Gereja Katolik di Georgia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gereja Katolik di Georgia, sejak Skisma Timur–Barat abad ke-11, sebagian besar terdiri dari Gereja Latin Katolik; komunitas Gereja Katolik Armenia yang sangat besar telah ada di Georgia sejak abad ke-18.

Gereja Katolik Yunani Georgia, meskipun kecil, telah ada selama beberapa abad. Itu tidak pernah merupakan Gereja yang otonom ("sui iuris")], sebagaimana didefinisikan oleh Kanon 27 dari Kode Kanon Gereja-Gereja Timur , yang memiliki hierarki sendiri dan diakui sebagai otonom oleh otoritas tertinggi Gereja. Di luar Georgia, sebuah paroki kecil telah lama berdiri di Istanbul, berpusat di Gereja Our Lady of Lourdes, Istanbul, didirikan pada tahun 1861.[1] Ini tidak pernah ditetapkan sebagai gereja partikular yang diakui dari tingkat mana pun (eksarkat, ordinariat, dll. ), dalam persekutuan Gereja-Gereja Katolik, dan karenanya tidak pernah muncul dalam daftar Gereja-Gereja Katolik Timur yang diterbitkan dalam Annuario Pontificio.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kaya (9 Januari 2013). "İstanbul'da GÜRCÜ Cemaati ve Katolik Gürcü kilisesi". Şalom Gazetesi (dalam bahasa Turki). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-09-24. Diakses tanggal 2020-04-13.