalam pertandingan persahabatan pada Februari 2004. 16 pertandingan tanpa kemenangan berakhir setelah pertandingan keduanya, kemenangan 1-0 dalam pertandingan persahabatan melawan Estonia, dengan tim yang sebagian besar eksperimental pada Maret 2004.

Pada tanggal 7 September 2005, Irlandia Utara mengalahkan Inggris 1-0 di babak kualifikasi Piala Dunia 2006 di Windsor Park. David Healy mencetak gol kemenangan pada menit ke-73. Hampir setahun kemudian, pada 6 September 2006, Irlandia Utara mengalahkan Spanyol 3–2 di kualifikasi UEFA Euro 2008 untuk UEFA Euro 2008, dengan Healy mencetak hat-trick. Pada bulan Juni 2007, Nigel Worthington diangkat sebagai manajer menggantikan Lawrie Sanchez, yang mengambil alih Fulham. Awalnya, Worthington mengambil alih hingga akhir kualifikasi Euro 2008, tetapi kemudian diberi kontrak hingga akhir kualifikasi Euro 2012. Michael O'Neill menjadi manajer pada Februari 2012 setelah Worthington mengundurkan diri pada Oktober 2011 setelah kampanye kualifikasi Euro 2012 yang buruk.

Tim Irlandia Utara ikut dalam babak kualifikasi untuk pertama kalinya UEFA European Championship, Euro 2016 di Prancis, setelah mengalahkan Yunani 3-1 di Windsor Park pada 8 Oktober 2015.[6] Di turnamen tersebut, Irlandia Utara dikalahkan 1-0 oleh Polandia pada 20 Juni 2016 diikuti dengan kemenangan 2-0 melawan Ukraina pada 16 Juni 2016 dan akhirnya kekalahan 1-0 melawan Jerman di babak penyisihan grup. Itu sudah cukup untuk lolos ke babak 16 besar di mana mereka kalah 1-0 dari Wales karena gol bunuh diri yang Gareth McAuley.[7]

Stadion[sunting | sunting sumber]

Windsor Park sebelum pembangunan kembali baru-baru ini – pemandangan dari Kop Stand, menunjukkan Stand Utara dua tingkat dan stand Kereta Api rendah di belakang gawang yang berlawanan.

Irlandia Utara memainkan pertandingan kandang mereka di Windsor Park, Belfast, kandang Linfield, yang mereka gunakan dengan sewa 108 tahun, memberikan pemilik 15% dari pendapatan, termasuk penerimaan gerbang dan hak TV.[8]

Ada proposal untuk membangun stadion multi-olahraga untuk Irlandia Utara di bekas penjara Maze di luar Lisburn untuk penggunaan Rugby, Game Gaelic dan sepak bola.[9] Pada prinsipnya rencana ini mendapat persetujuan oleh Asosiasi Sepak Bola Irlandia. Namun, itu ditentang oleh para penggemar, lebih dari 85% di antaranya dalam jajak pendapat hari pertandingan yang dilakukan oleh Amalgamation of Northern Ireland Supporters' Clubs ("AONISC") lebih suka tinggal di tempat baru yang lebih kecil atau yang dibangun kembali di kota Belfast.[10] AONISC mengorganisir protes terhadap perpindahan ke Labirin pada pertandingan melawan Estonia pada bulan Maret 2006.

Masalah ini diasumsikan semakin mendesak pada tahun 2007, menyusul serangkaian inspeksi yang mempertanyakan kesesuaian Taman Windsor untuk menjadi tuan rumah sepak bola internasional.[11] Menyusul pengurangan kapasitas karena penutupan Railway Stand, IFA mengumumkan bahwa mereka ingin mengakhiri kontrak mereka untuk penggunaan stadion.[12] Sebuah laporan tentang kesehatan dan keselamatan pada bulan Oktober 2007 menunjukkan bahwa Stand Selatan mungkin harus ditutup untuk pertandingan internasional, yang selanjutnya akan mengurangi kapasitas stadion menjadi 9.000.[13] Pada bulan April 2008, Dewan Kota Belfast mengumumkan bahwa mereka telah menugaskan Drivers Jonas untuk melakukan studi kelayakan pembangunan Stadion Olahraga di Belfast yang dapat menampung sepak bola internasional, yang diikuti pada awal Mei 2008 oleh spekulasi bahwa proyek Stadion Maze akan direvisi secara radikal oleh Peter Robinson, menteri keuangan dan personalia di Majelis Irlandia Utara, sehingga konstruksi apa pun dapat digunakan untuk tujuan selain sepak bola, rugby union dan permainan Gaelik. Mengingat waktu yang dibutuhkan untuk membangun stadion baru, dengan tidak adanya pekerjaan yang signifikan untuk meningkatkan Windsor Park, tampaknya Irlandia Utara mungkin terpaksa memainkan pertandingan kandang mereka di tempat di luar Irlandia Utara untuk suatu periode.

Pada bulan Maret 2009, proposal diumumkan untuk pembangunan stadion baru berkapasitas 25.000 kursi di daerah Sydenham di Belfast Timur sebagai alternatif dari proposal Maze. Ini akan menjadi bagian dari pengembangan besar, dengan tautan ke George Best Belfast City Airport dan jalur kereta Belfast-Bangor. Pengembangan juga akan mencakup hotel, dan area ritel/rekreasi. Stadion itu sendiri akan digunakan untuk sepak bola dan rugby union, dengan Glentoran dan Ulster Rugby dimaksudkan sebagai penyewa. Ulster GAA, yang merupakan mitra dalam proposal Labirin, menyatakan bahwa jika stadion baru sedang dibangun di Belfast Timur, yang merupakan area unionis utama, preferensi mereka kemudian akan tetap berada di en:Casement Park di nasionalis barat Belfast.[14]

Internal view of Windsor park as the redevelopment nears completion.
Windsor Park yang baru dibangun kembali. Pemandangan dari Kop (West Stand) dengan hanya sudut antara tribun Barat & Utara yang belum selesai.

IFA pada awalnya tidak berkomitmen tentang proposal apa pun untuk meningkatkan fasilitas mereka, baik itu membangun kembali Windsor Park, atau mendukung proposal Maze atau Sydenham. Namun, pada September 2009, mereka mengeluarkan pengumuman yang mendukung pembangunan kembali Taman Windsor.[15] Meskipun tidak ada spesifik untuk ini, Linfield sebelumnya telah merilis sebuah studi dengan dua proposal, yang utama akan menjadi £20 juta pembangunan kembali stadion, meningkatkan kapasitas penonton menjadi 20.000.[16] Pada tahun 2011, Eksekutif Irlandia Utara mengalokasikan £138 juta untuk program utama pembangunan kembali stadion di seluruh Irlandia Utara, dengan £28 juta dialokasikan untuk pembangunan kembali Windsor Park.[17] Pada bulan Juni 2012, rincian lebih lanjut dari pembangunan kembali stadion dirilis. Rencananya adalah untuk membangun kembali Windsor Park menjadi sebuah stadion berkapasitas 18.000 tempat duduk dengan serangkaian pekerjaan bertahap yang awalnya dimaksudkan untuk dimulai pada musim panas 2013. Pembangunan kembali akan mencakup pembongkaran struktur Stand Timur dan Selatan yang ada, untuk diganti dengan yang baru. tribun yang dibangun khusus yang sebagian akan menutupi stadion; renovasi total Stand Utara dan Barat yang ada; dan pembangunan fasilitas konferensi baru dan fasilitas kantor pusat baru untuk IFA.[18]

Pada bulan Februari 2013, izin perencanaan untuk pembangunan kembali diberikan. Biaya proyek diperkirakan sekitar £29,2 juta, di mana £25,2 juta akan berasal dari dana pemerintah. Awalnya direncanakan untuk pekerjaan dimulai pada September 2013.[19] Namun dua bulan kemudian, klub Liga Utama Irlandia Crusaders memulai proses hukum agar proses tersebut ditinjau secara hukum. Sebagai pemilik situs, saingan Linfield berada di jalur untuk menerima tidak hanya stadion yang dibangun kembali, tetapi juga £200,000 per tahun dari IFA dalam bentuk sewa tanah alih-alih perjanjian yang ada yang memberi Linfield 15% dari pendapatan pertandingan. Tentara Salib percaya ini bertentangan dengan hukum persaingan Uni Eropa serta bentuk bantuan negara terhadap Linfield.[20] Dalam sidang yang berlangsung pada 22 Mei 2013, permintaan Tentara Salib dikabulkan. Diputuskan bahwa ada kemungkinan pembangunan kembali digolongkan sebagai bantuan negara terhadap Linfield. Aspek tantangan mengenai hukum persaingan, bagaimanapun, ditolak.[21]

Pada Juli 2013, Tentara Salib menyetujui kemungkinan penyelesaian yang diajukan oleh peninjauan kembali. Rincian penyelesaian tidak dipublikasikan, tetapi Tentara Salib mengatakan bahwa itu memiliki "potensi untuk menguntungkan seluruh keluarga sepak bola".[22] Pada bulan September 2013, menteri olahraga Carál Ní Chuilín mengatakan bahwa dia masih berkomitmen untuk memastikan pembangunan kembali berjalan sesuai jadwal, setelah sebelumnya menyatakan bahwa dia tidak akan menandatangani pendanaan sampai IFA menyelesaikan "masalah tata kelola" seputar Kembalinya David Martin ke peran wakil presiden.[23] Pada Desember 2013, tiga bulan setelah pekerjaan yang semula dijadwalkan dimulai, pembangunan kembali akhirnya diberi lampu hijau. Menteri olahraga menandatangani £31 juta untuk menyelesaikan proyek tersebut. Pembangunan kembali akhirnya berlangsung pada 6 Mei 2014 setelah musim domestik 2013-14 selesai, delapan bulan lebih lambat dari yang direncanakan semula. Pekerjaan tersebut akan selesai pada tahun 2015.[24]

Suporter[sunting | sunting sumber]

The Green and White Army adalah nama yang diberikan kepada fans tim nasional sepak bola Irlandia Utara.

Sejak kekalahan Inggris pada tahun 2005, terjadi peningkatan permintaan tiket yang melebihi pasokan.[25] Lagu-lagu tanpa basa-basi seperti "We're not Brazil, we're Northern Ireland" (dinyanyikan dengan nada Battle Hymn of the Republic, sebuah Amerika Civil War), "It's Just Like Watching Brazil" dan "Stand up for the Ulstermen" populer di pertandingan kandang.

Salah satu selebriti sepakbola pertama adalah mantan pemain Manchester United dan pesepakbola Irlandia Utara George Best yang merupakan Pesepakbola Terbaik Eropa tahun 1968, Best mengkoleksi 37 caps dan mencetak 9 gol untuk negaranya.[26]

Menjelang Euro 2016, YouTuber Sean Kennedy merilis lagu "Will Grigg's on Fire", sebuah parodi tentang warga negara Irlandia Utara Will Grigg dengan nada "Freed From Desire" oleh Gala. Lagu itu menjadi nyanyian populer dan menjadi sensasi di dunia maya. Sebuah versi studio dirilis oleh duo produksi yang berbasis di London Blonde, kemudian mencapai nomor tujuh di iTunes UK Top 100.[27]

Kontroversi bersejarah atas sektarianisme[sunting | sunting sumber]

Mantan kapten Neil Lennon pensiun dari sepak bola internasional karena ancaman pembunuhan.

Sebuah elemen kecil dari dukungan Irlandia Utara, di masa lalu, dianggap sebagai sektarian.[28][29][30] Neil Lennon, seorang pemain Katolik Roma di Celtic yang telah menjadi sasaran pelecehan sektarian dari penggemar Irlandia Utara saat bermain untuk Irlandia Utara di Windsor Park, dikeluarkan ancaman kematian oleh Loyalis dan pensiun dari internasional sepak bola pada tahun 2002 sebagai hasilnya.[31]

Langkah-langkah yang diambil untuk menghapus elemen sektarian dalam dukungan telah berhasil,[32] dan Lennon dengan cepat memuji inisiatif ini.[33] Dia juga memuji Pemenang Penghargaan Prestasi Luar Biasa "Sepak Bola Untuk Semua" Stewart MacAfee[34] untuk pekerjaan yang telah dia lakukan untuk menciptakan suasana yang lebih inklusif di pertandingan internasional.

Pada tahun 2006, pendukung Irlandia Utara dianugerahi Penghargaan Pendukung Internasional Brussel[35] untuk aksi amal mereka, humor umum yang baik dan perilaku dan upaya untuk membasmi sektarianisme. Perwakilan dari Penggabungan Klub Suporter Resmi Irlandia Utara menerima penghargaan dari perwakilan UEFA dan Uni Eropa sebelum pertandingan Irlandia Utara–Spanyol di Windsor Park pada September 2006.

Menteri Kebudayaan, Seni dan Kenyamanan Irlandia Utara, Carál Ní Chuilín merupakan perwakilan senior Sinn Féin pertama yang menghadiri acara internasional di Windsor Park, memuji "upaya nyata yang telah dilakukan oleh IFA untuk mengatasi sektarianisme di pertandingan mereka" setelah pertandingan pada Agustus 2011.[36]

Penyedia Seragam[sunting | sunting sumber]

Produsen Periode
Logo Umbro.png
Umbro
1975–1977
Adidas Logo.svg
Adidas
1977–1990
Logo Umbro.png
Umbro
1990–1994
Asics Logo.svg
ASICS
1994–1998
Olympic Sportswear 1998–1999
Patrick Logotipo.svg
Patrick
1999–2004
Logo Umbro.png
Umbro
2004–2012
Adidas Logo.svg
Adidas
2012–

Peringkat FIFA[sunting | sunting sumber]

Update terakhir per 16 Juli 2020. [37]

Peringkat Dunia FIFA[sunting | sunting sumber]

     Peringkat terburuk       Peringkat terbaik       Pergerakan terburuk       Pergerakan terbaik  

Peringkat Tahun Games
Main
Menang Imbang Kalah Terbaik Terburuk
Peringkat Naik Peringkat Turun
45 2020 8 0 3 5 36 Steady 0 (February) 45 Penurunan 4 (November)
36 2019 10 6 1 3 28 Kenaikan 5 (June) 36 Penurunan 4 (October)
35 2018 9 2 2 5 24 Kenaikan 2 (March) 35 Penurunan 6 (October)
24 2017 9 5 1 3 20 Kenaikan 9 (April) 35 Penurunan 3 (October)
32 2016 13 5 3 5 25 Kenaikan 4 (November) 36 Penurunan 6 (October)
30 2015 9 4 4 1 29 Kenaikan 8 (March) 51 Penurunan 4 (April)
48 2014 7 3 1 3 43 Kenaikan 28 (October) 95 Penurunan 6 (August)
89 2013 8 1 2 5 86 Kenaikan 23 (September) 119 Penurunan 22 (April)
96 2012 7 0 4 3 86 Kenaikan 17 (November) 129 Penurunan 28 (September)
88 2011 10 1 1 8 38 Kenaikan 5 (February) 89 Penurunan 25 (April)
43 2010 10 1 3 4 39 Kenaikan 14 (September) 59 Penurunan 11 (March)
40 2009 9 3 3 3 27 Kenaikan 15 (April) 52 Penurunan 9 (November)
52 2008 8 2 2 4 32 Kenaikan 2 (June) 52 Penurunan 10 (December)
32 2007 9 4 2 3 27 Kenaikan 14 (April) 49 Penurunan 9 (September)
48 2006 8 4 1 3 45 Kenaikan 21 (July) 103 Penurunan 3 (November)
103 2005 10 2 2 6 101 Kenaikan 15 (September) 116 Penurunan 4 (August)
107 2004 11 3 6 2 107 Kenaikan 9 (April) 124 Penurunan 2 (July)
122 2003 8 0 2 6 106 Kenaikan 1 (June) 122 Penurunan 7 (October)
103 2002 6 0 3 3 89 Kenaikan 1 (April) 103 Penurunan 8 (September)
88 2001 8 2 1 5 88 Kenaikan 10 (September) 107 Penurunan 4 (June)
93 2000 7 3 1 3 84 Kenaikan 5 (October) 98 Penurunan 5 (May)
84 1999 8 1 2 5 67 Kenaikan 19 (January) 84 Penurunan 7 (October)
86 1998 6 3 1 2 86 Kenaikan 7 (October) 99 Penurunan 6 (February)
93 1997 9 1 3 5 63 Kenaikan 5 (April) 93 Penurunan 10 (December)
64 1996 7 1 3 3 48 Kenaikan 11 (December) 75 Penurunan 9 (October)
45 1995 8 3 2 3 45 Kenaikan 10 (September) 55 Penurunan 5 (February)
45 1994 7 3 0 4 33 Kenaikan 7 (April) 45 Penurunan 8 (June)
39 1993 8 4 1 3 39 Kenaikan 3 (August) 42 Penurunan 2 (October)

Sejarah Peringkat Dunia FIFA[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah grafik rata-rata tahunan Peringkat Dunia FIFA Irlandia Utara.

Rekor Piala Dunia[sunting | sunting sumber]

Rekor Piala Eropa[sunting | sunting sumber]

Pemain terkenal[sunting | sunting sumber]

Kiper

Belakang

Tengah

Depan

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The FIFA/Coca-Cola World Ranking". FIFA. 23 Desember 2021. Diakses tanggal 23 Desember 2021. 
  2. ^ Elo rankings change compared to one year ago. "World Football Elo Ratings". eloratings.net. 10 September 2021. Diakses tanggal 10 September 2021. 
  3. ^ The official Elo ratings pages combine the pre-1923 IFA team's results with the post-1923 FAI team. The highest ranking for the pre-1923 team is 4th, in 1882-5.("World Football Elo Ratings: Ireland". Diakses tanggal 2007-02-14. ) The "new" Northern Ireland team is introduced to the Elo ranking in 1923, with an initial points total higher than the FAI team inherits from the "old" IFA team: 1600 as opposed to 1522. The highest rank the IFA team subsequently attains, based on this, is 15th, in May 1986.("World Football Elo Ratings: Northern Ireland". Diakses tanggal 2007-02-14. )
  4. ^ Whiteside, Norman (2007). Determined. Headline Publishing Group. hlm. 129. ISBN 978-0-7553-1598-7. 
  5. ^ Whiteside, Norman (2007). Determined. Headline Publishing Group. hlm. 135. ISBN 978-0-7553-1598-7. 
  6. ^ "Northern Ireland 3 Greece 1". BBC Sport. 8 October 2015. Diakses tanggal 28 October 2015. At the tournament, the Northern Ireland fans made the famous chant ‘Will Grigg’s on fire’ famous 
  7. ^ Jackson, Lyle (16 June 2016). "Ukraine 0, Northern Ireland 2". BBC Sport. Diakses tanggal 16 June 2016. 
  8. ^ "IFA wants out of Windsor contract". BBC News. 17 July 2007. Diakses tanggal 20 May 2010. 
  9. ^ "Lord's Hansard on the question of building an NI national stadium". 
  10. ^ "Tide Turns Against The Maze". 
  11. ^ Report slams Windsor Park safety BBC News
  12. ^ IFA wants out of Windsor contract BBC News
  13. ^ South Stand future under threat BBC News
  14. ^ Plans for £128m Belfast stadium unveiled – The Independent, 25/03/09
  15. ^ IFA 'backs Windsor as NI stadium' – BBC News, 07/09/09
  16. ^ Linfield FC has £20m stadium plan – BBC News, 12/06/09
  17. ^ "Stadiums fit for our heroes on way at last Belfast Telegraph". Belfast Telegraph. 11 March 2011. Diakses tanggal 8 May 2013. 
  18. ^ "WINDSOR PARK REDEVELOPMENT PROJECT". Irish Football Association. 25 June 2012. Diakses tanggal 8 May 2013. 
  19. ^ "GREEN LIGHT FOR STADIUM REDEVELOPMENT". Irish Football Association. 20 February 2013. Diakses tanggal 8 May 2013. 
  20. ^ "Windsor Park funding faces legal challenge from Crusaders". BBC Sport. 17 April 2013. Diakses tanggal 8 May 2013. 
  21. ^ "Crusaders win right to oppose government funding for Windsor". BBC Sport. 22 May 2013. Diakses tanggal 23 May 2013. 
  22. ^ "Crusaders support settlement on Windsor Park upgrade". BBC Sport. 16 July 2013. Diakses tanggal 23 July 2013. 
  23. ^ "Sports Minister Caral Ni Chuilin 'committed' to Windsor upgrade". BBC Sport. 26 September 2013. Diakses tanggal 20 December 2013. 
  24. ^ "WORK BEGINS AT WINDSOR PARK". Irish Football Association. 6 May 2014. Diakses tanggal 16 May 2014. 
  25. ^ "BBC news story on NI ticket sales". BBC News. 5 April 2006. Diakses tanggal 6 January 2010. 
  26. ^ "Football: George Best: Football's first icon". The Guardian. London. 27 November 2005. 
  27. ^ "Will Grigg's on fire: Parody song reaches number seven in ITunes UK Top 100". BBC. 2 June 2016. Diakses tanggal 14 September 2019. 
  28. ^ Brian McNally (5 March 2010). "Why Northern Ireland continue to pay the price for abuse dished out to Neil Lennon". Daily Mirror. Diakses tanggal 21 February 2011. 
  29. ^ "Anger at sectarian songs after NI game". UTV News. UTV. Diakses tanggal 18 October 2012. 
  30. ^ Horne, John. "Racism, sectarianism and football in Scotlandaccessdate=18 October 2012" (PDF). 
  31. ^ Tim Rich (23 August 2002). "Death threat forces Lennon to place family feelings first". The Independent. London. Diakses tanggal 21 February 2011. [pranala nonaktif]
  32. ^ "BBC News Star helps in graffiti removal". 30 October 2003. Diakses tanggal 6 January 2010. 
  33. ^ "Lennon hails anti-sectarian drive". BBC News. 25 October 2006. Diakses tanggal 6 January 2010. 
  34. ^ "PRAISE FOR IFA'S FOOTBALL FOR ALL AWARDS NIGHT". 
  35. ^ "Northern Ireland Fans Are Officially The Best In Europe". Irishfa.com. 24 August 2006. Diakses tanggal 5 November 2012. 
  36. ^ "Caral Ni Chuilin attends NI game at Windsor Park". BBC News. 11 August 2011. 
  37. ^ "The FIFA/Coca-Cola World Ranking - Associations - Northern Ireland - Men's - FIFA.com". Diakses tanggal 28 August 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Grup Pendukung[sunting | sunting sumber]