Gereja Katolik di Botswana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gereja Katolik di Botswana adalah bagian dari Gereja Katolik di seluruh dunia, di bawah kepemimpinan spiritual Paus di Roma. Katolik mewakili sekitar 5–6% dari total populasi Botswana.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awalnya misionaris Katolik tidak diizinkan di Botswana oleh suku-suku asli atas desakan misionaris Protestan yang tiba lebih dulu.[1] Misionaris mulai bekerja di Botswana pada tahun 1928, dan terkenal karena mendirikan sekolah dan klinik.[1] Pada tahun 2006, Gereja Katolik di Francistown memulai program untuk mengobati pengungsi yang terinfeksi AIDS dengan terapi anti virus retro.[2] Pada tahun 2011 ada tiga belas seminaris yang mempersiapkan diri untuk menjadi imam di Botswana.[1]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Gereja Katolik di Botswana diorganisasikan ke dalam Keuskupan Gaborone, yang melayani bagian selatan negara itu, dan Keuskupan Francistown, yang melayani umat di komunitas utara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Staf Redaksi Zenit. "Uskup Botswana Valentine dan Hatinya yang Besar". Kantor Berita Zenit. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-07-14. Diakses tanggal 2013-02-22. 
  2. ^ Staf Redaksi CNA. "Gereja Katolik membantu pengungsi AIDS di Botswana". Kantor Berita Katolik. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-05. Diakses tanggal 2013-02-22.