Gereja Katolik di Mongolia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Santo Petrus dan Paulus di Ulaanbaatar

Gereja Katolik di Mongolia adalah bagian dari Gereja Katolik di seluruh dunia, di bawah kepemimpinan spiritual dari Paus di Roma. Ada sekitar 1.300 umat Katolik[1] di Mongolia yang dilayani oleh tiga gereja di ibu kota Ulaanbaatar dan sebuah gereja di Darkhan, Arvaikheer, Erdenet dan stasi misi yang dapat tumbuh menjadi gereja.

Agama Katolik pertama kali diperkenalkan pada abad ke-13 selama kerajaan Mongol, tetapi mati dengan runtuhnya Dinasti Yuan pada tahun 1368. Aktivitas misionaris baru dimulai setelah Perang Candu Kedua pada pertengahan abad ke-19. Sebuah misi didirikan untuk Mongolia Luar, memberikan Mongolia yurisdiksi Katolik pertama, tetapi semua pekerjaan berhenti dalam waktu satu tahun ketika rezim komunis berkuasa.

Dengan diperkenalkannya demokrasi pada tahun 1991, misionaris Katolik kembali dan membangun kembali gereja dari nol. Pada tahun 2016, terdapat Prefektur Apostolik, seorang uskup, enam gereja, dan hubungan diplomatik antara Takhta Suci dan Mongolia sejak 4 April 1992.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mongolia: Gereja Termuda di Bumi berusia 25 tahun". Katolik Nasional Daftar. 14 September 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-15. Diakses tanggal 10 April 2018.