Gereja Katolik di Chili

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Katolik di Chili
Perayaan Misa pertama di Chili, karya Pedro Subercaseaux
PenggolonganGereja Katolik Roma
OrientasiLatin
Kitab suciAlkitab
TeologiTeologi Katolik
Bentuk
pemerintahan
kebijakan episkopal
Badan
pemerintahan
CECH
PausPaus Fransiskus
PresidenCelestino Aós Braco
Nunsius ApostolikAlberto Ortega Martín
Wilayah Chili
BahasaSpanyol, Latin
PendiriRodrigo González de Marmolejo
Umat8.236.900 umat (2012)
Situs web resmiiglesia.cl

Gereja Katolik di Chili adalah bagian dari Gereja Katolik sedunia, di bawah kepemimpinan spiritual Paus, kuria di Roma, dan Konferensi Waligereja Chili .

Gereja Katolik di Chili terdiri dari 5 keuskupan agung, 18 keuskupan, 2 prelatur teritorial, 1 vikariat apostolik, 1 ordinariat militer dan prelatur personal (Opus Dei). Pemerintah Chili menjadikan Hari Raya Katolik berikut sebagai hari libur nasional (jika pada hari kerja): Jumat Agung, Natal, Pesta Perawan dari Karmen, Pesta Maria Dikandung Tanpa Noda, Pesta Santo Petrus dan Paulus, Pesta Maria Diangkat ke Surga, dan Hari Semua Orang Kudus.

Gereja Katolik di Chili memiliki hubungan yang kompleks dengan negara Chili, khususnya pada paruh kedua abad ke-20, dengan pemerintahan Salvador Allende dan kediktatoran Augusto Pinochet. Pengaruh teologi pembebasan dan ideologi politik juga berkontribusi pada perselisihan internal dan perubahan sikap Gereja.

Pada tahun 2012, 66,6%[1] populasi Cile berusia di atas 15 tahun yang mengatakan beragama Katolik.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b 8 236 900 dari 12 366 108 orang yang berusia di atas 15 tahun. "Penduduk berusia 15 tahun ke atas, berdasarkan agama, wilayah, jenis kelamin, dan kelompok usia. (populasi yang disensus)". Censo 2012 (dalam bahasa Spanyol). Diarsipkan dari versi asli (.xls) tanggal 1 Maret 2014. Diakses tanggal 1 Maret 2014.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "sensus 2012" didefinisikan berulang dengan isi berbeda