Felis dan Adauktus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Santo Felix dan Adauktus
Glorifikasi St Felix dan St Adauktus. Carlo Innocenzo Carlone.
Martyrs
Meninggal~303
Rome
Dihormati diGereja Katolik Roma
Tempat ziarahRelik-relik di Stefansdom di Wina.
Pesta30 Agustus
AtributAdauktus terkadang digambarkan sebagai seorang legiuner atau prajurit Romawi

Felis dan Adauktus (wafat 303) adalah martir Kristen legendaris yang dikatakan mengalami Penganiayaan Besar pada masa pemerintahan kaisar Romawi Diokletianus.

Acts, yang mula-mula diterbitkan dalam Martirologi karya Ado, mengisahkan tentang Felis, seorang pendeta Romawi, dan saudara dari pendeta lainnya, yang juga bernama Felix, yang diperintahkan untuk memberikan penghormatan kepada dewa-dewa, dibawa oleh prefek Drakus ke kuil-kuil Serapis, Merkurius, dan Diana. Namun saat santo tersebut berdoa, berhala-berhala tersebut jatuh ke tanah. Ia kemudian dihukum mati. Seseorang yang tidak diketahui bergabung dengannya, menjadikan dirinya orang Kristen, dan juga menjadi martir. Orang-orang Kristen memberikannya nama Adauktus (kata Latin untuk "yang ditambahkan"). Mereka berdua dipenggal.

Acts dianggap sebagai sebuah kisah legenda dari inkripsi buatan Paus Damaskus. Dracus tidak ditemukan dalam daftar prefek Roma; Felis lainnya dari legenda tersebut adalah Santo Felis dari Nola; dan Felis dari Monte Pincio merupakan Feliz yang sama yang dihormati pada Bukit Taman. Saudaranya adalah khayalan (Anal. Boll., XVI, 19-29).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]