Gereja Katolik di Eritrea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Katolik Eritrea
PenggolonganGereja Katolik Timur
Bentuk
pemerintahan
Kebijakan episkopal
Badan
pemerintahan
Metropolitanat
PausPaus Fransiskus
Metropolitan Mgr.
(Uskup Agung Asmara)
Menghesteab Tesfamariam
Wilayah Eritrea
LiturgiRitus Aleksandria
Kantor pusatAsmara
Didirikan19 Januari 2015
Terpecah dariGereja Katolik Ethiopia (2015)
Umat167.722 umat (2017) [1]

Gereja Katolik Eritrea[a] atau Gereja Katolik Timur Eritrea adalah sebuah gereja sui iuris (otonom) Katolik Timur yang berbasis di Eritrea. Sebagai gereja partikular dari Gereja Katolik, Gereja Katolik di Eritrea bersekutu dalamkomuni penuh dengan umat Katolik di seluruh dunia di bawah kepemimpinan spiritual Paus di Roma. Gereja Katolik Eritrea didirikan pada tahun 2015 ketika wilayahnya dipisahkan dari Gereja Katolik Ethiopia. Gereja diorganisir di bawah uskup metropolitan yang mengawasi sejumlah keuskupan sufragan.[2] Dalam liturgi Misanya, Gereja Katolik Eritrea menggunakan Ritus Aleksandria dalam bahasa Ge'ez.[3]

Gereja Katolik Eritrea berpegang pada definisi Kristologis yang diajarkan di Konsili Kalsedon dan menerima yurisdiksi universal Paus. Poin-poin ini membedakannya dari Gereja Tewahedo Ortodoks Eritrea, yang merupakan gereja Ortodoks Oriental yang terdiri dari sebagian besar Umat Kristen di negara ini.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ bahasa Latin: Ecclesia Catholica Erythraea; bahasa Tigrinya: ኤርትራዊት ቤተ ክርስቲያን? atau "Gereja Asmara metropolitan sui iuris".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Eastern Catholic Churches 2017" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2018-10-24. Diakses tanggal 2019-06-19. 
  2. ^ "a Metropolitana sui iuris archieparchia Neanthopolitana seiungimus eparchias Asmarensem, Barentuanam, Kerensem et Segheneitensem. Ex ita facto territorio , quod Erythraeam complectitur, novam Metropolitanam Ecclesiam sui iuris Asmarensem appellandam constituimus" (Konstitusi apostolik ' 'Multum fructum tanggal 11 Januari 2015) Diarsipkan 2023-06-18 di Wayback Machine.
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Multum fructum