Gereja Katolik di Etiopia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Katolik Portugis abad ketujuh belas di Gorgora, Etiopia.

Gereja Katolik di Ethiopia adalah bagian dari Gereja Katolik Romawi di seluruh dunia, di bawah kepemimpinan spiritual Paus di Roma.

Ritus Timur Gereja Katolik Etiopia, denominasi Katolik Roma utama di negara ini, mendasarkan liturgi dan ajarannya pada Gereja Tewahedo Ortodoks Etiopia, diubah menjadi di sesuai dengan dogma Katolik. Meskipun dipisahkan oleh pemahaman mereka tentang keutamaan Uskup Roma dan Kristologi mereka, Gereja Katolik dan Ortodoks Ethiopia pada dasarnya memiliki sakramen dan liturgi yang sama. Pada 2017, ada 70.832 anggota Gereja Katolik Ethiopia.[1] Ada juga sejumlah kecil Ritus Latin Umat ​​Katolik di negara tersebut, terutama Italia Ethiopians.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Santo Frumentius (Abune Salama Kesatie Berhan), Uskup Etiopia pertama, ditahbiskan oleh Santo Athanasius, Patriark Aleksandria sekitar tahun 341 Setelah Konsili Kalsedon pada tahun 451, Gereja Koptik Aleksandria (termasuk ) tidak lagi bersekutu dengan gereja Katolik Roma dan Ortodoks Timur .

Antara abad ke-13 dan ke-18, Gereja Katolik Roma mengirimkan berbagai misi ke Ethiopia. Sebagian besar dari ini diarahkan kurang pada pertobatan non-Kristen, tetapi mengamankan adhesi ke Takhta Suci dari Gereja yang ada. Mereka akhirnya gagal karena keterikatan sebagian besar orang Etiopia dengan Gereja Tewahedo Ortodoks Ethiopia, yang sangat terkait dengan identitas nasional dan yang Miaphysite teologinya tidak sesuai dengan Roma.

Pelayaran penemuan Portugis pada akhir abad ke-15 membuka jalan bagi kontak langsung antara Gereja di Roma dan Gereja di Etiopia. Pada pertengahan abad ke-16, penguasa Ethiopia mengizinkan para Jesuit untuk menyebarkan agama di negara tersebut. Namun, konversi penguasa Za Dengel dan Susenyos ke Katolik pada awal abad ke-17 menyebabkan pemberontakan.[2] Karena perilaku Portugis Jesuit Afonso Mendes, yang Paus Urban VIII ditunjuk sebagai Patriark dari Etiopia pada tahun 1622, Kaisar Fasilides mengusir Patriark dan misionaris Eropa di bawah hukuman mati,[2] termasuk Jerónimo Lobo , dari negara pada tahun 1636; kontak-kontak ini, yang tampaknya ditakdirkan untuk sukses di bawah Kaisar sebelumnya, sebaliknya, menyebabkan penutupan total Ethiopia untuk kontak lebih lanjut dengan Roma.

Dari tahun 1839 Mgr. Justin de Jacobis, dan selanjutnya Kardinal Guglielmo Massaia, melanjutkan kegiatan misionaris Katolik. Komunitas Katolik yang saat ini ditemukan di Etiopia sebagian besar merupakan buah dari kerja keras para misionaris yang disebutkan di atas, de Jacobis, dan Kardinal Massaja.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ =artikel&id=82&Itemid=30 "Dioceses" Periksa nilai |url= (bantuan). Badan Katolik Ethiopia. Gereja Katolik Ethiopia. 
  2. ^ a b Berndl, Klaus (2005). National Geographic Visual History of the World (dalam bahasa Inggris). National Geographic Society. hlm. 333. ISBN 978-0-7922- 3695-5.