Terminal Patria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Terminal Patria
Terminal Penumpang Tipe A
Papan Nama Terminal Patria
Lokasi
Koordinat8°07′23″S 112°09′30″E / 8.123076°S 112.158281°E / -8.123076; 112.158281Koordinat: 8°07′23″S 112°09′30″E / 8.123076°S 112.158281°E / -8.123076; 112.158281
Pemilik Pemerintah Kota Blitar
Operator Kementerian Perhubungan Republik Indonesia
JalurJalan Nasional Rute Nasional 21 di {{Rute/Kode daerah
Jumlah peron2
Jumlah jalur
  • 5 (angkutan kota)
  • 7 (bus antarkota)
Rute bus • Trenggalek  • Nganjuk  • Surabaya  • Malang  • Banyuwangi  • Bali  • Jawa Tengah  • Yogyakarta  • Jawa Barat  • Jakarta Raya  • Banten  • Lintas Sumatra
Operator bus • Bagong  • Harapan Baru  • Harapan Jaya  • Kawan Kita  • Majoe Berlian  • Rukun Jaya  • Sahara  • Sari Mulyo  • Sido Mulyo  • Tirto Agung  • dll.
Layanan
Lokasi pada peta
Peta
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Terminal Patria merupakan terminal penumpang tipe A dan terminal induk terbesar yang terdapat di kawasan Blitar Raya. Terminal ini beralamat di Jalan Kenari Nomor 110, Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur (tepat di selatan ujung kota Blitar), berdekatan dengan wilayah Kabupaten Blitar. Nama terminal ini diambil dari akronim yang menjadi semboyan nasionalisme warga Blitar, yakni PATRIA (Pembela Tanah Air, Rapi, Indah dan Aman). Terminal dengan luas bangunan fisik 5.184 m2 ini diresmikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan mulai beroperasi sejak 12 Februari 1998. Sebelumnya, terminal ini dikelola oleh Pemerintah Kota Blitar, kemudian diambil alih oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia sejak Januari 2017. Hal ini berkaitan dengan berubahnya status terminal yang sebelumnya adalah terminal penumpang tipe B menjadi tipe A. Terminal ini melayani moda transportasi umum seperti angkutan kota, angkutan mobil penumpang umum (MPU) dan angkutan antarkota.[1][2][3][4]

Rute Angkutan Kota[sunting | sunting sumber]

Moda transportasi angkutan kota (angkot) Blitar mempunyai tiga trayek reguler. Angkot beroperasi pukul 05.00 s.d. 18.00 WIB, namun biasanya bergantung dengan ada/tidaknya penumpang dari terminal Patria. Rute lintasan angkot melintasi spot-spot penting di kota Blitar seperti pasar, kantor pemerintahan, sekolah, terminal dan sentra wisata. Berikut adalah trayek angkutan kota Blitar (disertai keterangan kode trayek dan warna kendaraan) yang beroperasi di Terminal Patria.[5][6]

  1. Terminal–Alun-alun–Pasar Pon–Taman Kebonrojo
  2. Terminal–Pasar Legi–Pasar Hewan–APK Ngadirejo
  3. Pasar Legi–Pasar Pahing–Makam Bung Karno–APK Ngadirejo

Peningkatan kepemilikan kendaraan pribadi, berimbas pada volume penumpang angkot Blitar yang semakin berkurang. Hal ini membuat Pemerintah Kota Blitar mulai memberdayakan angkot sebagai sarana angkutan sekolah. Angkutan sekolah ini bertugas membantu mengurangi beban angkut bus sekolah yang dinilai sudah overload. Rinciannya tujuh angkot digunakan untuk antar jemput siswa umum, sementara empat angkot untuk siswa berkebutuhan khusus. Sistem kerja angkutan sekolah ini hampir sama seperti bus sekolah, angkot melayani siswa yang berangkat dan pulang sekolah dengan jam operasional yang sudah ditentukan, serta tidak diperkenankan memungut biaya pada siswa. Saat ini (tahun 2019), terdapat sebelas armada angkot yang masih aktif di kota Blitar. Sebagian armada angkot dimanfaatkan untuk angkutan sekolah, dan sebagian lain tetap untuk mengangkut penumpang.[7][8]

Rute Mobil Penumpang Umum (MPU)[sunting | sunting sumber]

Sampai tahun 2016, jumlah unit angkutan umum non bus yang melintasi Terminal Patria sebanyak 120 kendaraan, dengan rincian 96 unit berupa mobil penumpang umum (MPU) berkapasitas delapan penumpang. Sedangkan 24 unit sisanya berupa kendaraan angkutan pedesaan (mikrolet) berkapasitas dua belas penumpang. Umumnya titik awal keberangkatan MPU/mikrolet dimulai dari Pasar Legi Blitar (terminal lama), dan akan melintasi terminal ini sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir.[9][10][11]

No Kode trayek Rute Jumlah unit Jumlah total
MPU Mikrolet
1 BG Blitar–KademanganGawang 59 3 62
2 BL Blitar–Lodoyo 37 2 39
3 BB Blitar–NglegokPenataranDayu–Blitar 0 10 10
4 WPt WlingiKanigoro–Terminal Patria 0 8 8
5 BWS Blitar–PoluhanPatokWates 0 1 1
6 PtPg Pasar Gambar–Terminal Patria 0 0 0
Jumlah total 96 24 120

Selain rute di atas, terdapat juga unit MPU antarkota menggunakan kendaraan Isuzu Elf. Rute lintasan dan jangkauan lebih jauh daripada MPU/mikrolet Kabupaten Blitar. Rute-rute MPU antarkota yang melintasi Terminal Patria antara lain:

  1. Blitar–Malang
  2. Blitar–Tulungagung (via Ngunut)
  3. Blitar–Tulungagung (via Srengat)

Rute Angkutan Antarkota[sunting | sunting sumber]

Bus Antarkota Kelas Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Angkutan antarkota kelas ekonomi dilayani oleh armada bus medium dan bus besar. Armada bus medium tanpa AC digunakan untuk melayani trayek jarak dekat, meliputi kota-kota di sekitar Blitar seperti Trenggalek, Nganjuk dan Gadang (Malang). Sedangkan armada bus besar digunakan untuk melayani trayek jarak menengah, meliputi kota-kota di Jawa Timur-Bali seperti Arjosari (Malang), Surabaya, Jember, Banyuwangi dan Denpasar. Metode pembayaran bus kelas ekonomi dilayani langsung didalam bus (oleh kondektur), tanpa melalui agen/loket bus. Berikut merupakan trayek beserta operator bus angkutan antarkota kelas ekonomi yang dilayani di Terminal Patria.

  1. Blitar - Tulungagung - Trenggalek: Bagong, Cendana, Harapan Baru, Majoe Berlian, Rukun Jaya, Sahara, Sari Mulyo, Sido Mulyo, Tirto Agung.
  2. Blitar - Kediri - Nganjuk: Bagong, Kawan Kita.
  3. Blitar - Malang - Surabaya: Medali Mas, Restu, Tentrem.
  4. Blitar - Kepanjen - Malang (Gadang): Bagong, Cendana, Rukun Jaya, Sahara, Sari Mulyo, Sido Mulyo, Tirto Agung.
  5. Blitar - Kepanjen - Malang (Arjosari): Hasbunalloh, Laksana Anda, Restu, Sumber Lumayan, Tentrem, Zena
  6. Blitar - Malang - Jember: Akas Asri, Restu, Tentrem.
  7. Blitar - Jember - Banyuwangi: Harapan Baru.
  8. Blitar - Jember - Denpasar: Majoe Berlian.

Bus Antarkota Kelas Non Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Angkutan antarkota kelas non ekonomi seluruhnya dilayani oleh armada bus besar. Kelas non ekonomi disini merujuk pada beberapa tingkatan di atas kelas ekonomi seperti PATAS (Cepat Terbatas), bisnis, VIP (Very Important Person), eksekutif, super eksekutif dan suite class. Berbeda dengan bus kelas ekonomi, metode pembayaran bus kelas non ekonomi hanya dilayani di loket/agen/perwakilan penjualan tiket resmi yang tersedia di dalam area terminal (kecuali trayek dalam provinsi tujuan Malang & Surabaya). Armada kelas non ekonomi melayani trayek jarak jauh (kecuali dalam provinsi tujuan Malang & Surabaya), seperti Bali, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, Jakarta, Banten dan Lintas Sumatra. Berikut merupakan trayek beserta operator bus angkutan antarkota kelas non ekonomi yang dilayani di Terminal Patria.

  1. Blitar - Kepanjen - Malang: Bagong.
  2. Blitar - Pare - Surabaya: Bagong, Harapan Jaya.
  3. Blitar - Singaraja: Gunung Harta, Restu Mulya.
  4. Blitar - Denpasar: Bali Perdana, Gunung Harta, Majoe Berlian, Malang Indah, MTrans, Restu Mulya, Setiawan, Zena.
  5. Blitar - Magelang: Harapan Jaya, Putra Remaja.
  6. Blitar - Purwokerto: Rosalia Indah, Zena.
  7. Blitar - Cirebon: Medali Mas.
  8. Blitar - Bandung: Harapan Jaya, Pahala Kencana.
  9. Blitar - Jakarta Raya (termasuk Bogor/Tangerang/Bekasi): Cahaya Wisata, Gunung Harta Solutions, Harapan Jaya, Lorena Group, Pahala Kencana, Rosalia Indah.
  10. Blitar - Serang - Merak: Harapan Jaya, Rosalia Indah.
  11. Blitar - Pringsewu: Harapan Jaya, Putra Remaja, Lorena, Puspa Jaya & Rosalia Indah.
  12. Blitar - Gaya Baru/Giham: Puspa Jaya.
  13. Blitar - Belitang: Basuma Jaya, Putra Remaja.
  14. Blitar - Baturaja: Harapan Jaya.
  15. Blitar - Muaraenim: Rosalia Indah.
  16. Blitar - Bengkulu: Siliwangi Antar Nusa (SAN).
  17. Blitar - Prabumulih: Putra Remaja.
  18. Blitar - Palembang: Harapan Jaya, Pahala Kencana, Rosalia Indah.
  19. Blitar - Jambi: DAMRI, Putra Remaja.
  20. Blitar - Padang: Mutia Putri Mulia (MPM).
  21. Blitar - Pekanbaru: Lorena/Karina.
  22. Blitar - Dumai: Handoyo, Laksmi Langgeng.
  23. Blitar - Ujungbatu: Handoyo, Siliwangi Antar Nusa (SAN).
  24. Blitar - Medan: Antar Lintas Sumatera (ALS).

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Amirrudin, A. (2013). "Perancangan Kembali Terminal Patria" (PDF). Etheses UIN Malang. 
  2. ^ "Terminal Patria Kota Blitar Diambil Alih Pusat". Jatim TIMES. 2016-09-16. Diakses tanggal 2020-11-08. 
  3. ^ "Gambaran Umum | Kota Blitar". Pemkot Blitar. Diakses tanggal 2020-11-08. 
  4. ^ "BLITAR KOTA PATRIA". mihwan.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-07. Diakses tanggal 2020-11-08. 
  5. ^ A, Rizky. "Jadwal dan Rute Angkot Sekolah Kota Blitar". Info Blitar (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-08. 
  6. ^ Unknown. "Rute Angkot dan Bus Kota Blitar". diblitar | pusat informasi blitar raya. Diakses tanggal 2020-11-08. 
  7. ^ "Sepi Penumpang, Angkot di Kota Blitar Jadi Angkutan Sekolah". Jatim TIMES. 2019-01-16. Diakses tanggal 2020-11-08. 
  8. ^ "Berdayakan Sopir, Pemkot Blitar Gunakan Angkot Untuk Angkut Siswa | Kota Blitar". Pemkot Blitar. Diakses tanggal 2020-11-08. 
  9. ^ Pemerintah Kabupaten Blitar (2012). "Daftar trayek angkutan MPU dan bus di Kabupaten Blitar". Blitarkab. Diakses tanggal 21 Juli 2022. 
  10. ^ Erfan Arie Noorcahya; Supranoto; Hadi Makmur (2016). "Kinerja pegawai dalam proses pemberian izin trayek oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Blitar". Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember. 
  11. ^ Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar (11 April 2019). "Data angkutan dari terminal di Kabupaten Blitar tahun 2019". Data Blitarkab. Diakses tanggal 23 Juli 2022.