Gereja Katolik di Mesir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gereja Katolik di Mesir sangat kecil dibandingkan dengan populasi Kristen lainnya di Mesir, yang merupakan minoritas yang signifikan di antara (terutama Sunni). Populasi Katolik di Mesir dikatakan telah dimulai selama kontrol Inggris atas Mesir. Namun, banyak yang kembali ke Eropa setelah Revolusi 1952 di Mesir, yang juga menyebabkan penggulingan dan pengasingan Raja Farouk Mesir. Umat ​​Katolik di Mesir termasuk dalam tujuh ritual berbeda Gereja Partikular sui iuris, yang terbesar adalah Gereja Katolik Koptik, yang dipimpin oleh Patriark Aleksandria.

Mayoritas orang Kristen di Mesir adalah anggota Gereja Ortodoks Koptik Aleksandria. Jumlah umat Katolik (kurang dari 200.000) di Mesir mencapai kurang dari 1% dari total populasi Mesir, yang kira-kira berjumlah 100 juta orang. Banyak dari Katolik Latin Mesir adalah keturunan Italia atau Malta, sementara Katolik Yunani Melkite dan Katolik Maronit Mesir sebagian besar adalah keturunan Siro-Lebanon.[1][2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ GCatholic.org: Catholic Dioceses in Egypt Diarsipkan 2021-12-23 di Wayback Machine.
  2. ^ Catholic-Hierarchy: Current Dioceses in Egypt Diarsipkan 2013-04-17 di Wayback Machine.
  3. ^ "بطريركية الأقباط الكاثوليك Coptic Catholic Patriarchate 2021". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-05. Diakses tanggal 2021-10-26.