Gereja Katolik di Moldova

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gereja Katolik di Moldova adalah bagian dari Gereja Katolik di seluruh dunia, di bawah kepemimpinan spiritual dari Paus di Roma.

Gereja Katolik di Bălți

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja Katolik di Orhei

Pada tahun 1227 wilayah Moldova saat ini bergabung dengan Keuskupan Milkova, yang dibentuk oleh Paus Gregorius IX. Setelah invasi Mongol, Keuskupan Milkova tidak ada lagi. Pada tahun 1370, Paus Urbanus V membentuk Keuskupan Siret, yang juga mencakup Moldavia. Pada tahun 1413, Keuskupan Baia Mare didirikan, yang berlangsung hingga awal abad ke-16. Pada awal abad ke-19, Moldova menjadi bagian dari Vikariat Apostolik Moravia. Pada tanggal 27 April 1883 Paus Leo XIII mendirikan Keuskupan Iași di Rumania, yang mencakup sebagian besar wilayah Moldova saat ini. Di keuskupan aktif Jesuit yang mendirikan banyak lembaga keagamaan, pendidikan dan amal. Moldavia Utara berada di Keuskupan Kamenetz-Podolsk. Pada tanggal 3 Juli 1848, setelah konkordat antara Vatikan dan Kekaisaran Rusia, Keuskupan Tiraspol dibentuk, yang cathedra-nya awalnya di Kherson, lalu dipindahkan ke Tiraspol. Karena Perang Krimea (1853-1856), cathedra dipindahkan ke Saratov, yang dibentuk dari dekenat Tiraspol, yang mencakup semua Moldova saat ini.[1]

Setelah tahun 1917, Keuskupan Iași memiliki yurisdiksi di Moldova. Selama Perang Dunia II, Moldova menjadi bagian dari Keuskupan Transnistria. Selama era Uni Soviet, Gereja Katolik di Moldavia terbatas. Paroki Katolik di Moldova sejak 1945 adalah milik Keuskupan Agung Riga. Sebelum tahun 1970, wilayah Moldova hanya memiliki satu gereja Katolik di Chișinău, yaitu di pemakaman setempat. Pada tahun 1979, otoritas Soviet telah melarang satu-satunya imam Katolik di Moldova. Setelah pembentukan Moldova yang merdeka, pada tanggal 28 Oktober 1993, Administrasi Apostolik Moldova didirikan dan pada tanggal 27 Oktober 2001 diubah menjadi Keuskupan Chişinău dengan tunduk langsung kepada Takhta Suci. Uskup pertama dari keuskupan tersebut adalah Anton Coșa.

Statistik[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006, sekitar 0,6% dari total populasi (sekitar 20.000 orang) Republik Moldova beragama Katolik dan negara tersebut membentuk satu keuskupan, Keuskupan Chişinău. Saat ini, Moldova memiliki: satu keuskupan Katolik, 13 paroki, 11 imam diosesan, 13 imam biasa, 22 biarawan dan 43 biarawati dari berbagai ordo monastik. Katedral keuskupan tersebut adalah Katedral Penyelenggaraan Ilahi dan keuskupan menerbitkan majalah keagamaan "Nasihat Baik". Uskup di Moldova adalah Anton Coșa, seorang Katolik kelahiran Rumania.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Episcopia Romano-Catolica". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-13. Diakses tanggal 2014-02-11.