Gereja Katolik di Republik Irlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Katolik di Irlandia
bahasa Irlandia: An Eaglais Chaitliceach in Éirinn
JenisKebijakan nasional
PenggolonganGereja Katolik Roma
OrientasiLatin
Kitab suciAlkitab
TeologiTeologi Katolik
Badan
pemerintahan
Kebijakan episkopal
PausPaus Fransiskus
Primat Seluruh IrlandiaEamon Martin
Nunsius ApostolikLuis Mariano Montemayor[1]
Wilayah Irlandia
BahasaIrlandia, Inggris, Latin
Kantor pusatAra Coeli, Armagh, Irlandia Utara
PendiriSanto Patrick
Didirikankira-kira 430 M
Umat3.729.000 umat (2016)
Situs web resmiIrish Bishops' Conference

Gereja Katolik di Irlandia (bahasa Irlandia: An Eaglais Chaitliceach di Éireann, bahasa Scots: Catholic Kirk di Airlann) atau Gereja Katolik Irlandia, adalah bagian dari Gereja Katolik di seluruh dunia dalam persekutuan dengan Paus di Roma. Dengan 3,7 juta anggota (di Republik Irlandia), Katolik adalah agama yang paling banyak dianut di Irlandia. Dalam sensus Republik Irlandia tahun 2016, 78% dari populasi diidentifikasi sebagai Katolik. Sebaliknya, 41% orang di Irlandia Utara diidentifikasi sebagai Katolik pada sensus 2011; diharapkan proporsi ini akan meningkat di tahun-tahun mendatang.[2] Uskup Agung Armagh, sebagai Primat Seluruh Irlandia, memiliki preseden seremonial di gereja. Gereja dikelola berdasarkan daerah geografis seluruh Irlandia. Konferensi Waligereja Irlandia adalah badan konsultatif untuk ordinaris di Irlandia.

Kekristenan telah ada di Irlandia sejak abad ke-5 dan datang dari Inggris Romawi (paling terkenal dikaitkan dengan Santo Patrick), membentuk apa yang sekarang dikenal sebagai Kekristenan Gaelik. Ini berangsur-angsur mendapatkan pijakan dan menggantikan tradisi lama pagan. Gereja Katolik di Irlandia menyebutkan asal mula periode ini dan menganggap Palladius sebagai uskup pertama yang diutus ke Gaels oleh Paus Selestinus I. Namun, selama abad ke-12 keseragaman yang lebih ketat di Gereja Barat diberlakukan, dengan struktur keuskupan diperkenalkan dengan Sinode Ráth Breasail pada tahun 1111 dan memuncak dengan Reformasi Gregorianus yang bertepatan dengan invasi Normandia di Irlandia.

Setelah Penaklukan Tudor atas Irlandia, Tahta Inggris berupaya mengimpor Reformasi Protestan ke Irlandia. Gereja Katolik dilarang dan penganutnya menanggung penindasan dan hukuman berat karena menolak untuk menyesuaikan diri dengan agama yang didirikan oleh hukumGereja Irlandia. Pada abad ke-16, identitas nasional Irlandia bersatu menjadi Katolik Irlandia. Selama beberapa abad, mayoritas Katolik Irlandia ditindas. Pada abad ke-19, gereja dan Kerajaan Inggris mencapai pemulihan hubungan. Pendanaan untuk Kolese Maynooth disetujui sebagaimana Emansipasi Katolik untuk menangkal republikanisme revolusioner. Menyusul Kebangkitan Paskah tahun 1916 dan pembentukan Negara Bebas Irlandia, gereja Katolik memperoleh pengaruh sosial dan politik yang signifikan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Rinunce e nomine, 25.02.2023". Vatican Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-01. Diakses tanggal 2023-06-11. 
  2. ^ Young, David. .co.uk/news/northern-ireland/protestantcatholic-gap-narrows-as-census-results-revealed-29004134.html "Kesenjangan Protestan-Katolik menyempit saat hasil sensus terungkap" Periksa nilai |url= (bantuan). Belfasttelegraph. Diakses tanggal 15 Mei 2018.