Kucing biru rusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Russian Blue)
Lompat ke: navigasi, cari

Biru rusia

RusiaBiru.jpg
Nama lain Kucing biru arkhangelsk
Arkhangelsk
Asal  Rusia
Standar ras
TICA standar
FIFe standar
WCF standar
CFA standar
ACF standar
GCCF standar
CCA standar
AACE standar
ACFA/CAA standar
Catatan
ACF dan GCCF juga mengakui ras Rusia Putih dan Hitam, namun CFA tidak. Selain itu, ACFA mengakui ras Rusia Shorthair (berbulu pendek) dalam warna putih, hitam, dan biru.
Kucing domestik (Felis catus)

Kucing biru rusia (bahasa Inggris: Russian Blue cat) adalah salah satu ras kucing yang memiliki bulu berwarna perak biru. Kucing ini sangat cerdas dan lucu, tetapi cenderung pemalu di sekitar orang asing. Kucing biru rusia merupakan kucing yang memiliki ikatan yang erat dengan sahabatnya manusia. Kucing biru rusia sering dicari karena memiliki kepribadian dan warna bulu yang disukai orang-orang. Beberapa Kucing biru rusia memiliki kupalan kecil pada bulu di bagian atas kedua matanya yang miring sedikit ke bawah untuk memberikan perasaan bahwa Kucing biru rusia terlihat kesal.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kucing biru rusia adalah ras kucing alami yang mungkin berasal di pelabuhan Arkhangelsk di Rusia.[1] Kucing ini juga kadang-kadang disebut sebagai kucing arkhangelsk biru.[2] Hal ini diyakini bahwa pelaut mengadopsi kucing biru rusia dari kepulauan Arkhangelsk ke Inggris dan Eropa Utara pada tahun 1860-an. Kucing biru rusia pertama kali tercatat mengikuti kontes kucing di luar Rusia pada tahun 1875 di Crystal Palace di Inggris, dengan nama kucing arkhangelsk. Kucing biru rusia mengikuti kontes kucing di kelas yang termasuk semua kucing berwarna biru lainnya sampai tahun 1912, ketika itu diberikan kelas tersendiri.[1]

Ras biru rusia dikembangkan terutama di Rusia dan negara-negara Skandinavia sampai setelah Perang Dunia II. Meskipun kucing biru rusia berada di Amerika sebelum perang, tidak sampai setelah perang, peternak kucing di Amerika mulai menciptakan kucing biru rusia modern yang terlihat di Amerika Serikat saat ini. Hal ini dilakukan dengan menggabungkan jalur keturunan dari kedua kucing biru rusia dari Skandinavia dan dari Inggris. Sayangnya, bagi peternak kucing, bulu pendek dengan warna abu-abu atau warna biru sering terlihat pada ras biru rusia yang merupakan campuran.[3]

Kucing biru rusia merupakan kucing berambut pendek dengan warna bulu abu-abu kebiruan. Kucing ini biasanya bermata hijau. Kucing biru rusia telah digunakan secara terbatas untuk menciptakan ras kucing lain, seperti kucing Havana Brown atau mengubah ras kucing yang telah ada, seperti kucing nebelung.

Selama awal tahun 1970-an, kucing rusia dengan pola solid berwarna putih (disebut ras kucing putih rusia) diciptakan oleh peternak kucing Australia bernama Mavis Jones melalui penyilangan kucing biru rusia dengan kucing putih domestik. Pada akhir tahun 1970-an, kucing putih rusia dan kucing hitam rusia telah diterima oleh peternak kucing di Australia serta di Afrika Selatan dan sekarang juga di Inggris sebagai ras kucing rusia di kelas yang berbeda. Namun, di Amerika Utara, CFA (Cat Fanciers' Association) tidak mengakui salah satu variasi dari kucing biru rusia.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Fisik[sunting | sunting sumber]

Kucing biru rusia memiliki mata berwarna hijau cerah, dua lapisan bulu tebal yang pendek, dan warna bulu abu-abu kebiruan.[4] Bulu pada kucing biru rusia sangat lembut untuk disentuh. Warna biru pada bulunya ini membuat kucing ini terlihat mengkilap. Setiap bercak putih pada bulu atau di atas matanya, akan terlihat tidak bagus jika dalam kontes kucing.

Sifat[sunting | sunting sumber]

Kucing biru rusia adalah kucing yang cerdas, penasaran, dan tenang. Kucing ini dikenal karena keramahannya, tetapi dia adalah kucing yang pemalu dengan orang asing. Kucing biru rusia dapat diajak bermain menjemput, dan sensitif terhadap emosi manusia. Kucing ini lebih menikmati bermain dengan berbagai mainan dan kucing ini adalah kucing yang setia.[5] Kucing biru rusia dapat beradaptasi dengan baik. Dapat mudah bermain dan berkenalan dengan hewan peliharaan lain dan anak-anak di dalam rumah. Kucing ini mungkin hanya mengeong sesekali, tetapi juga dapat sangat cerewet. Kucing biru rusia adalah kucing yang bersih. Kucing ini senang bermain dengan hewan peliharaan kecil lainnya, seperti anjing, kucing dan musang. Banyak kucing biru rusia telah dilatih untuk melakukan trik.

Pertumbuhan[sunting | sunting sumber]

Kucing biru rusia memiliki harapan hidup rata-rata sekitar 15-20 tahun, beberapa bahkan hidup sampai maksimal 25 tahun, dan memiliki beberapa masalah kesehatan, karena kucing ini cenderung memiliki sedikit atau tidak ada masalah genetik dan tidak rentan terhadap penyakit.[6] Kucing biru rusia adalah kucing berukuran sedang dengan berat rata-rata 3.5-7 kg atau 7.7-15.4 pon ketika telah dewasa. Kucing biru rusia jantan biasanya akan lebih besar dari yang betina. Masa kehamilan kucing biru rusia betina adalah sekitar 65 hari.

Alergi[sunting | sunting sumber]

Bukti anekdotal menunjukkan bahwa kucing biru rusia mungkin lebih baik dipelihara oleh orang yang tidak memiliki alergi atau memiliki alergi ringan dan alergi sedang. Ada spekulasi bahwa kucing biru rusia menghasilkan lebih sedikit glikoprotein Fel d 1, yang merupakan salah satu sumber alergi pada kucing. Semakin tebal bulu kucing, mungkin juga dapat menangkap lebih banyak alergen jika lebih dekat dengan kulit kucing. Glikoprotein merupakan salah satu sumber alergi kucing, tetapi ini tidak berarti mereka cocok untuk berada di rumah dengan orang-orang yang alergi terhadap kucing. Mereka masih akan menyebabkan alergi yang akan mempengaruhi, hanya untuk tingkat yang lebih rendah selama jangka waktu yang singkat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Inggris) Breed Profile: The Russian Blue. www.cfainc.org. Diakses 20 Mei 2014.
  2. ^ (Inggris) Alderton, David (1992). The Eyewitness Handbook of Cats. Dorling Kindersley. p. 182. ISBN 1-56458-070-9. 
  3. ^ (Inggris) Is my cat a Russian Blue?. www.russianblue.info. Diakses 20 Mei 2014.
  4. ^ (Inggris) Columbia Electronic Encyclopedia (2011). "Cats". pp. 1–2. 
  5. ^ (Inggris) Helgren, J. Anne (1999). "Rhapsody in Blue". Cat Magazine 55 (12): 54, 4. 
  6. ^ (Inggris) Russian Blue Growth and Maturity Information. blueshorthaircats.com. Diakses 20 Mei 2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]