Gereja Katolik di Kamboja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gereja Katolik di Kamboja adalah bagian dari Gereja Katolik di seluruh dunia, di bawah kepemimpinan spiritual Paus di Roma. Sepanjang sejarah Gereja di Kamboja, umat Katolik menyumbang persentase kecil dari populasi negara itu, dan mayoritas penganutnya adalah etnis Vietnam; pada tahun 2005, sekitar dua pertiga dari total umat Katolik di Kamboja adalah orang Vietnam.[1][2]

Gereja di Kamboja lambat berkembang selama abad ke-20, dengan pastor asli Kamboja pertama ditahbiskan pada tahun 1957, dan hampir dihancurkan oleh pemerintahan komunis yang keras Khmer Merah yang melarang praktik agama. Dimulai pada tahun 1990-an, institusi tersebut secara bertahap dibangun kembali dengan pendirian kembali sebuah seminari tinggi dan penahbisan pertama seorang imam pribumi dalam beberapa dekade.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Staf Posting. "Kalah pada tahun 70-an, Gereja Katolik masih dalam perbaikan". The Phnom Penh Post. Post Media Co. Ltd. Diakses tanggal 10 April 2020. 
  2. ^ Ford, Peter (14 Maret 2017). "Kamboja, Katolik, dan Kembang Kol". The Diplomat. Distrik Kien Svay , Kamboja: Diplomat Media Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-07. Diakses tanggal 10 April 2020.