Terminal Landungsari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Terminal Landungsari
Terminal Penumpang Tipe B
Papan Penunjuk Lokasi Terminal Landungsari.jpg
Papan Nama Terminal Landungsari
Nama lainTerminal Tlogomas
LokasiJalan Tlogomas Nomor 05
Dusun Rambaan, Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang
Provinsi Jawa Timur
Kodepos 65151
Indonesia
Koordinat7°55′31″S 112°35′53″E / 7.9251429°S 112.5980086°E / -7.9251429; 112.5980086Koordinat: 7°55′31″S 112°35′53″E / 7.9251429°S 112.5980086°E / -7.9251429; 112.5980086
PemilikPemerintah Kota Malang
OperatorDinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur
JalurJalan Provinsi Rute Malang - Tuban
Rute bus
Penghubung antarmoda
  • Angkutan Kota
  • Angkutan Pedesaan
  • Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP)
Sejarah
Dibuka1991
Lokasi pada peta
Terminal Landungsari berlokasi di Kota Malang
Terminal Landungsari
Terminal Landungsari
Terminal Landungsari (Kota Malang)
Terminal Landungsari berlokasi di Kabupaten Malang
Terminal Landungsari
Terminal Landungsari
Terminal Landungsari (Kabupaten Malang)
Terminal Landungsari berlokasi di Provinsi Jawa Timur
Terminal Landungsari
Terminal Landungsari
Terminal Landungsari (Provinsi Jawa Timur)
Terminal Landungsari berlokasi di Indonesia
Terminal Landungsari
Terminal Landungsari
Terminal Landungsari (Indonesia)

Terminal Landungsari atau juga disebut dengan nama Terminal Tlogomas adalah terminal penumpang tipe B dan merupakan salah satu terminal induk (selain Terminal Arjosari dan Terminal Hamid Rusdi) yang terletak di sisi barat pintu masuk Kota Malang. Terminal ini terletak di perbatasan antara wilayah kota dengan wilayah Kabupaten Malang ke arah Kota Batu, Jombang dan Kediri. Walaupun area terminal merupakan tanah milik Desa Landungsari (area kabupaten), tetapi manajemen operasional terminal dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang (sebelum diambil alih oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur). [1][2][3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lokasi terminal sebelumnya terletak di Pasar Dinoyo, sebelum direlokasi ke lokasi saat ini pada tahun 1991. Terminal ini kemudian mendapatkan status sebagai terminal penumpang tipe B pada tahun 1995 berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan RI No. 31 Tahun 1995. Area terminal terletak pada kawasan dengan mobilitas tinggi, karena terletak berdekatan dengan kampus III Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), rumah sakit UMM dan dan taman wisata Sengkaling. Terminal yang beroperasi dari pukul 04.00 s.d. 21.00 WIB ini melayani moda transportasi umum berupa angkutan kota dan angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP). [4][5]

Rute Angkutan Kota[sunting | sunting sumber]

Angkutan kota menghubungkan Terminal Landungsari dengan beberapa tujuan akhir di kawasan dalam kota, seperti Arjosari, Gadang dan Cemorokandang. Terdapat tujuh trayek angkutan kota yang mempunyai titik awal dan akhir dari ini. Angkutan kota ini mempunyai ciri khusus, yaitu kendaraan berwarna biru dan terdapat keterangan trayek yang merupakan inisial dari nama terminal yang ada wilayah ini, yaitu Arjosari (A), Landungsari (L), Gadang/Hamid Rusdi (G) dan Cemorokandang (C). Tarif umum angkutan kota untuk seluruh trayek adalah Rp 4.000,- untuk rute jauh/dekat. Berikut adalah trayek angkutan kota Malang (disertai keterangan kode trayek dan warna kendaraan) yang beroperasi di Terminal Landungsari. [6][7]

  1. Kode Trayek AL.png Arjosari - Sumbersari - Landungsari
  2. Kode Trayek ADL.png Arjosari - Dinoyo - Landungsari
  3. Kode Trayek GL.png Gadang - Sumbersari - Landungsari
  4. Kode Trayek GML.png Gadang - Mergan - Landungsari
  5. Kode Trayek LDG.png Landungsari - Dinoyo - Gadang
  6. Kode Trayek LG.png Landungsari - Gadingkasri - Gadang
  7. Kode Trayek CKL.png Cemorokandang - Kedawung - Landungsari

Rute Angkutan Pedesaan[sunting | sunting sumber]

Angkutan pedesaan menghubungkan Terminal Landungsari dengan beberapa tujuan akhir di luar kawasan kota Malang seperti kota Batu dan kabupaten Malang (Karangploso & Sumberejo). Terdapat lima trayek aktif angkutan pedesaan yang mempunyai titik awal dan akhir dari ini. Angkutan pedesaan ini mempunyai ciri khusus, yaitu kendaraan mempunyai warna yang berbeda per trayek dan terdapat keterangan trayek yang merupakan inisial dari nama terminal yang ada wilayah ini, yaitu Landungsari (L), Batu (B), Karangploso (K) dan Sumberejo (S). Berikut adalah trayek angkutan pedesaan Malang (disertai keterangan kode trayek dan warna kendaraan) yang beroperasi di Terminal Landungsari. [8][9][10]

  1. Kode Angkot BL.png Batu - Beji - Landungsari
  2. Kode Angkot BTL.png Batu - Torongrejo - Landungsari
  3. Kode Angkot BJL.png Batu - Junrejo - Landungsari
  4. Kode Trayek KL.png Karangploso - Pendem - Landungsari
  5. Kode Trayek STL.png Sumberejo - Tegalweru - Landungsari

Rute Bus Antarkota[sunting | sunting sumber]

Angkutan antarkota di Terminal Landungsari seluruhnya dilayani oleh armada medium bus, mengingat jalur lintasan Malang - Kandangan merupakan kawasan dengan topografi berbukit-bukit serta jalanan yang sempit, berliku dan menanjak. Armada medium bus digunakan untuk melayani trayek dengan rute ke arah barat kota Malang, seperti Kediri, Jombang dan Tuban. Seluruh trayek dilayani oleh armada dengan fasilitas kelas ekonomi, terkecuali trayek Jombang yang dilayani oleh kelas ekonomi maupun non ekonomi. Metode pembayaran bus kelas ekonomi dilayani langsung di atas kendaraan (oleh kondektur), tanpa melalui agen/loket bus. Berikut merupakan trayek beserta perusahaan otobus (PO) operator angkutan antarkota kelas ekonomi yang dilayani di Terminal Landungsari.

  1. Malang - Cukir - Jombang: PO Bagong (Patas).
  2. Malang - Cukir - Jombang: PO Bagong & PO Puspa Indah.
  3. Malang - Pare - Kediri: PO Bagong & PO Puspa Indah.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sedayu, Agung (2017). "Prioritas Peningkatan Pelayanan Terminal Tlogomas Kota Malang". Diakses tanggal 22 Oktober 2020. 
  2. ^ Sedayu, Agung. "Identifikasi Kinerja Terminal Tlogomas Malang Berbasis Voice Of User". Diakses tanggal 22 Oktober 2020. 
  3. ^ Istidamayanti, Ainun (2019). "Pengemudi Transportasi Konvensional (Mikrolet) Dalam Masyarakat Satu Dimensi (Studi pada Terminal Landungsari Kota Malang)" (PDF). Diakses tanggal 22 Oktober 2020. 
  4. ^ Akaibara (2016-03-14). "Daftar Terminal Bus dan Angkutan di Malang Raya". Ngalam.co. Diakses tanggal 2020-11-09. 
  5. ^ Alfan, Moch Nur. "Terminal-terminal di Kota Malang - Terminal Landungsari" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-09. 
  6. ^ "Jalur Angkutan Kota Malang". Dinas Perhubungan Kota Malang. Diakses tanggal 09 November 2020. 
  7. ^ "Rute, Tarif, dan Jadwal Bus di Terminal Arjosari – Penginapan.net 2019". Diakses tanggal 2020-04-15. 
  8. ^ Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang (2020). "Kabupaten Malang Satu Data Edisi 2020" (PDF). MalangKab. Diakses tanggal 25 Oktober 2020. 
  9. ^ "Trayek Angkudes Malang". Katalog Transportasi Indonesia | Bukan Pemesanan Tiket | Informasi Tarif Terbaru (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-04-15. 
  10. ^ Sifak, Almira (2017-01-26). "Inilah Jalur Angkutan Kota di Terminal Kota Batu". Ngalam.co. Diakses tanggal 2020-04-15.