Gereja Katolik di Lesotho

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gereja Katolik di Lesotho adalah bagian dari Gereja Katolik di seluruh dunia, di bawah kepemimpinan spiritual Paus di Roma. Sekitar 90 persen dari populasi adalah orang Kristen, setengahnya adalah Katolik.[1] Muslim, penganut agama non-Kristen lainnya, dan 10 persen sisanya terdiri dari ateis. Umat Kristen tersebar di seluruh negeri, sedangkan umat Islam sebagian besar tinggal di bagian timur laut negara itu. Kebanyakan pemeluk Islam berasal dari Asia, sedangkan mayoritas pemeluk Kristen adalah penduduk asli Basotho.

Banyak orang Kristen masih mempraktikkan kepercayaan dan ritual budaya tradisional mereka bersama dengan agama Kristen. Gereja Katolik telah memadukan beberapa aspek budaya lokal ke dalam pelayanannya. Misalnya, menyanyikan himne selama kebaktian telah berkembang menjadi cara menyanyi lokal dan tradisional (gaya seruan dan tanggapan berulang) dalam bahasa Sesotho, bahasa pribumi, serta Bahasa Inggris. Selain itu, para pendeta terlihat mengenakan pakaian lokal selama kebaktian.

Ada tiga kelompok misionaris utama, semuanya Kristen, aktif di negara ini: Katolik, Protestan, dan Anglikan.

Peran menonjol Gereja Katolik di negara ini berasal dari keberhasilan pendirian sekolah Katolik pada abad terakhir dan pengaruhnya terhadap kebijakan pendidikan. Gereja Katolik dulunya memiliki sekitar 75 persen dari semua sekolah dasar dan menengah di negeri ini, dan berperan penting dalam mendirikan Universitas Nasional Lesotho; pada tahun 2007, bagaimanapun, ia memiliki kurang dari 40 persen sekolah dasar dan menengah.[1]

Gereja Katolik membantu mendirikan Basotho National Party (BNP) pada tahun 1959 dan mensponsori pemilihan kemerdekaan pada tahun 1966. Sebagian besar anggota BNP menganut Katolik. BNP memerintah negara itu dari kemerdekaan pada tahun 1966 hingga 1985 ketika digulingkan dalam kudeta militer. Oposisi saat itu Basutoland Congress Party (BCP) secara historis telah disejajarkan dengan Protestan Lesotho Evangelical Church.[2]

Hierarki Gereja Katolik di Lesotho[sunting | sunting sumber]

Ada 4 keuskupan termasuk satu keuskupan agung:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b International Religious Freedom Report 2007: Lesotho Diarsipkan 2019-12-08 di Wayback Machine.. United States Bureau of Democracy, Human Rights and Labor (September 14, 2007). This article incorporates text from this source, which is in the public domain.
  2. ^ US State Dept 2009 report