Gereja Katolik di Lebanon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gereja Katolik di Lebanon (Arab: الكنيسة الكاثوليكية في لبنان) adalah bagian dari Gereja Katolik di seluruh dunia di bawah kepemimpinan spiritual Paus di Roma.

Ada sekitar 1,8 juta umat Katolik di Lebanon secara total, mayoritas di antaranya bukan Katolik Latin tetapi mengikuti ritus Katolik Timur sebagai bagian dari Gereja Katolik - sebagian besar Maronit, tetapi juga Melkite serta ritus Katolik non-asli Lebanon seperti Armenia, Kasdim, dan Siria.

Gereja Maronit merupakan gereja Katolik Timur terbesar yang diwakili di Lebanon, dan Timur Tengah. "Tanah Pohon Cedar", demikian Lebanon dikenal, adalah satu-satunya di kawasan itu di mana umat Katolik berperan aktif dalam politik nasional. Selain Presiden Republik, yang oleh Konstitusi Lebanon harus seorang Katolik Maronit, di Parlemen Lebanon ada 43 kursi yang diperuntukkan bagi umat Katolik dari sebanyak 128 kursi. Umat ​​Katolik juga terwakili dengan baik di pemerintah dan dalam kehidupan publik.

Sampai tahun 1960-an, umat Katolik juga merupakan komponen utama dari populasi dan mewakili 43% dari seluruh warga Lebanon. Saat ini, mereka dianggap sekitar 28% dari total populasi, menjadi Maronit 30%, Melkites 5% dan non-asli ritus Katolik Lebanon seperti Umat Katolik Armenia 1%.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]