Tim nasional sepak bola Slowakia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bendera Slowakia Slowakia
Lencana kaos/Lambang Asosiasi
JulukanSokoli (The Falcons)[1]
Repre (The Representatives)[2]
AsosiasiSlovenský futbalový zväz (SFZ)
KonfederasiUEFA (Europe)
PelatihBendera Slowakia Štefan Tarkovič
KaptenMarek Hamšík
Penampilan terbanyakMarek Hamšík (134)
Pencetak gol terbanyakMarek Hamšík (26)
Stadion kandangŠtadión Antona Malatinského
Kode FIFASVK
Peringkat FIFA
Terkini 42 Penurunan 2 (19 November 2021)[3]
Tertinggi14 (Agustus 2015)
Terendah150 (Desember 1993)
Peringkat Elo
Terkini 48 Penurunan 6 (10 September 2021)[4]
Warna pertama
Warna kedua
Pertandingan internasional pertama
Republik Slowakia Pertama (1939–1945):
 Slowakia 2–0 Jerman 
(Bratislava, Slowakia; 27 Agustus 1939)
Republik Slowakia Kedua (1993–sekarang):
Tidak resmi:
 Lituania 0–1 Slowakia 
(Vilnius, Lituania; 14 Oktober 1992)
Resmi:
 Uni Emirat Arab 0–1 Slowakia 
(Dubai, Uni Emirat Arab; 2 Februari 1994)
Kemenangan terbesar
 Slowakia 7–0 Liechtenstein 
(Bratislava, Slowakia; 8 September 2004)
 Slowakia 7–0 San Marino  
(Dubnica nad Váhom, Slowakia; 13 Oktober 2007)
 Slowakia 7–0 San Marino  
(Bratislava, Slowakia; 6 Juni 2009)
Kekalahan terbesar
Resmi:
 Argentina 6–0 Slowakia 
(Mendoza, Argentina; 22 Juni 1995)
Tidak resmi:
 Swedia 6–0 Slowakia 
(Abu Dhabi, Uni Emirat Arab; 12 Januari 2017)
Piala Dunia
Penampilan1 (Pertama kali pada 2010)
Hasil terbaikBabak 16 besar (2010)
Kejuaraan Eropa
Penampilan2 (Pertama kali pada 2016)
Hasil terbaikBabak 16 besar (2016)

Tim nasional sepak bola Slowakia merupakan tim yang mewakili Slowakia dalam kejuaraan internasional dan dikendalikan oleh Asosiasi Sepak bola Slowakia .

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pertandingan resmi pertama Republik Slovakia dimainkan di Bratislava melawan Jerman pada 27 Agustus 1939 dan berakhir dengan kemenangan 2-0 untuk Slowakia. Setelah Perang Dunia Kedua, tim sepak bola nasional dimasukan kedalam Cekoslovakia, dan selama lebih dari 50 tahun Slovakia tidak memainkan pertandingan sebagai negara merdeka. Selama periode ini, mereka menyumbangkan beberapa pemain kunci untuk Cekoslowakia, termasuk mayoritas tim yang memenangkan UEFA Euro 1976 (8 dari 11 pemain yang mengalahkan Jerman Barat di final adalah pemain dari negara Slovakia).

Mantan tim nasional Slovakia sebelum 1945

Pertandingan internasional resmi pertama Slovakia setelah mendapatkan kembali kemerdekaannya adalah saat meraih kemenangan 1-0 di Dubai atas Uni Emirat Arab pada 2 Februari 1994. Pertandingan kembali dimainkan di tanah Slovakia adalah kemenangan 4– 1 atas Kroasia di Bratislava pada 20 April 1994. Slovakia menderita kekalahan terbesar sejak kemerdekaan (6–0) pada 22 Juni 1995, di Mendoza, melawan Argentina. Kemenangan terbesar mereka (7–0) datang saat melawan Liechtenstein pada tahun 2004 dan San Marino pada tahun 2007 dan 2009. Slovakia mencoba lolos ke kejuaraan besar sebagai tim independen untuk pertama kalinya di Kualifikasi Euro 1996, tetapi mereka hanya finis di tempat ketiga dalam grup di belakang Rumania dan Prancis, dan mencatatkan kemenangan melawan Polandia, Israel dan Azerbaijan. Dalam kualifikasi Piala Dunia 1998, Slovakia menempati urutan keempat dalam grup enam dengan lima kemenangan, satu hasil imbang dan empat kekalahan. Empat pertandingan pertama mereka semuanya adalah kemenangan, dengan salah satunya melawan tetangga mereka Ceko, hasil ini membantu mereka mencapai Peringkat Dunia FIFA tertinggi hingga saat ini di peringkat 17.

Repre sebelum pertandingan melawan Italia di Piala Dunia FIFA 2010

Slovakia kemudian berpartisipasi dalam Piala Dunia FIFA untuk pertama kalinya sebagai negara merdeka setelah finis pertama di Grup UEFA 3 di depan Slovenia, Republik Ceko, Irlandia Utara dan Polandia. Pada 14 Oktober 2009, mereka meraih kualifikasi dengan kemenangan tandang 1-0 melawan Polandia.[5] Pada tanggal 24 Juni 2010, Slovakia menempati posisi kedua di Grup F Piala Dunia FIFA 2010 setelah mengalahkan juara dunia 2006 Italia dalam pertandingan yang ESPN sebut sebagai "pertandingan epik": dalam pertandingan tersebut terdapat tiga gol yang dicetak setelah menit ke-80, dua dari Italia dan satu dari Slovakia, serta gol yang dianulir oleh Italia yang ditandai offside oleh "yang paling ketat dari keputusan". Hasilnya membawa Slovakia ke tahap sistem gugur dan menyingkirkan Italia, yang finis terakhir di grup.[6] Hasil pertandingan ini berarti untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia, kedua finalis dari turnamen sebelumnya tersingkir dari babak pertama, juara Italia dan runner-up Prancis.[7][8]

Di babak 16 besar, Slovakia melawan Belanda di babak 16 besar, tertinggal 2-0 hanya untuk mencetak gol telat dari titik penalti oleh striker Róbert Vittek, tendangan terakhir pertandingan dalam kekalahan 2-1.[9] Meskipun tereliminasi, gol tersebut mengembalikan Vittek ke puncak daftar pencetak gol bersama dengan David Villa sampai Villa sendiri kemudian mencetak gol melawan Portugal dan Spanyol menang 1-0 di tahap yang sama dari turnamen. Untuk Kualifikasi Kejuaraan Eropa UEFA 2012, Slovakia diundi melawan Rusia, Republik Irlandia, Armenia, Makedonia Utara dan Andorra. Tren bagus di Afrika Selatan meningkatkan performa tim menjelang kualifikasi, yang dimulai pada bulan September dengan dua kemenangan 1-0 melawan Makedonia di Štadión Pasienky dan laga tandang di Rusia. Pada bulan Oktober, mereka dengan mudah dikalahkan Armenia (3-1) dan bermain imbang 1-1 melawan Republik Irlandia di kandang. Pada bulan Februari 2011, tim tercengang dalam kekalahan persahabatan 2-1 melawan Luksemburg dan hanya bisa mengalahkan tim kecil Andorra dengan satu gol. Meski menciptakan peluang yang lebih baik, Slovakia meraih hasil imbang tanpa gol dengan Irlandia tandang. Empat hari kemudian, setelah menciptakan peluang di babak pertama tanpa gol, Slovakia kebobolan empat gol dari Armenia dalam pertandingan yang menyingkirkan tim tersebut. Dalam dua pertandingan terakhir grup, Slovakia dikalahkan di kandang oleh Rusia (1-0) dan bermain imbang 1-1 di Makedonia, berakhir di posisi keempat yang biasa-biasa saja dan hanya mencetak tujuh gol di seluruh proses. Juga, untuk pertama kalinya sejak kualifikasi Euro 1996, Slovakia menyelesaikan kampanye kualifikasi dengan selisih gol negatif. Sebagai akibat dari hasil ini, pelatih Vladimír Weiss meninggalkan pekerjaannya setelah empat tahun penuh, digantikan oleh asistennya Michal Hipp dan Stanislav Griga, meskipun keduanya sendiri kemudian diganti karena hasil yang buruk. Pada akhir Juni, mantan pemain sepak bola Cekoslowakia Ján Kozák menjadi pelatih kepala dan menindaklanjuti kampanye kualifikasi yang gagal dengan kemenangan di Bosnia dan Herzegovina diikuti dengan dua kekalahan dari Bosnia dan Yunani.

Perayaan pemain Slovakia setelah pertandingan melawan Rusia di ajang UEFA Euro 2016

Untuk Kualifikasi UEFA EURO 2016, Slovakia diundi melawan Spanyol, Ukraina, Belarus, Makedonia Utara, dan Luksemburg. Slovakia memulai kampanye kualifikasi dengan kemenangan 1-0 melawan Ukraina di Kyiv. Pada tanggal 9 Oktober 2014, Slovakia mengalahkan Spanyol 2-1 dalam kemenangan mengejutkan dan mengklaim tempat pertama. Kemenangan 3-1 Slovakia atas Belarus menegaskan status mereka sebagai pemimpin grup. Kemudian, mereka menang 2-0 melawan Makedonia di Philip II Arena, mengalahkan Luksemburg dengan skor 3-0 di Žilina, dan mengalahkan Makedonia 2-1 pada 14 Juni 2015 , juga di Žilina. Pertandingan berikutnya adalah kekalahan 2-0 melawan Spanyol, hasil imbang tanpa gol melawan Ukraina dan kekalahan mengejutkan 0-1 di kandang melawan Belarus. Tim menyelesaikan kualifikasi dengan mengalahkan Luksemburg 4–2 dan mendapat tempat kedua, lolos ke Kejuaraan Eropa UEFA pertama mereka. Slovakia tergabung dalam Grup B UEFA Euro 2016 bersama Inggris, Rusia, dan Wales. Slovakia memulai turnamen mereka melawan Wales di mana Ondrej Duda mencetak gol pertama Slovakia dalam sejarah Kejuaraan Eropa dengan kekalahan 2-1. Slovakia kemudian mengalahkan Rusia 2-1 dengan gol dari Vladimír Weiss III dan Marek Hamšík, lalu bermain imbang 0-0 melawan Inggris untuk maju ke babak 16 besar sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik turnamen. Mereka tersingkir pada tahap ini oleh juara dunia Jerman dengan kekalahan 3-0. Selama kampanye kualifikasi untuk Piala Dunia FIFA 2018, Slovakia masuk kedalam Grup F Zona Eropa. Mereka berada di urutan ketiga dalam grup setelah pertandingan kedua terakhir berakhir dengan kekalahan 1-0 dari Skotlandia, yang naik ke posisi kedua. Slovakia memenangkan pertandingan grup terakhir mereka 3-0 melawan Malta, dan menyalip Skotlandia setelah mereka gagal mengalahkan Slovenia, tetapi gagal mendapatkan tempat play-off karena hasil tim kedua lainnya membuat Slovakia finis sebagai runner-up grup terburuk.

Slovakia berjuang untuk lolos ke UEFA EURO 2020, hanya mencapai turnamen setelah kemenangan tandang yang sulit atas Irlandia Utara. Diundi dengan Spanyol, Swedia dan Polandia di grup E, Slovakia diperkirakan akan menjadi sumber makanan bagi tim yang tersisa, tetapi mereka terkejut dengan kemenangan pembukaan melawan Polandia 2-1. Selanjutnya, bagaimanapun, Slovakia akan dipecah oleh Swedia 0-1 sebelum benar-benar dihancurkan oleh Spanyol 0-5, dengan demikian finis ketiga, tetapi dengan selisih gol terburuk karena mencetak gol bunuh diri sebagai akibat dari kinerja buruk mereka, Slovakia tersingkir dari babak penyisihan grup untuk pertama kalinya.

Stadion[sunting | sunting sumber]

Tim nasional sepak bola Slovakia saat ini memainkan pertandingan kandangnya di Tehelné pole di Bratislava dan Štadión Antona Malatinského di Trnava. Štadión pod Dubňom di Žilina digunakan dari tahun 2003 hingga 2015, tetapi tidak akan digunakan di masa mendatang karena rumput buatan dipasang pada tahun 2016. Di masa lalu, pertandingan kandang kadang-kadang dimainkan di tempat lain sebagai Všešportový areál dan Štadión Lokomotívy di Košice, Štadión pod Zoborom di Nitra, Mestský tadión di Dubnica nad Váhom, dan Tratan Stadium di Prešov. Stadion yang menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola internasional Slovakia:

Stadion Tim nasional sepak bola Slovakia
Pertandingan Stadion Kapasitas Lokasi Pertandingan pertama Pertandingan terakhir
56 Tehelné pole 22,500 Bratislava v.  Jerman, 27 August 1939 (2–0) v.  Siprus, 7 September 2021 (2–0)
33 City Arena – Štadión Antona Malatinského 19,200 Trnava v.  Bulgaria, 24 April 1996 (0–0) v.  Slovenia, 11 November 2021 (2–2)
21 Štadión pod Dubňom 11,258 Žilina v.  Yunani, 30 April 2003 (2–2) v.  Islandia, 17 November 2015 (3–1)
9 Pasienky 11,591 Bratislava v.  Israel, 18 August 1999 (1–0) v.  Yunani, 16 October 2012 (0–1)
4 Všešportový areál 30,312 Košice v.  Rusia, 8 March 1995 (2–1) v.  Rumania, 15 November 1995 (0–2)
2 Štadión pod Zoborom 7,480 Nitra v.  Belarus, 27 March 1996 (4–0) v.  Arab Saudi, 24 May 2000 (1–1)
Štadión Lokomotívy 9,000 Košice v.  Finlandia, 19 August 1998 (0–0) v.  Azerbaijan, 5 September 1998 (3–0)
Mestský štadión 5,450 Dubnica nad Váhom v.  Liechtenstein, 8 September 1999 (2–0) v.   San Marino, 13 October 2007 (7–0)
1 MOL Aréna 12,700 Dunajská Streda v.  Lituania, 30 March 1993 (2–2)
Futbalový štadión Prievidza 9,000 Prievidza v.  Slovenia, 16 November 1993 (2–0)
Štadión na Sihoti 4,500 Trenčín v.  Moldova, 5 September 2001 (4–2)
Štadión Tatranu 5,410 Prešov v.  Uzbekistan, 14 May 2002 (4–1)
Štadión FC ViOn 3,787 Zlaté Moravce v.  Islandia, 26 March 2008 (1–2)
NTC Senec 3,264 Senec v.  Montenegro, 23 May 2014 (2–0)

Gambaran Tim[sunting | sunting sumber]

Julukan[sunting | sunting sumber]

Secara tradisional di Slovakia tim biasanya disebut sebagai Repre (singkatan dari Reprezentácia – diterjemahkan menjadi tim nasional). Namun, pada tahun 2016, selama persiapan penampilan pertama Slovakia di Kejuaraan Eropa, SFZ memperkenalkan nama panggilan baru untuk tim. Tim nasional diberi julukan Slovenskí sokoli (elang Slovakia). Tim nasional U15 hingga U21 diberi julukan Slovenskí sokolíci (elang kecil Slovakia). Meskipun tidak segera dikenali dengan nama panggilan oleh para penggemar, itu mulai digunakan selama turnamen dan kualifikasi berikutnya untuk Piala Dunia FIFA 2018 dan sekarang sering digunakan, terutama di media, bersama dengan "Repre", yang masih tetap lebih disukai dalam percakapan informal.[10]

Jersey[sunting | sunting sumber]

Jersey Timnas Slovakia dari tahun 1939 sampai 1945

Seragam kandang Slovakia sejak 1993 berwarna biru, tetapi Slovakia mengubah seragam kandang mereka dari biru menjadi putih yang berlangsung hingga 2020, ketika Slovakia mengubah seragam kandangnya menjadi biru sekali lagi. Tim mengenakan satu set kaus putih, celana pendek dan kaus kaki atau satu set kaus biru, celana pendek dan kaus kaki. Kombinasi jersey biru dan celana pendek putih juga digunakan di beberapa pertandingan. Sampai saat ini, pemasok kaos resmi adalah Puma, yang telah menandatangani perjanjian jangka panjang dengan Asosiasi Slovakia hingga 2026, tetapi pada tahun 2016 Asosiasi mengumumkan bahwa kontrak telah dihentikan dan bahwa tim nasional akan dipasok oleh Nike, yang sebelumnya memasok tim dari tahun 1995 hingga 2005.[butuh rujukan]

Produsen Periode
Bendera Prancis Le Coq Sportif 1993–1995
Bendera Amerika Serikat Nike 1995–2005
Bendera Jerman Adidas 2006–2011
Bendera Jerman Puma 2012–2016
Bendera Amerika Serikat Nike 2016–

Pemain Terkenal[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "SLOVENSKÍ SOKOLI". futbalsfz.sk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 August 2016. Diakses tanggal 1 June 2016. 
  2. ^ "Prezývka slovenských reprezentantov? Suchá". aktualne.sk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-29. Diakses tanggal 10 June 2010. 
  3. ^ "The FIFA/Coca-Cola World Ranking". FIFA. 19 November 2021. Diakses tanggal 19 November 2021. 
  4. ^ Elo rankings change compared to one year ago. "World Football Elo Ratings". eloratings.net. 10 September 2021. Diakses tanggal 10 September 2021. 
  5. ^ "Thrilling win in the snow". ESPN. 14 October 2009. Diakses tanggal 15 October 2009. 
  6. ^ "Champions dumped out". ESPN. 24 June 2010. 
  7. ^ "Italy eliminated from World Cup in 1st round". AP. 24 June 2010. [pranala nonaktif permanen]
  8. ^ "Italy and France make unwanted history". AFP. 24 June 2010. 
  9. ^ "Robben rocks Slovakia". ESPN Soccernet. 28 June 2010. Diakses tanggal 18 August 2010. 
  10. ^ "Fanúšikov pobúril symbol reprezentantov: Sokoli? Skôr lacná napodobenina a plagiát!".