Gereja Katolik di Libya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Katolik di Massah di tahun 1940
Katedral Tripoli di tahun 1960-an.
Pemandagan Katedral Benghazi di masa lampau.

Gereja Katolik di Libya adalah bagian dari Gereja Katolik di seluruh dunia (khususnya Gereja Latin), di bawah kepemimpinan spiritual Paus di Roma .

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Di antara umat Katolik adalah Italia Libya dan Malta Libya. Ribuan perawat Katolik Filipina pindah ke Libya selama tahun 1980-an dan 1990-an. Orang Italia adalah mayoritas Katolik di Libya sampai pengusiran mereka pada tahun 1969 oleh Kolonel Gaddafi.

Tidak ada keuskupan di Libya, tetapi ada empat yurisdiksi teritorial - tiga Administrasi Apostolik dan satu Prefektur Apostolik.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kekristenan telah hadir di Libya sejak zaman Romawi. Santo Fransiskus dari Assisi membawa imannya ke Tripoli pada Abad Pertengahan.

Gereja Santa Maria degli Angeli (Bunda Para Malaikat) di Kota Tua - Medina Tripoli didirikan pada tahun 1645 dan, atas izin Sultan Konstantinopel, Gereja Perawan Maria Tak Bernoda didirikan di Benghazi pada tahun 1858.

Sebelum Perang Dunia II jumlah umat Katolik meningkat di Libya karena statusnya sebagai koloni Italia, tetapi Katedral Katolik Tripoli (dibangun tahun 1920-an) diubah menjadi masjid pada tahun 1990-an oleh rezim Muammar Gaddafi.[1] Katedral Katolik lainnya di Libya, Katedral Benghazi sedang direnovasi sebagai bursa saham.

Saat Ini[sunting | sunting sumber]

Saat ini terdapat dua gereja Katolik di Libya, Gereja San Francesco di Tripoli (dipimpin hingga tahun 2017 oleh Giovanni Innocenzo Martinelli) dan Gereja Paroki Maria Immacolata di Benghazi, keduanya dipimpin oleh para imam Fransiskan dari Provinsi St. Rasul Paulus (Malta).[2] Setiap gereja terdiri dari " paroki pribadi" berdasarkan bahasa, dengan masing-masing paroki pribadi menugaskan imamnya sendiri.

Pada tahun 2017 hanya ada 300 umat Katolik di Libya.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gereja Katolik Libya (dalam bahasa Italia) Diarsipkan 2011-01-09 di Wayback Machine.
  2. ^ "Gereja Katolik di Libya". Provinsi Fransiskan Rasul Paulus (Malta). Ordo Saudara Dina - Provinsi Rasul Paulus. 
  3. ^ "Martinelli menolak meninggalkan 300 umat Katolik terakhirnya (dalam bahasa Italia)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-25. Diakses tanggal 2023-06-14.