Keuskupan agung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Keuskupan agung atau arkdioses merupakan istilah untuk wilayah keuskupan yang dipimpin oleh uskup agung (arkbiskop). Keuskupan agung dibentuk dari suatu keuskupan oleh Paus.

Pada umumnya, keuskupan agung terbentuk dari adanya pengelompokan beberapa keuskupan yang berdekatan yang membentuk suatu provinsi gerejawi. Keuskupan agung tersebut secara lengkap disebut sebagai keuskupan agung metropolit yang dipimpin oleh uskup agung metropolit. Dalam pengelompokan tersebut, suatu keuskupan dalam provinsi tersebut "dinaikkan" menjadi keuskupan agung dan dipandang sebagai sebuah metropolis. Keuskupan agung sama kedudukannya dengan keuskupan sufragan lainnya, karena keuskupan agung hanya dianggap menerima fungsi tambahan untik mempersatukan keuskupan-keuskupan yang berdekatan ke dalam layaknya suatu gugusan (cluster), dalam rangka mengembalakan umat yang kurang lebih mirip budayanya. Oleh karena itu, pembentukan keuskupan agung tidak memiliki relasi dengan luas wilayah ataupun kedewasaan keimanan umat secara umum. Sebagai contoh, Keuskupan Agung Jakarta yang menjadi keuskupan metropolit dalam Provinsi Gerejawi Jakarta yang juga beranggotakan Keuskupan Bogor dan Keuskupan Bandung.[1]

Meskipun sangat jarang, terdapat keuskupan agung yang tidak membentuk provinsi gerejawi tersendiri, melainkan menjadi keuskupan sufragan dalam suatu provinsi gerejawi. Misalnya Keuskupan Agung Avignon dan Aix yang merupakan keuskupan-keuskupan sufragan dalam provinsi gerejawi yang dibentuk oleh Keuskupan Agung Marseille.[2][3] Kedua keuskupan tersebut pada awalnya merupakan keuskupan agung metropolit, tetapi status metropolit keduanya dicabut pada tahun 2002 dan dilebur ke dalam Provinsi Gerejawi Marseille.

Selain itu terdapat pula keuskupan agung yang hanya membentuk provinsi gerejawi dengan keuskupan tersebut sebagai anggota tunggal, atau dapat dianggap tidak membentuk provinsi gerejawi sama sekali. Keuskupan agung yang tidak membentuk provinsi gerejawi disebut sebagai keuskupan agung nonmetropolit[a]. Karena tidak membentuk provinsi gerejawi, keuskupan semacam ini biasanya tunduk langsung pada Takhta Suci. Contohnya adalah Keuskupan Agung Singapura.[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dalam hal ini, keuskupan agung yang menjadi keuskupan sufragan seperti di atas juga termasuk keuskupan agung nonmetropolit.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]